Comscore Tracker

Keren! Persib dan Inter Milan Kerjasama Bikin Akademi

Ayo siapa yang mau jadi siswa di Akademi Persib?

Persib Bandung akhirnya secara resmi membentuk akademi untuk membangun pembinaan berjenjang. Acara yang dihadiri para petinggi PT PBB, yakni Glen Sugita, Teddy Tjahyono, Erik Tohir, dan lainnya. ini diluncurkan di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, Selasa (13/2/2018).

Projek anyar ini lahir sebagai bentuk kerja sama Persib dengan Inter Academy Indonesia. Nantinya, akademi Persib ini akan menggunakan kurikulum yang berbasis di Centro Sportivo Giacinto Facchetti, Italia.

Istimewanya, akademi itu diresmikan secara langsung oleh legenda sekaligus wakil presiden FC Internazionale, Javier Zanetti. Selain itu, hadir pula Direktur Global Youth Business Inter Academy, Barbara Biggi dan Pelatih Kepala Inter Academy, Andrea Ratti beserta staf-stafnya.

Tak hanya itu, melalui akademi ini, pemain muda yang bergabung bakal mendapatkan kepelatihan dengan kurikulum yang sama dengan Inter Academy. Tujuannya adalah melahirkan pemain muda yang memiliki visi dan intelegensi bermain seperti pemain-pemain di liga Eropa.

1. Zanetti gembira Persib dan Inter Milan membuat akademi

Keren! Persib dan Inter Milan Kerjasama Bikin AkademiIlyas Listianto Mujib

Eks kapten Inter mengaku sangat bangga sekaligus gembira atas lahirnya akademi yang khusus membina pemain-pemain usia belia tersebut. Ia mengungkapkan, program ini merupakan gagasan yang sangat baik untuk perkembangan bakat-bakat pesepak bola muda Asia, terutama Indonesia dan Bandung.

"Saya yakin, kerjasama antara Inter dan Persib bisa sangat membantu untuk membangun sepakbola Indonesia yang berkelanjutan. Kami hadir di tempat ini untuk berbagi kemampuan teknik. Terutama dalam membina anak-anak muda para remaja dan pelatih lokal," kata Zanetti dalam sesi konferensi pers.

Zanetti pun merasa sangat terhormat bisa menjadi perwakilan klubnya Inter Milan untuk menjalin kerjasama dengan Persib. Terlebih, Inter Milan memiliki banyak sekali pendukung fanatic di Indonesia.

“Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi saya untuk mewakili Inter dalam meluncurkan Inter Academy pertama di Indonesia. Kita tahu, bersama jutaan fansnya, negara ini memiliki fanatisme yang sangat tinggi terhadap Inter," ujar pria berdarah Argentina itu.

"Kami dari Inter sangat bangga untuk membantu dan menjadi bagian dari program ini. Terimakasih, dan Forza Inter Academy Indonesia," sambungnya.

2. Director of Youth Business Inter kagum dengan bobotoh

Keren! Persib dan Inter Milan Kerjasama Bikin Akademipersib.co.id

Di sisi lain, Director of Youth Business Inter Milan, Barbara Biggi, mengaku sangat terkesan dengan kerjasama itu. Menurutnya, program tersebut tentu merupakan sesuatu yang sangat penting untuk klubnya dan Persib.

Selain itu, Barbara menyatakan kekagumannya dengan antusias bobotoh terhadap Persib. Terutama dengan jumlah yang sangat besar bagi klub sepak bola.

"Menurut saya, Persib merupakan klub yang sangat spesial, terutama dengan sejarahnya. Apalagi, jumlah suporter yang mencapai 14 jutaan, dan itu merupakan yang terbesar di Asia. Itu sangat baik bagi kami dalam melakukan kerjasama,"  beber Barbara.

Barbara pun optimis, program kerjasama klubnya dengan Persib dalam membangun akademi bisa memberikan kontribusi nyata bagi prestasi sepak bola Indonesia di masa depan.

"klub ini (Persib) begitu giat dalam memajukan sepak bola Indonesia. Mereka memutuskan untuk bergabung bersama kami untuk mendapatkan metode pelatihan yang tentunya berkualitas. Kami percaya jika Indonesia akan segera mendapatkan banyak manfaat dari program dan kerjasama yang kita jalankan saat ini," tutup Barbara.

3. Brambilla akan pegang Akademi Persib selama dua bulan

Keren! Persib dan Inter Milan Kerjasama Bikin AkademiANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Sebagai bukti keseriusan terhadap kerjasama Akademinya, Inter Milan secara khusus mendatangkan pelatih Inter Academy, Claudio Brambilla. Rencananya, pria berkebangsaan Italia tersebut akan berada di Bandung untuk dua bulan ke depan. Ia akan memberikan penanganan langsung dan membagikan ilmunya kepada peserta didik dan pelatih Akademi Persib.

"Ya, saya datang lagi di Indonesia. Ini kali kedua saya ada berada di Negara ini. Tahun lalu, saya pergi ke Bali untuk berlibur. Tapi sekarang saya siap untuk memberikan yang terbaik untuk Akademi (PERSIB)," ucap Brambilla.

Brambilla menyambut suka cita atas lahirnya kerjasama ini. Dirinya  pun mengaku senang sudah menjadi bagian di dalamnya.

4. Akademi ini akan berikan dampak positif

Keren! Persib dan Inter Milan Kerjasama Bikin Akademipersib.co.id

Sementara, Presiden Inter Milan sekaligus konsorsium PT PBB, Erick Thohir memberikan apresiasi terhadap peluncuran Akademi tersebut. Lebih jauh, Erick berharap program kerjasama antara Persib dan Inter Academy Indonesia ini bisa banyak memberikan dampak positif terhadap pembinaan usia belia di tanah air.

Erick merasa optimis karena Inter Academy adalah yang tersukses di Eropa. Buktinya, klub tersebut bisa meraih 46 trofi bergengsi. Selain itu, Inter juga sudah mendorong banyak pemain muda hebat untuk berkarier di kancah profesional.

"Tujuan utama kami adalah untuk membantu mengembangkan setiap pemain muda, baik sebagai seorang pesepakbola ataupun seorang pribadi yang baik. Saya tentu tak meragukan terhadap kerjasama yang digalang Inter dan Persib saat ini," tutup Erick.

Ilyas Mujib Photo Community Writer Ilyas Mujib

Buruh pena yang sedang menggeluti jurnalisme olahraga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You