Mourinho Soroti Maraknya Aksi Diving di Piala Dunia 2018

#WorldCup2018 Banyak diving biar dapat hadiah penalti?

Olahraga sepak bola sangat menjunjung tinggi nilai sportivitas. Setiap pemain yang terlibat di dalamnya diharapkan tak malakukan permainan kotor yang dapat merusak sportifitas sepak bola. Meski demikian, hingga kini masih sering kita saksikan seorang pemain yang melakukan aksi diving atau curang.

Diving secara umum diartikan sebagai aksi pemain yang berpura-pura dilanggar tim lawan. Jika seorang wasit kurang jeli, aksi kotor tersebut bisa merugikan tim lawan. Bisa saja tim lawan mendapatkan hukuman penalti atau mendapatkan kartu merah atas hal yang tidak dilakukan.

Lantas, bagaimana dengan yang terjadi di Piala Dunia 2018 ini? Menurut pelatih Manchester United, Jose Mourinho, banyak pemain yang melakukan aksi diving pada Piala Dunia kali ini. Menurutnya aksi ini bertujuan untuk mendapatkan tendangan penalti dengan cara mengintimidasi wasit.

"Ini bukan tentang Inggris dan Kolombia. Tapi hampir setiap pertandingan, para pemain melakukan kecurangan dan membuat pekerjaan wasit makin sulit. Bahkan dengan adanya VAR tak mengurangi niat para pemain melakukan diving," kata Mourinho dikutip dari ESPN.

1. Neymar raja diving

Mourinho Soroti Maraknya Aksi Diving di Piala Dunia 2018AFR.com

Dalam empat pertandingan terakhir Piala Dunia, media sosial selalu diramaikan dengan aksi Neymar bersama Timnas Brasil. Sayangya, bukan kehebatan Neymar mengolah si kulit bundar yang jadi perhatian, namun aksi diving-nya di lapangan. Banyak pengamat sepakbola yang menuduh Neymar sengaja terjatuh meski hanya mengalami benturan ringan.

"Orang-orang terlalu fokus pada Neymar. Jika memang hanya Neymar yang diving, tentu saya senang. Masalahnya banyak yang lain lagi," kata Mourinho.

Neymar sendiri menjadi pemain yang paling sering dilanggar di Piala Dunia. Di laga pertama melawan Swiss, bintang milik Paris Saint-Germain tersebut dilanggar sebanyak 10 kali. Untuk performa di lapangan, Neymar bermain cukup baik. Dalam empat laga ia menyumbang dua gol dan dua assist bagi Tim Samba.

2. Bek Inggris juga diving

Mourinho Soroti Maraknya Aksi Diving di Piala Dunia 2018Metro.co.uk

Mourinho juga menyoroti terkait aksi diving yang dilakukan bek Inggris, Harry Maguire, saat melawan Kolombia di babak 16 besar lalu. Saat itu, pemain yang berposisi sebagai bek ini berpura-pura terjatuh di kotak penalti meski tak ada kontak fisik dengan pemain lawan. Ia lalu berteriak kepada wasit untuk melihat VAR dan berharap diberikan pelanggaran.

"Saya terkejut dengan apa yang dilakukan seorang bek tengah Harry Maguire. Biasanya dia pemain yang sangat jujur. Namun, ia pura-pura terjatuh di kotak penalti dan mencoba memengaruhi wasit untuk melihat VAR," katanya.

3. Seorang pemain harusnya malu melakukan diving

Mourinho Soroti Maraknya Aksi Diving di Piala Dunia 2018Mashable.com

Lebih jauh, Mourinho menekankan bahwa para pemain yang tampil di Piala Dunia harus lebih jujur dan tak melakukan diving. Pasalnya, para pemain ini sedang menjadi perhatian miliaran penonton di seluruh dunia. Pemain sendiri juga akan mendapat kerugian karena dianggap sebagai pesepakbola yang tidak jujur oleh para penggemarnya.

Selain itu menurut Mourinho, aksi tidak jujur para pemain ini bisa menurunkan kualitas permainan sepak bola. "Para pemain harus merasakan tanggung jawab bermain di Piala Dunia di depan miliaran penonton. Setiap tim memiliki pemain yang melakukan diving, banyak yang berpura-pura, banyak memberi tekanan pada wasit. Permainan kehilangan kualitas, dan bagi saya itu adalah poin negatif," pungkasnya.

Imam Rosidin Photo Verified Writer Imam Rosidin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya