Comscore Tracker

Meksiko Tumbangkan Juara Bertahan

#WorldCup2018 Meksiko andalkan serangan balik

Secara mengejutkan Meksiko mampu menumbangkan juara bertahan Jerman dengan skor tipis 1-0, Minggu (17/6) malam. Gol satu-satunya Meksiko disumbangkan Hirving Lozano pada menit ke-35.

1. Jalannya pertandingan

Meksiko Tumbangkan Juara BertahanFIFA

Di babak pertama, Meksiko mampu unggul lewat aksi Hirving Lozano di menit ke-35. Jerman bukannya tanpa peluang, beberapa kali anak asuh Joachim Loew ini mampu membahayakan gawang Meksiko. Namun, barisan lini belakang Meksiko tampil disiplin sehingga mampu mementahkan peluang Jerman.

Memasuki babak kedua, Jerman langsung menekan pertahanan Meksiko. Jerman kemudian memasukan Marco Reus untuk menambah daya gedornya menggantikan Sami Khedira. Meski demikian, serangan mereka kurang efektif yang mana hingga menit ke-70 tak terjadi peluang yang membahayakan.

Dalam keadaan unggul, Meksiko mengubah strateginya dengan memasujkan pemain belakang, Edson Alvares menggantikan gelandang serang, Carlos Vela di menit ke-58.

Mereka mencoba bermain bertahan dengan sesekali melakukan serangan balik cepat.

Jelang berakhirnya pertandingan, Jerman nyaris menyamakan angka. Namun tendangan Kevin Brandt dari luar kotak penalti masih tipis di sisi gawang Meksiko.

Skor 1-0 untuk keunggulan Meksiko bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

2.  Rafael Marquez catatkan sejarah

Meksiko Tumbangkan Juara BertahanFIFA

Bek veteran Meksiko, Rafael Marquez mencatatkan namanya dalam sejarah Piala Dunia. Pemain berusia 38 tahun ini menyamai rekor Lothar Matthaus dan Antonio Carbajal yang tampil dalam lima kali edisi Piala Dunia yang berbeda.

Rafa mengukir sejarahnya saat dimasukan pelatih Meksiko menggantikan Jose Guardado pada menit ke-74. Sebelumnya ia tampil di edisi Piala Dunia 2014, 2010, 2006, dan 2002.

3. Kutukan Juara Bertahan

Meksiko Tumbangkan Juara BertahanFIFA

Sejak Piala Dunia 2002, tiga negara juara bertahan Piala Dunia selalu gagal menang di laga awal babak fase grup. Jerman menjadi negara yang melanjutkan kutukan tersebut setelah kalah 0-1 dari Meksiko.

Dengan kekalahan tersebut, Jerman menempati posisi terakhir Grup F dengan defisit satu gol. Sementara Meksiko sukses memuncaki klasemen. Tempat kedua dan ketiga ditempati Swedia danKorea Selatan yang baru akan bertanding besok malam.

Di laga selanjutnya Jerman akan menghadapi Swedia, Minggu (24/6). Sementara Meksiko akan jumpa Korea Selatan di hari yang sama.

Imam Rosidin Photo Verified Writer Imam Rosidin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya