Performa The Blues Musim ini Berbanding Terbalik dengan Musim Lalu

Kenapa ya Chelsea musim ini tampil buruk?

Prestasi Chelsea musim ini menukik tajam dan tak sebanding dengan capaian musim lalu. Pada musim 2016/17, pascaberlaga 32 kali di Premier League, Chelsea sudah dominan dan berada di posisi puncak klasemen dengan raihan 75 poin, mendekati tangga juara Premier League.

Namun situasinya kini berbeda. Dengan jumlah laga yang sama, Chelsea justru terlempar dari posisi lima besar, di luar zona Liga Champion, dan hanya mampu meraup 57 poin. The Blues semakin tertinggal jauh dari Tottenham yang berada di atasnya satu peringkat dengan margin 10 poin.

1.   Semua frustasi

Performa The Blues Musim ini Berbanding Terbalik dengan Musim Laluchelseafc.com

Sang manajer, Antonio Conte pastinya sangat frustasi dengan kondisi tim saat ini, pemain serta ofisial pasti merasakan hal yang sama. Semuanya pasti prihatin dengan kondisi klub saat ini.

Kekalahan seakan menjadi hal yang pasti terjadi pada Chelsea musim ini. Terbukti, dari enam laga terakhirnya di liga, Chelsea menderita kekalahan tiga kali, dua kali menang, dan satu kali seri.

Hasil imbang itu didapat ketika bersua rekan satu kota, West Ham, 8 April lalu. Hasil 1-1 dari laga itu menurut Conte adalah gambaran lengkap kondisi Chelsea saat iniit yang sedang terpuruk.

Sudah pasti gagal mempertahankan gelar, semakin tipis pula peluang ke Liga Champion. Ditambah, potensi tak mendapat gelar satu pun musim ini.

“Laga lawan West Ham sangat menggambarkan kondisi kami musim ini. Banyak pertandingan di mana kami main bagus, membuat banyak kesempatan, namun gagal bikin gol. Berapa kali saya mengatakan kami tak melakukan itu? Berulang kali,” ujar eks allenatore Italia itu, seperti dikutip ESPN.

2.   Pemain harusnya lebih kejam dan tak punya hati

Performa The Blues Musim ini Berbanding Terbalik dengan Musim Laluchelseafc.com

Pelatih berusia 46 tahun itu tampaknya sudah bosan mengatakan bahwa pemainnya harus lebih ‘kejam dan tak punya hati’ pada masa sepertiga terakhir laga.

“Kemudian, West Ham punya satu kesempatan dan kami lantas kebobolan. Kami selalu bicara soal berkembang dan berkembang. Kami harus menang atas West Ham, namun bukan itu kenyataannya. Saya sangat frustrasi. Saya harap para pemain pulang ke rumah masing-masing dan tetap frustrasi. Dengan demikian, akan didapat mentalitas yang tepat,” kata Conte.

Sepanjang 2018, dari 11 laga yang dijalani oleh Eden Hazard dan kolega, mereka hanya mampu meraih kemenangan sebanyak dua kali. Wau begitu, Conte tak mood untuk mengeluhkan hasil tersebut.

“Sepak bola itu sederhana: bikin gol lebih banyak dan kami menang. Sebaliknya, kalau hanya membuat satu gol, maka kondisinya akan berbahaya, terutama di Inggris. Apa saja bisa terjadi pada menit-menit akhir. Kami harus berkembang, namun musim ini, saya sudah mengatakannya berulang kali dan saya sudah bosan,” terang Conte.

3.   Chelsea masih berpeluang meraih trofi musim ini

Performa The Blues Musim ini Berbanding Terbalik dengan Musim Laluchelseafc.com

Conte membeberkan bahwa peluang Chelsea masuk ke zona Liga Champion memang agak kecil. Mereka harus menang terus pada laga yang tersisa di liga. Dengan catatan, The Blues masih harus melihat hasil yang diraih Liverpool dan Tottenham.

Chelsea sebetulnya masih memiliki peluang meraih trofi musim ini, yakni di Piala FA. Mereka akan berhadapan dengan Southampton pada babak semifinal di Stadion Wembley, 22 April mendatang.

“Piala FA adalah trofi yang penting dengan sejarah panjang dan kami akan berusaha keras untuk meraihnya musim ini. Namun, meski kami bisa melakukannya, itu tak cukup bagi kami. Trofi itu tak bisa menutup betapa buruknya kami sepanjang musim ini,” beber bek sayap andalan Chelsea, Cesar Azpilicueta.

Ilyas Listianto Mujib Photo Verified Writer Ilyas Listianto Mujib

Buruh pena yang sedang menggeluti jurnalisme olahraga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya