4 Tim Kuda Hitam yang Berhasil Tampil Memukau di Piala Dunia

#WorldCup2018 Wah, luar biasa juga kiprah tim kuda hitam

Piala Dunia serasa tak lengkap tanpa kejutan. Banyak kejadian-kejadian yang tak luput dari aksi-aksi bintang di lapangan hijau. Sejak bergulirnya putaran final Piala Dunia, selalu saja ada hal mengagetkan dari tim non unggulan yang membuat khalayak berdecak kagum.

Kali ini, kejutan itu akan terus terus dilanjutkan oleh Rusia. Bertindak sebagai tuan rumah, mereka mampu tampil memukau sejak babak awal. Teranyar, sang tuan rumah mampu memulangkan Spanyol di babak 16 besar lewat adu penalti.

Di antara sederet kejutan-kejutan itu, tak sedikit yang dianggap kontroversial. Bahkan sebagian masih menyisakan perih bagi tim yang merasa dirugikan. Berikut beberapa kejutan dari tim non unggulan di babak fase gugur sejak Piala Dunia 1990.

1. Kamerun

4 Tim Kuda Hitam yang Berhasil Tampil Memukau di Piala DuniaThe42.ie

Kamerun jadi kuda hitam di fase grup Piala Dunia 1990. Mereka tiba-tiba mampu lolos ke fase gugur dengan status juara grup. Kejutan pertama, mampu mengalahkan juara bertahan Argentina 1-0. Lalu, Kamerun kembali membuat aksi memukau menyingkirkan Kolombia yang diperkuat playmaker top Carlos Valderrama di 16 besar.

Roger Milla mencetak brace dan selebrasinya menari di tiang pojok akan selalu terngiang di ingatan publik. Kejutan singa-singa perkasa nyaris berlanjut tak menyerah 2-3 dari Inggris lewat perpanjangan waktu di fase berikutnya.

2.Kroasia

4 Tim Kuda Hitam yang Berhasil Tampil Memukau di Piala Duniadailymail.co.uk

Pada Piala Dunia 1998 di Prancis, Kroasia mengentak dunia. Setelah menyingkirkan Rumania di babak 16 besar, Vatreni menundukan juara Eropa 1996, yakni Jerman di perempat final kala itu.

Pasca lima bek Jerman, Christian Woerns, terusir karena mendapat kartu merah, Kroasia mampu unggul 1-0 lewat pemain andalannya, Robert Jarni. Setelah itu dua gol tambahan yang membuat jerman KO ditorehkan oleh Goran Vlaovic dan Suker yang menjadi topskorer PD 1998.

3.Korea Selatan

4 Tim Kuda Hitam yang Berhasil Tampil Memukau di Piala Duniafourfourtwo.com

Tuan rumah paling mengejutkan jadi status yang layak disematkan untuk Korea-Jepang 2002. Sebab, mereka bisa melangkah ke babak 16 besar setelah di fase grup menundukan Polandia dan Portugal serta imbangi Amerika Serikat.

Setelah itu, pasukan Taeguk Warrior menang dramatis atas tim favorit juara, Italia dengan skor 2-1. Kemenangan tim besutan Guus Hiddink diwarnai keputusan-keputusan kontroversial yang lahir di laga itu.

Setelah itu Korsel terus buat catatan manis. Pada perempat final Ahn Junghwan cs menang atas Spanyol melalui adu penalti. Sampai akhirnya mereka bisa finish di posisi keempat dalam turnamen tersebut.

4. Turki

4 Tim Kuda Hitam yang Berhasil Tampil Memukau di Piala Duniaskysports.com

Korsel bukan satu-satunya tim mengejutkan yang ada di Piala Dunia 2002. Sebab, mereka bukan tim apa-apa jika dibandingkan kontestan Eropa lainnya. Langkah Turki berjalan lebih mudah. Karena di babak awal mereka cuma bertemu Kosta Rika dan China untuk mendampingi Brasil lolos dari Grup C.

Hakan Sukur dan kolega setelah itu membuat hentakan dengan mengalahkan tuan rumah Jepang 1-0 di 16 besar. Di babak perempat final itu berlanjut dengan membuat Senegal tersingkir berkat gol emas Ilhan Mansiz. Mereka pun mampu finish di posisi tiga PD 2002.

Ilyas Listianto Mujib Photo Verified Writer Ilyas Listianto Mujib

Buruh pena yang sedang menggeluti jurnalisme olahraga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya