Comscore Tracker

Chelsea Butuh Adaptasi, Yuk Mengenal Strategi Sarri-Ball

Filosofi apa sih yang diusung dalam taktik Sarri?

Chelsea sudah memulai era baru setelah pengangkatan Maurizio Sarri jadi nakhodanya musim ini. Sebab Sarri mampu mengubah taktik dan gaya main yang diusung manajer sebelumnya, Antonio Conte. Para penggemar Chelsea menyebut permainan tim kebanggaan mereka dengan sebutan Sarri-ball.

Apa itu Sarri-ball? Dilansir dari Goal,  taktik ini adalah konsep yang diusung oleh eks pelatih Napoli dengan gaya sepak bola menyerang cepat, yang dikombinasikan umpan pendek dan cepat. Sehingga pemain terus bergerak dinamis di atas lapangan secepat mungkin.

Tak heran jika filosofinya sering disamakan dengan tiki-taka yang diusung Pep Guardiola selama membesut Barcelona.

1. Sarri-ball berbeda dengan gegenpresing ala Jurgen Klopp

Chelsea Butuh Adaptasi, Yuk Mengenal Strategi Sarri-Ballgoal.com

Pada dasarnya, Sarri-ball berbeda dengan gaya main Jurgen Klopp di Liverpool dengan gegenpressing-nya yang membuat musuh tertekan. Sehingga membuat kesalahan dan mebuat keadaan berbalik.

Hanya, Sarri mengungkapkan para pemain Chelsea masih belum bisa menerjemahkan apa yang ia inginkan di lapangan. Pada laga Community Shield melawan Manchester City pada Minggu (5/8/2018), sang pelatih menyebut filosofi yang diinginkan masih jauh dari yang diharapkan.

"Pada saat ini saya pikir kami memiliki ide untuk menekan, tetapi kadang-kadang kami menekan dengan cara yang benar, terkadang tidak," kata Sarri setelah pertandingan, seperti dikutip London Evening News.

“Kami memiliki ide untuk mengendalikan permainan, tetapi hari ini kami tak mengendalikan permainan. Jadi, saya pikir masih jauh, kami harus bekerja," sambungnya.

2. Sarri-ball butuh waktu dua sampai tiga bulan

Chelsea Butuh Adaptasi, Yuk Mengenal Strategi Sarri-Ballskysports.com

Sarri mengungkapkan proses adaptasinya bisa memakan waktu tiga bulan agar Chelsea mampu tampil dengan kemampuan terbaiknya. Terlebih hingga akhir pekan lalu sebelum pertandingan Community Shield, Sarri belum bertemu dengan enam pengawasnya yang tampil di Piala Dunia 2018 lalu.

"Saya sangat senang sudah bisa bekerja dengan semua pemain saya untuk pertama kalinya kemarin (Rabu)," kata Sarri dilansir dari BBC.

"Secara potensial kami bisa matang dalam dua atau tiga bulan. Kami akan menjadi tim yang sangat bagus," lanjutnya dengan nada optimis.

3. Kondisi The Blues belum ideal

Chelsea Butuh Adaptasi, Yuk Mengenal Strategi Sarri-Ball90min.com

Kondisi Chelsea belum bisa dikatakan ideal saat menjalankan laga di Huddersfield dalam pertandingan pembukaan Liga Premier mereka, Sabtu (11/8/2018) nanti. Hal itu pun diamini oleh sang pelatih.

Apakah pertandingan itu datang terlalu dini, Sarri yang menggantikan Antonio Conte sebagai bos the Blues musim panas ini menjawab:

Ya, saya kira begitu, terutama untuk mereka semua.
Ilyas Mujib Photo Community Writer Ilyas Mujib

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You