Firminho & Salah Sumbu Utama dari Berapi-apinya Penampilan Liverpool

Emang gila yah duet keduanya di Liga Inggris!

Liverpool memang tampil memukau musim ini. The Reds sangat piawai membuat lini belakang musuh kelimpungan. Siapa lagi kalau aktor utamanya selain Mohamed Salah dan Roberto Firminho.

Lini belakang lawan dibuat kelimpungan oleh sepak terjang keduanya. Lawan-lawan Liverpool musim ini sering dibikin lebih sibuk mengurusi perihal bertahan di area kotak penalti sendiri, alih-alih keluar menyerang.

Dalam lima laga terakhir di semua ajang, Liverpool sukses menyerbu dan membuat sibuk musuh di area 16 meter. Titik jelajah paling panas lawan-lawan The Reds dalam empat partai terkini yakni melawan Watford, Crytsal Palace, Manchester City, dan Everton, berada di wilayah kotak penalti mereka sendiri.

1.   Lawan seringkali dibuat kebingungan dengan agresivitas tinggi pilar The Reds

Firminho & Salah Sumbu Utama dari Berapi-apinya Penampilan Liverpoolliverpoolfc.com

The Reds menyerbu ibarat kawanan semut yang sedang mengerumuni gula. Lawan seringkali dibuat kebingungan dengan agresivitas tinggi pilar The Reds. Tak hanya kedua penyerang itu saja yang sering berkeliaran di daerah kotak penalti lawan, masih ada Sadio Mane juga membantu keduanya.

Mereka boleh disebut sebagai sumbu utama dari berapi-apinya penampilan Liverpool. Adapun, performa keduanya yang luar biasa musim ini tak bisa dilepaskan dari sistem yang dimainkan oleh Liverpool sendiri.

Pelatih The Reds, Jurgen Klopp, mengklaim bahwa sistem Liverpool yang bermain dengan tekanan tinggi dan umpan-umpan pendek yang begitu cepat berhasil membuat Firmino dan Salah seperti tak punya batas di Liverpool.

“Di liga yang kuat, kamu tak bisa menjadi berada di peringkat ketiga (di Premier League) tanpa pemain yang fantastis dan ya, mereka adalah dua dari pemain fantastis,” kata Klopp dikutip ESPN.

2.   Namun masih ada sosok lain yang mengisi kekuatan serangan Liverpool

Firminho & Salah Sumbu Utama dari Berapi-apinya Penampilan Liverpoolliverpoolfc.com

Selain itu, masih ada figur seperti James Milner, Alex Oxlade-Chamberlain, Trent Alexander-Arnold, dan Andrew Robertson sangat sering memeriahkan aktivitas di wilayah berbahaya musuh. Mereka semua saling mengisi kekuatan lini serang Liverpool musim ini.

Bedanya, saat tertahan imbang 0-0 oleh Everton, Liverpool kehilangan sosok penyelesai andal. Mohamed Salah cedera, sementara Roberto Firmino hanya memulai laga dari bangku cadangan.

Hal itu menunjukan betapa ketergantungannya The Reds kepada kedua pilarnya tersebut. Bahkan, salah satu legenda Liverpool, Robbie Fowler, mengamini pernyataan tersebut.

"Tanpa Salah dan Firmino, Liverpool tak cukup tajam di sepertiga akhir lapangan," kata Fowler, di Daily Mirror.

3.   Tanpa Firminho dan Salah Liverpool seperti kawanan semut berbeda

Firminho & Salah Sumbu Utama dari Berapi-apinya Penampilan Liverpoolsteemkr.com

Namun, setelah keduanya tampil kembali, keganasan lini serang The Reds kembali lagi. Teranyar, gawang Manchester City dibobol keduanya di leg kedua Liga Champion babak perempat final, Selasa (10/4/2018) atau Rabu dini hari WIB.

Musim ini, 29 gol yang disumbangkan Salah telah berkontribusi terhadap 15 poin The Reds di Premier League. Dan terakhir, sepasang gol Salah yang ia lesakan di masing leg pertama dan kedua di Liga Champion berhasil mengantarkan Liverpool ke semifinal.

Tampaknya, tanpa kedua pemain tersebut, Liverpool seperti kawanan semut yang berbeda.

Ilyas Listianto Mujib Photo Verified Writer Ilyas Listianto Mujib

Buruh pena yang sedang menggeluti jurnalisme olahraga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya