Banyak Berlari Sepanjang Laga, Pemain Rusia Dicurigai Doping

#WorldCup2018 Waduh, benar gak ya kabar ini?

Tak banyak yang mengira Rusia mampu mencapai babak perempat final Piala Dunia 2018. Pasalnya, walaupun bertindak sebagai tuan rumah, Beruang Merah dianggap sebagai tim semenjana (Menengah) di antara kontestan lain.

Namun semua terbantahkan jika melihat performa mereka sepanjang pagelaran Piala Dunia 2018 berlangsung. Hingga laga terakhirnya saat taklukkan Kroasia di babak adu penalti, mereka tampil menakjubkan.

Sebab di setiap aksinya skuat Sbornaya terus menunjukan daya juang tinggi. Mereka terus berlari sepanjang laga seolah tak memiliki rasa lelah.

Dilansir dari Telegraph, para pemain Rusia secara kolektif berlari 117,5 kilometer pada pertandingan pertama, dan 114,2 kilometer pada laga kedua. Performa luar biasa itu langsung menimbulkan kecurigaan di sejumlah kalangan. Isu doping pun merebak.

1. Denis Cheryshev terancam berhadapan dengan Badan Anti-Doping Rusia (Rusada)

Banyak Berlari Sepanjang Laga, Pemain Rusia Dicurigai Dopingfifa.com

Isu semakin santer saat gelandang Rusia, Denis Cheryshev, terancam harus menghadapi Badan Anti-Doping Rusia (Rusada), menyusul pernyataan sang ayah soal penggunaan hormon pertumbuhan. Sebagai catatan, penggunaan hormon pertumbuhan tanpa alasan yang tepat secara medis merupakan tindakan ilegal.

Kepada media, Dmitri Cheryshev pernah menuturkan putranya sempat disuntik hormon pertumbuhan ketika mengalami cedera menjelang Piala Dunia 2018. Hal itu yang mendasari Rusada mencurigai pemain Villareal tersebut melakukan hal ilegal.

2.Asosiasi Sepak Bola Rusia (RFU) membantah tuduhan publik

Banyak Berlari Sepanjang Laga, Pemain Rusia Dicurigai Dopingkyivpost.com

Pihak Asosiasi Sepak Bola Rusia (RFU) membantah hal tersebut. RFU menyatakan bahwa wartawan salah menginterpretasikan ucapan ayah Cheryshev. Mereka mengaku bahwa Cheryshev hanya menerima suntikan platelet-rich plasma (PRP) yang sesuai dengan regulasi.

Meski pihak federasi RFU sudah memberikan pernyataan, Rusada pastinya akan tetap menjalankan penyelidikan terhadap Cheryshev sebagai badan pengawas doping. Bahkan menurut kabar, Rusada sudah memulai penyelidikan dengan meminta keterangan dari Villarreal, klub pemilik Cheryshev.

3.Artem Dzyuba dicurigai menggunakan steroid

Banyak Berlari Sepanjang Laga, Pemain Rusia Dicurigai Dopingespn.com

Sementara itu, kabar tak sedap juga menimpa kolega Cheryshev di timnas, yakni Artem Dzyuba. Pasalnya, beredar foto yang menyebutkan bahwa striker Rusia itu memiliki tanda bekas pemakaian steroid. Hanya sampai saat ini belum ada pihak yang bisa membuktikan klaim tersebut.

Maklum saja jika kecurigaan itu muncul. Sebab olahraga Rusia memang punya sejarah buruk dengan doping. Sebuah laporan dari Badan Anti-Doping Dunia menemukan lebih dari 1000 atlet Rusia di pelbagai cabang olahraga, termasuk sepak bola, terlibat konspirasi institusional dalam menyembunyikan hasil tes obat yang positif.

Tak ayal, federasi sepak bola dunia, FIFA didesak melakukan penyelidikan mengenai kemungkinan pelanggaran doping oleh para pemain Rusia di Piala Dunia 2018. Termasuk CEO Agensi Antidoping Amerika Serikat yang meminta FIFA lakukan investigasi menyeluruh demi membuktikan mereka tak menggunakan doping.

Ilyas Listianto Mujib Photo Verified Writer Ilyas Listianto Mujib

Buruh pena yang sedang menggeluti jurnalisme olahraga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya