Preview Juventus Vs AC Milan: Duel Raksasa yang Tengah Menanjak

Pasti pada gak sabar nunggu derbi ini, kan?

Juventus dan AC Milan adalah dua raksasa Italia, hanya rivalitas keduanya masih bisa dianggap biasa saja. Bandingkan dengan derby della madonina antara AC Milan kontra Inter Milan, atau bahkan derby d’Italia yang mempertemukan Juventus melawan Inter Milan yang selalu berlangsung panas.

Terlepas dari itu, bentrok keduanya tetap ditunggu. I bianconeri akan kedatangan tamu dari kota mode yang hanya berjarak 141 km. duel sengit pastinya akan tersaji di malam Paskah pada pekan ke-30 Serie A, Sabtu (31/3/18) di Allianz Stadium, Turin.

Kedua tim performanya tengah menanjak. Juventus tak terkalahkan dalam 16 laga terakhir di liga dengan koleksi 44 poin. Performa gemilangnya itu membawa tim yang dijuluki juga la vecchia signora berhasil mengkudeta posisi puncak klasemen, yang sebelumnya dikuasai oleh Napoli.

1.   Keduanya berambisi mengincar kemenangan

Preview Juventus Vs AC Milan: Duel Raksasa yang Tengah Menanjakacmilan.com

Sementara, kubu lawan tak kalah garang. I rossoneri  juga sedang dalam trek yang sama dengan Juventus. Mereka  tak terkalahkan dalam 10 laga terakhir dan mengamankan 26 poin dari kemungkinan maksimal 30.

Dengan rentetan hasil positif itu, tak heran jika Juventus berpeluang menjadi kampiun musim ini. Sedangkan, Milan menargetkan merangsek ke papan atas sekaligus menjaga mimpi untuk lolos ke Liga Champion musim depan. Keduanya tak akan mau kalah karena gagal meraih poin akan mengubur impian masing-masing.

Juventus hanya unggul dua poin atas Napoli di posisi kedua. Jika gagal meraih poin penuh di kandang akan membuat Napoli bisa menyamai atau malah menyusul perolehan poin tim besutan Massimilano Alegri.

“Persaingan kami dengan Napoli akan berlangsung sampai akhir musim. Kami punya head-to-head melawan mereka bulan depan. Sampai saat itu tiba, kami sebaiknya memiliki keunggulan yang bagus di puncak klasemen,” ujar pelatih yang sempat menangani AC Milan itu.

2.   AC Milan masih tergantung hasil tim papan atas lain

Preview Juventus Vs AC Milan: Duel Raksasa yang Tengah Menanjakacmilan.com

Situasi yang sama pun tengah dihadapi AC Milan, sebab mereka masih defisit lima poin untuk bisa mengejar posisi keempat. Lucas Biglia dkk. tak boleh lagi meraih hasil buruk di sisa kompetisi. Sebab, jika menang terus pun, AC Milan masih tergantung hasil tim-tim di atasnya.

“Sampai saat ini kami tak boleh membuat kesalahan lagi. Jika ingin bersaing memperebutkan tiket ke Liga Champion, sebab hasil imbang tak akan membantu kami,” kata pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso, dikutip dari Football Italia.

3. Juventus diprediksi menyimpan beberapa pemainnya

Preview Juventus Vs AC Milan: Duel Raksasa yang Tengah Menanjakjuventus.com

Dengan tuntutan sama-sama harus meraih hasil bagus, Juventus dan Milan perlu menurunkan skuat terbaiknya. Sayangnya dalam hal ini, Juventus menghadapi lebih banyak kesulitan daripada tamunya tersebut.

Pasalnya, Gianluigi Buffon dan kolega harus membagi konsentrasinya karena berlaga di perempat final Liga Champion leg pertama melawan Real Madrid, yang dilaksanakan tiga hari pascalaga big match kontra Juventus.

Oleh sebab itu, nampaknya dua pemain andalannya, yakni Alex Sandro dan Giorgio Chiellini akan disimpan Juventus. Agar fisik mereka fit untuk pertandingan melawan Real Madrid. Ditambah, kondisi Gonzalo Higuain sedang dalam kondisi kurang bugar setelah memperkuat tim nasional Argentina, dalam laga uji coba internasional.

Untungnya Paulo Dybala tak ikut dipanggil timnas Argentina. Sehingga ia diprediksi bakal menjadi tumpuan untuk membombardir lini belakang AC Milan yang digalang Bonucci.

4.   AC Milan kehabisan bek murni

Preview Juventus Vs AC Milan: Duel Raksasa yang Tengah Menanjakacmilan.com

Di sisi lain, Milan kehabisan stok bek kanan murni. Karena Andrea Conti dan Ignazio Abate masih bergelut dengan cedera. Tapi, Gattuso suda memiliki alernatif lain dengan mengandalkan Fabio Borini di posisi itu.

Sama halnya dengan Dybala di Juventus, Milan sedang mujur karena sang mascot, Suso tak dipanggil timnas. Hal itu membuat Suso bisa berkonsentrasi untuk menyiapkan diri pada laga penting ini.

Jika menilik hal di atas, nampaknya Milan lebih memiliki kans untuk dapat mencuri poin. Hanya saja, Juventus tetaplah tim yang matang dan terbiasa dengan tekanan. Tekanan macam ini sudah sering dihadapi oleh Si Nyonya Tua.

Lalu, bagaimana hasil dari laga panas ini? Perseteruan keduanya layak dinantikan pencinta sepak bola dunia.

Ilyas Listianto Mujib Photo Verified Writer Ilyas Listianto Mujib

Buruh pena yang sedang menggeluti jurnalisme olahraga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya