Comscore Tracker

Laga Penuh Gengsi, 7 Fakta Menarik Menjelang Kroasia Lawan Inggris

#WorldCup2018 Mereka baru pertama bertemu di Piala Dunia

Laga penuh gengsi akan tersaji di babak semifinal Piala Dunia 2018 yang mempertemukan Inggris kontra Kroasia di Stadion Luzhniki, Kamis (12/7/2018) dini hari WIB. Pertemuan kedua tim ini merupakan yang pertama di ajang Piala Dunia sepanjang sejarah.

Inggris sedang memburu gelar keduanya dan Kroasia ingin mencatatkan sejarah dengan menjadi juara untuk pertama kalinya. Siapa kira-kira yang akan menjadi pemenang dalam laga kali ini? Berikut fakta-fakta menarik jelang laga kedua tim.

1. Penampilan ketiga Inggris di semifinal Piala Dunia

Laga Penuh Gengsi, 7 Fakta Menarik Menjelang Kroasia Lawan Inggriswww.warringtonguardian.co.uk

Sebelum laga kali ini, Inggris telah tampil di semifinal Piala Dunia dua kali. Semifinal pertama terjadi pada 1966 dan dalam laga tersebut Inggris menang 2-1 saat Portugal. Di tahun tersebut, The Three Lions sukses menjuarai Piala Dunia. Sementara penampilan kedua terjadi pada 1990, sayangnya mereka harus kalah dari Jerman lewat drama adu penalti.

Adapun bagi Kroasia, semifinal kali ini adalah yang petama baginya. Sebelumnya, prestasi terbaik Vatreni hanya sampai di perempat final, yakni tahun 1966 dan 2012.

2. Pertemuan kedelapan antara Inggris dan Kroasia

Laga Penuh Gengsi, 7 Fakta Menarik Menjelang Kroasia Lawan Inggris@optajoe

Laga nanti menjadi pertemuan kedelapan antara Inggris dan Kroasia. Hasilnya, Inggris boleh berbangga diri. Karena mereka mampu menang empat kali, satu imbang, dan dua kekalahan. 

Menariknya, kedua tim baru sekali di turnamen besar yaitu saat Piala Eropa pada 2004 silam. Dalam laga tersebut Inggris mampu menumbangkan Kroasia dengan skor 4-2.

3. Kroasia jago adu penalti

Laga Penuh Gengsi, 7 Fakta Menarik Menjelang Kroasia Lawan InggrisDailyhunt.in

Kroasia menjadi tim kedua yang mampu memenangkan dua kali pertandingan lewat adu penalti. Kroasia menang adu penalti melawan Denmark di babak 16 besar dan Rusia di partai perempat final. Capaian ini sebelumnya hanya mampu dilakukan oleh Argentina pada Piala Dunia edisi 1990.

4. Inggris produktif dan sudah samai rekor saat juara 1966

Laga Penuh Gengsi, 7 Fakta Menarik Menjelang Kroasia Lawan Inggris@squawka

Inggris tampil produktif pada Piala Dunia kali ini dengan mencatatkan 11 gol. Jumlah gol tersebut menyamai rekor mereka saat jadi juara pada 1966 mendatang. Menariknya, delapan dari 11 gol Inggris diciptakan dari situasi bola mati.

5. Kroasia tim kolektif

Laga Penuh Gengsi, 7 Fakta Menarik Menjelang Kroasia Lawan InggrisSky Sports

Pada Piala Dunia kali ini, Kroasia membuktikan diri sebagai tim yang kolektif atau tak bergantung pada satu pemain saja. Buktinya, 10 gol Kroasia disumbangkan oleh delapan pemain yang berbeda.

6. Inggris andalkan ujung tombaknya

Laga Penuh Gengsi, 7 Fakta Menarik Menjelang Kroasia Lawan InggrisFIFA

Pada Piala Dunia kali ini, Inggris harus berterimakasih karena memilki diperkuat Harry Kane yang menjadi penyerang haus gol. Dalam ajang kali ini, penyerang 24 tahun tersebut telah mencatatkan enam gol. Torehan tersebut membuatnya menjadi top scorer sementara Piala Dunia.

7. Lini tengah Kroasia jadi kekuatan utama

Laga Penuh Gengsi, 7 Fakta Menarik Menjelang Kroasia Lawan InggrisStandard.co.uk

Lini tengah menjadi tulang punggung Kroasia pada Piala Dunia kali ini. Mereka diperkuat oleh gelandang-gelandang terbaik di dunia seperti Luka Modric dan Ivan Rakitic. Kombinasi kedua pemain ini telah menghasilkan tiga gol dan satu assist bagi Vatreni.

Imam Rosidin Photo Community Writer Imam Rosidin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You