Zlatko Dalic: Dari AFC Champions League Sampai Final Piala Dunia

#WorldCup2018 Ternyata Dalic lebih dikenal di Timur Tengah

Pada Ahad (15/7/2018) nanti, Kroasia akan mencoba menorehkan sejarah baru untuk memenangkan trofi Piala Dunia untuk pertama kalinya. Mereka tinggal menghadapi tantangan terakhirnya melawan Prancis di Luzhniki Stadium, Moscow.

Menilik perjalanan mereka sampai ke partai final di Rusia, tak ada yang meragukan kehebatan para penggawa Vatreni di atas lapangan. Dilansir dari Foxsportsasia.com dan Soccerway.com, sang kapten, Luka Modric telah menunjukkan kapasitasnya dengan dibantu gelandang berkualitas lainnya. Yakni Ivan Rakitic yang sama-sama menjadi motor di lini kedua Kroasia.

Sementara, Domagoj Vida dan Dejan Lovren menjadi benteng yang kokoh di sektor pertahanan. Ditambah trisula maut, Mario Mandzukic, Ante Rebic, dan Ivan Perisic yang menjadi momok menakutkan bagi lawan-lawannya.

1.Dalic adalah sosok sentral di balik mengejutkannya penampilan skuat Vatreni

Zlatko Dalic: Dari AFC Champions League Sampai Final Piala Duniabrila.net

Hanya saja di balik itu semua, ada sosok paling sentral yang membuat Kroasia bisa melesat sejauh ini, siapa lagi kalau bukan sang pelatih, Zlatko Dalic.

Pelatih berusia 25 tahun ini ditunjuka menjadi pelatih Kroasia pada Oktober tahun lalu. Namun, statusnya hanya sebuah formalitas saja untuk memenuhi syarat adanya pelatih kepala yang terdaftar di Piala Dunia. Karena ia bukanlah pilihan Federasi Sepak Bola Kroasia (HNS) untuk memimpin skuat Vatreni di turnamen tersebut.

Walau begitu, Dalic justru bisa membuat timnya menjadi sesuatu yang istimewa. Di tangannya, pemain-pemain tak memiliki keegoisan untuk menunjukan siapa yang paling menonjol. Mereka lebih mengutamakan kesatan tim.

Lalu apa yang jadi resep Dalic sehingga bisa memuat timnya begitu menakjubkan? Padahal ia belum pernah mencicipi karier sebagai seorang manajer klub-klub elit Eropa layaknya pelatih lain, yang berhasil membawa negaranya ke partai final Piala Dunia.

2.Siapa Zlatko Dalic dan bagaimana pengalamannya saat menjadi pemain?

Zlatko Dalic: Dari AFC Champions League Sampai Final Piala Duniaproleague.ae

Dalic lahir pada 26 Oktober 1966 di Livno, Bosnia and Herzegovina (Dulu masih Yugoslavia). Kala masih menjadi pemain, Ia banyak menghabiskan sebagian besar kariernya di negaranya sendiri. Posisi utamanya adalah sebagai gelandang bertahan.

Ia terhitung sering bolak-balik tim. Tercatat, ia pernah berseragam Hajduk Split, Dinamo Vinkovci, Buducnost Titograd, dan Varteks. Ia paling banyak mengabdi untuk klub terakhirnya, dengan menorehkan 108 kali penampilan dari 235 aksinya selama berkarier sebagai pemain.

3.Bagaimana pengalaman Zlatko Dalic sebelumnya saat menjadi pelatih?

Zlatko Dalic: Dari AFC Champions League Sampai Final Piala Duniasport360.com

Memasuki era milenium Dalic memutuskan untuk pensiun menjadi seoran pemain dan mulai karier kepelatihanya sabagai asisten pelatih klub lamanya, Varteks. Hanya, ia baru merasakan diberi peran sebagai pelatih kepala lima tahun setelahnya masih di klub yang sama.

Di musim pertamanya Dalic mampu membawa Varteks ke final Piala Liga Kroasia tahun 2005.

Selepas itu, ia kemudian memilih hengkang dan mencari pengalaman ke berbagai klub, termasuk salah satunya Dinamo Tirana (Albania) dan Slaven Belupo (Kroasia).

Pada tahun 2010, Dalic memberanikan diri hijrah ke Timur Tengah untuk meambah pengalamannya. Ia pernah membesut sala satu tim Arab Saudi, Al Faisaly (2010-2012), melatih klub Arab lain, Al Hilal (2012-2013), dan klub Uni Emirat Arab, Al Ain (2014-2017). Di sana ia mampu menorehkan prestasi di kompetisi domestik, diantaraya Liga Teluk Arab, Piala Presiden Uni Emirat Arab dan Piala Super Teluk Arab, dan runerup Liga Champions AFC.

Hingga pada akhirnya ia diberi posisi manajer Kroasia pada bulan Oktober 2017 setelah HNS memecat Ante Cacic. Dan, Dalic kini tinggal menuntaskan tugas terakhirnya di Rusia dan membuat keajaiban lain untuk mebawa skuat Vatreni mampu mempersembahkan mendali untuk rakyat Kroasia.

Ilyas Listianto Mujib Photo Verified Writer Ilyas Listianto Mujib

Buruh pena yang sedang menggeluti jurnalisme olahraga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya