Timnas Garuda Vs Burundi, Suporter Dilarang Bawa Spanduk Tolak Israel 

Polisi akan memeriksa spanduk sebelum masuk ke stadion

Bekasi, IDN Times - Polres Metro Bekasi Kota melarang spanduk penolakan tim Israel, jelang laga Timnas Indonesia vs Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Sabtu (25/3/2023) malam.

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Dani Hamdani mengatakan pihaknya mencegah spanduk penolakan Israel--yang menjadi salah satu kontestan Piala Dunia U-20 2023--terbentang di dalam stadion. 

"Yang saat ini diantisipasi adalah aktifvitas di luar terkait penolakan tim Israel, oleh karena itu kita mengantisipasi jangan sampai ada sepanduk yang masuk ke stadion," kata Dani, Sabtu.

Baca Juga: Said Aqil Tolak Timnas Israel U-20 Main di RI: Itu Ada dalam Al-Quran

1. Akan geledah setiap spanduk

Timnas Garuda Vs Burundi, Suporter Dilarang Bawa Spanduk Tolak Israel Ilustrasi supporter diperiksa sebelum memasuki Stadion. (IDN Times/Imam Faishal)

Dalam pertandingan tersebut terdapat lima gerbang utama yang dapat dilalui suporter. Dani menjelaskan, pihaknya membuka satu per satu spanduk yang dibawa masuk ke dalam stadion.

"Spanduk-spanduk yang engga boleh datang ke stadion, kita akan geledah di setiap pintu masuk. Ada lima pintu yang kita buka untuk penonton yang ingin hadir di stadion patriot ini," jelasnya.

"Kita upayakan supaya penonton jangan membawa spanduk yang profokatif seperti itu," tambahnya.

2. Ada 971 personel gabungan dikerahkan

Timnas Garuda Vs Burundi, Suporter Dilarang Bawa Spanduk Tolak Israel Ilustrasi personel gabungan. IDN Times/Istimewa

Dani menjelaskan, jumlah suporter yang datang ke Stadion Patriot Candrabhaga sekitar 5.000 orang. Untuk itu, pihaknya menyiapkan 971 personel gabungan.

"Untuk jumlah pasukan pengamanan yang kita libatkan ada sekitar 971, yang terdiri dari 60 personel dari TNI, dan sisanya dari Polri, baik dari Polda Metro Jaya maupun Polres Metro Bekasi Kota," katanya.

"Kita libatkan personel disesuaikan dengan jumlah penonton yang hadir," jelasnya.

Baca Juga: RI Tak Akan Surut Bela Palestina meski Tim Israel Datang

3. Timnas baru pertama uji coba melawan Burundi

Timnas Garuda Vs Burundi, Suporter Dilarang Bawa Spanduk Tolak Israel Pelatih Timnas U-19 Shin Tae-yong (berdiri, ketiga dari kiri) sedang memberikan arahan di sela-sela sesi pemusatan latihan Timnas U-19 di Stadion Madya GBK Jakarta pada Kamis (20/8/2020). (Dok. PSSI)

Pertandingan uji coba ini merupakan pertemuan pertama untuk Timnas Indonesia berduel melawan Burundi. Bahkan, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, baru menyadari ada negara yang bernama Burundi.

"Mungkin, saya akan diolok-olok karena baru tahu ada Burundi di Afrika. Tapi, saya memang baru mengetahuinya lewat uji coba ini," ujar Shin dalam konferensi pers jelang laga, Jumat (24/3/2023).

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya