Preview Man United Vs Tottenham: Siapa yang Melaju ke Final Piala FA?

Ayo kalian jagoin siapa coba?

Laga panas akan terjadi di babak semifinal Piala FA antara Manchester United melawan Tottenham Hotspurs di Stadion Wembley, Sabtu (21/4/2018) nanti. Keduanya tinggal berebut  dau kemenangan lagi termasuk laga itu.

Hanya saja, Tottenham datang dengan catatan yang kurang baik di turnamen tersebut. Bagaimana tidak, fakta menyebutkan selama tujuh kali secara beruntun maju ke babak semifinal, The Lilly White selalu kalah.

Terakhir kali, Delle Alli dan kolega harus gigit jari setelah dikalahkan Chelsea dengan skor 4-2. Itu merupakan kekalahan kedua Spurs di tangan Chelsea selama Sembilan tahun terakhir di turnamen serupa. Sebelumnya, pada Piala FA 2011/2012, Spurs dipermalukan Chelsea dengan skor telak 1-5.

Di semifinal Piala FA 2009/10, Spurs bahkan kalah 0-2 dari Portsmouth. Mundur ke 2001, Spurs juga kalah. Kali ini dari Arsenal dengan skor 1-2. Di 1999, Spurs kalah 0-2 dari Newcastle. Di 1995, Tottenham kalah 1-4 dari Everton dan di 1993, kalah 0-1 dari Arsenal.

Kemenangan terakhir Spurs di semifinal Piala FA terjadi pada tahun 1991 ketika mengalahkan Arsenal 3-1. Saat itu Spurs akhirnya menjadi kampiun usai mengalahkan Nottingham Forest.

1.   Spurs tetap optimis meski punya catatan buruk di Piala FA

Preview Man United Vs Tottenham: Siapa yang Melaju ke Final Piala FA?indianexpress.com

Sejak 2008, Spurs memang tak pernah mendapatkan lagi trofi Piala Liga. Jadi, tak heran bila Spurs kurang diunggulkan jika menilik data statistik mereka.

Namun, catatan jelek itu tak menyurutkan semangat pelatih Spurs, Mauricio Pochettino untuk kembali meraih trofi. Menurutnya, kegagalan di semifinal Piala FA tak bakal merusak perjuangan mereka dalam semusim ini.

"Rasanya tak berpengaruh. Kami bermain di semifinal Piala FA. Bila menjuarai Piala FA, Anda tak akan bermain di Liga Champion musim depan," ujar Pochettino dikutip ESPN.

2.   Misi Vertongen di Piala FA adalah meraih trofi

Preview Man United Vs Tottenham: Siapa yang Melaju ke Final Piala FA?talksport.com

Sementara, bek andalan, Jan Vertonghen memiliki pandangan agak berbeda megenai misi Spurs meraih gelar piala liga. Ia berpendapat bahwa melangkah ke final dan menjadi juara bakal menciptakan budaya untuk memenangi trofi di klub.

“Tim ini jelas layak mendapat trofi atas kerja keras yang kami berikan. Semoga Sabtu bisa menjadi langkah penting. Apa yang dibutuhkan buat menjuarai trofi? Anda hanya butuh keyakinan bisa melakukannya dan pada akhirnya trofi akan datang. Kami penuh keyakinan bisa menjuarai sesuatu," ucap Vertonghen.

Seperti diketahui, Vertonghen merupakan bagian penting skuat Ajax Amsterdam kala menjuarai Eredivisi 2010/11 dan 2011/12, serta Piala KNVB pada 2006/07 dan 2009/10. Ia pasti memiliki modal pengalaman untuk menjamin gelar tersebut masuk ke koleksi Spurs musim ini.

3.   Jaminan Mourinho bisa datangkan gelar untuk United

Preview Man United Vs Tottenham: Siapa yang Melaju ke Final Piala FA?manutd.com

Namun, lawan mereka adalah United yang sudah tentu tak akan menjadi lawan mudah. Apalagi mereka ditangani oleh pelatih bermental juara dengan jaminan gelar, yakni Mourinho. Ia sendiri telah berhasil persembahkan gelar Piala Liga dan Liga Europa 2016/17 di musim pertamanya bersama Setan Merah.

Kini, peluang Mou, sapaan akrab Mourinho, dalam memberikan gelar lain, terbuka di Piala FA. Gelar ini cukup berarti bagi United. Karena sebagai bentuk penebus kegagalan di Piala Liga, Liga Champion, dan sangat mungkin finis di peringkat dua Premier League. Tak ayal, trofi Piala FA menjadi prioritas utama skuat United.

4.   Spurs wajib waspadai produktivitas Smalling

Preview Man United Vs Tottenham: Siapa yang Melaju ke Final Piala FA?manutd.com

"Kemenangan atas Bournemouth sangat penting dan kami semua siap menghadapi Tottenham di Piala FA," ujar Romelu Lukaku.

Spurs juga patut mewaspadai bek United, Chris Smalling di area kotak penalti. Sebab, Smalling berhasil bukukan tiga gol dalam delapan laga terakhir united. Ia hanya kalah subur dari sang bomber, Lukaku dalam hal mencetak gol tahun ini..

"Target kami belakangan adalah memastikan bisa melangkah ke final Piala FA. Kemenangan atas Bournemouth merupakan cara sempurna menjelang laga akhir pekan ini," kata Smalling.

Ilyas Listianto Mujib Photo Verified Writer Ilyas Listianto Mujib

Buruh pena yang sedang menggeluti jurnalisme olahraga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya