Rampungkan 16 Besar, Berikut Catatan Statistik Menarik Piala Dunia

#WorldCup2018 Belgia jadi tim paling produktif

Rampung sudah babak 16 besar Piala Dunia 2018. Inggris menjadi tim terakhir yang lolos ke babak perempat final setelah mengandaskan perlawanan Kolombia, Rabu (4/7/2018) dini hari WIB. Tujuh tim sebelumnya yang lolos adalah Swedia, Belgia, Prancis, Uruguay, Brasil, Kroasia, dan Rusia.

Dari mulai laga pembukaan hingga babak 16 besar, Piala Dunia telah memunculkan catatan-catatan statistik menarik. Sejauh ini Piala Dunia 2018 telah merampungkan 56 pertandingan dengan 146 gol diciptakan, 189 kartu kuning, dan empat kartu merah.

Berikut statistik menarik yang dikutip dari situs resmi Fifa.com.

1. Statistik pemain, Harry Kane paling moncer

Rampungkan 16 Besar, Berikut Catatan Statistik Menarik Piala DuniaFIFA

Penggawa Inggris, Harry Kane menjadi pemain yang mencetak gol paling banyak, yakni enam gol. Di tempat kedua dan ketiga disusul oleh penyerang Belgia, Romelu Lukaku (4 gol) dan bintang Portugal, Cristiano Ronaldo (4 gol).

Dari ketiga penyerang tersebut, hanya Ronaldo yang gagal membawa negaranya ke babak perempat final. Portugal tersingkir di babak 16 besar setelah dikalahkan Uruguay dengan skor 1-2.

Neymar menjadi pemain yang paling sering melakukan tembakan ke gawang. Tercatat, andalan Timnas Brasil ini melepaskan 24 tembakan, 12 di antaranya mengarah ke gawang dan menghasilkan dua gol. Ia juga sukses mengantar negaranya melaju ke babak perempat final dan akan bertemu Belgia.

Sementara untuk penjaga gawang, Guillermo Ochoa masih menjadi yang terbaik dengan melakukan 25 penyelamatan dalam empat pertandingan. Di tempat kedua dan ketiga ditempati Kasper Schmeichel (21 penyelamatan) dan Igor Akinfeev (14 penyelamatan).

Sayangnya, dari ketiga kiper tersebut hanya Akinfeev yang tersisa di babak perempat final bersama Rusia. Sedangkan, Meksiko (Ochoa) dan Denmark (Schmeichel) telah tersingkir di babak 16 besar.

2. Statistik tim, Belgia paling bersinar

Rampungkan 16 Besar, Berikut Catatan Statistik Menarik Piala DuniaFIFA

Hingga rampungnya babak 16 besar, Belgia menjadi tim paling produktif di antara para peserta Piala Dunia 2018. Anak asuh Roberto Martinez ini menggelontorkan 12 gol dalam empat pertandingan yang dilakoninya. Menariknya, 11 gol yang dihasilkan merupakan hasil dari permainan terbuka dan hanya satu gol yang bersumber dari situasi bola mati.

Tak hanya itu, Belgia juga menyamai catatan Brasil sebagai tim yang paling banyak menciptakan peluang. Dalam empat laga, kedua tim telah melepaskan 77 tembakan. 

Untuk urusan pertahanan, dua tim dari Amerika Selatan yaitu Brasil dan Uruguay menjadi yang terbaik.

Dalam empat laga yang dijalani kedua tim hanya kebobolan satu gol. Kedua tim ini juga memastikan satu tiket di babak perempat final. Uruguay akan menjajal kekuatan Prancis dan Brasil akan menghadapi Belgia.

3. Statistik pertandingan

Rampungkan 16 Besar, Berikut Catatan Statistik Menarik Piala DuniaFIFA

Untuk pertandingan, laga Belgia kontra Tunisia di babak penyisihan grup menjadi yang paling banyak menghasilkan gol. Laga tersebut berakhir dengan skor 5-2 untuk kemenangan Belgia. Tak hanya itu, laga kedua tim tersebut juga menjadi yang paling banyak menghasilkan peluang, yakni 31 peluang.

Belgia sendiri telah memastikan satu tiket di babak perempat final. Sedangnkan Tunisia tersingkir di babak penyisihan.

Untuk laga terpanas terjadi saat Belgia menghadapi Tunisia di babak penyisihan grup. Dalam laga tersebut wasit mengeluarkan delapan kartu kuning, lima untuk Panama dan tiga untuk Belgia. Sementara total pelanggaran yang terjadi adalah 35.

Adapan laga yang mempertemukan Rusia dan Spanyol menjadi pertandingan yang paling banyak jumlah umpannya, yaitu 1253 umpan. Hasilnya sendiri, Rusia mampu mengalahkan Tim Matador melalui babak adu penalti, Di waktu normal, kedua tim bermain dengan skor 1-1.

Imam Rosidin Photo Verified Writer Imam Rosidin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya