Inilah 4 Pemain Berdarah Indonesia yang Pernah Tampil di Piala Dunia

#WorldCup2018 Wah, kamu sudah pada tau belum?

Tim Nasional Indonesia masih merajut asa untuk tampil kembali di perhelatan sepak bola terbesar sejagad, Piala Dunia. Hingga kini, Timnas Garuda masih belum bisa mengulang kesuksesan menembus Piala Dunia 1938 dengan nama Hindia Belanda.

Meski demikian, sudah terdapat beberapa pemain berdarah Indonesia bisa manggung di turnamen yang digelar empat tahun sekali tersebut, meskipun harus membela negara lain.

Di edisi PD 2018 kali ini sejatinya Indonesia bisa diwakili oleh dua pemain keturunan. Hanya saja, hilangnya nama Radja Nainggolan dari list pemain Belgia yang tampil di Rusia mengurangi jatah pemain keturunan Indonesia yang tampil.

Namun itu tak jadi soal. Karena sudah ada beberapa pemain berdarah Indonesia lainnya pernah merasakan manggung di turnamen antarnegara, yang digelar empat tahun sekali ini.

Siapa saja mereka? Berikut daftar pemainnya.

1. Giovani Van Bronckhost (Belanda)

Inilah 4 Pemain Berdarah Indonesia yang Pernah Tampil di Piala Duniaskysports.com

Siapa yang tak kenal van Bronckhorst? Pemain yang membela Belanda di tiga edisi PD (1998, 2006, dan 2010). Bahkan, di PD 2010 ia didapuk menjadi kapten timnas Belanda dan mampu membawa negaranya mencapai final PD 2010.

Ia diwarisi darah Indonesia dari ibunya, Fransien Sapulette, wanita kelahiran, Saparua, Maluku. Fransien pun yang membuat Gio bisa menggunakan bahasa Indonesia denan cuku baik.

Gio merupakan pemain keturunan Indonesia paling sukses sepanjang sejarah. Bagaimana tidak, van Bronckhorst merupakan pemain berpaspor Belanda yang kaya pengalaman di Eropa dengan sederet prestasi metereng.

Tercatat, dalam kariernya, ia bisa mempersembahkan lima gelar juara di tiga negara berbeda, Skotlandia (Rangers, Scottish Premier League 1998/99 dan 1999/2000), Inggris (Arsenal, Premier League 2001/02), dan Spanyol (Barcelona, 2004/05 dan 2005/06).

2. John Heitinga (Belanda)

Inilah 4 Pemain Berdarah Indonesia yang Pernah Tampil di Piala Duniadailymail.co.uk

John Heitinga merupakan kolega Gio di timnas Belanda dalam PD 2006 dan 2010. Ia juga tampil cukup memukau saat membawa tim Oranye melenggang ke partai puncak kontra Spanyol. Hanya saja, saat itu ia membuat kesalahan karena diganjar kartu merah. Sehingga membuat timnya gagal meraih gelar juara.

Walau begitu, kemampuannya di lapangan hijau tetap tak bisa dilupakan begitu saja. Ia dikenal sebagai benteng tangguh di posisi bek tengah. Terbukti ia banyak memperkuat klub top Eropa, diataranya, Ajax Amsterdam, Atletico Madrid, dan Everton.

Jika menilik garis keturunannya, Heitinga begitu dekat dengan Indonesia. Sebab, ayahnya dilahirkan di Jakarta. Ditambah, kakeknya yang bernama Gijsbert Johanes Heitinga berasal dari pulau Belitung.

3. Nigel De Jong (Belanda)

Inilah 4 Pemain Berdarah Indonesia yang Pernah Tampil di Piala Duniathe18.com

Masih dari Belanda, pemain keturunan Indonesia lainnya adalah Nigel De Jong. Ia diwarisi darah Indonesia dari ibunya yang merupakan wanita asli Ambon, Maluku. Sementara, ayah De Jong merupakan orang Suriname asli.

De Jong sendiri pernah tampil di PD 2010 bersama dua pemain berdarah Indonesia lainnya. Namun, ia lebih dikenal karena aksi brutalnya melakukan tendangan kungfu ke dada gelandang Spanyol, Xabi Alonso.

Di level klub, pemain bermuka sangar ini banyak berkelana ke berbagai klub di Eropa. Tercatat, ia pernah berseragam Ajax Amsterdam, Hamburg SV, Manchester City, AC Milan, serta Galatasary. Terakhir, De Jong bermain bersama klub Jerman Mainz 05.

4. Masimmo Luongo (Australia) 

Inilah 4 Pemain Berdarah Indonesia yang Pernah Tampil di Piala Duniasocceroos.com.au

Pemain berpaspor Australia ini jadi satu-satnya pemain berdarah Indonesia yang tampil di PD 2018. ia pun pemain berdarah Indoneia pertama yang tampil di PD bukan membela Belanda.

Luongo masuk menjadi bagian dari skuat Australia sejak PD 2014 lalu.

Hanya, di pergelaran kali ini, Luongo belum pernah sekalipun merasakan tampil. Namanya, masih belum dipercaya pelatih The Socceroos asal Belanda, Bert van Marwijk.

Luongo sendiri memiliki darah Indonesia dari Ibunya yang bernama Ira. Perempuan asli Indonesia itu memiliki darah keturunan dari Dompu, Sumbawa.

Pastinya, kita sedikit terobati. Karena ada yang mewakili Indonesia tampil di PD Rusia walau timnas Indonesia belum bisa beraksi. Tentu, adanya mereka menambah keseruan pertandingan yang berlangsung.

Nah, menurut kalian mampu gak ya negara kita tampil di Piala Dunia 2022 nanti?

Ilyas Listianto Mujib Photo Verified Writer Ilyas Listianto Mujib

Buruh pena yang sedang menggeluti jurnalisme olahraga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya