4 Veteran yang Mencetak Gol di Piala Dunia

#WorldCup2018 Makin tua makin menjadi

Timnas Panama harus mengubur impiannya untuk tampil lebih jauh di Piala Dunia 2018. Mereka dipastikan tersingkir di babak penyisihan setelah digulung Inggris dengan skor 1-6, Minggu (24/6/2018) malam.

Meski demikian, ada rekor menarik yang dicatatkan Panama pada laga tersebut. Gol satu-satunya wakil zona CONCACAF ini disumbangkan Felipe Baloy yang sudah berusia 37 tahun lebih 120 hari. Itu artinya ia menjadi pemain tertua keempat yang mampu menjaringkan gol di ajang Piala Dunia.

Selain Baloy, berikut para pemain tua yang mampu menciptakan gol di ajang sepak bola terakbar di dunia ini.

1. Roger Milla

4 Veteran yang Mencetak Gol di Piala DuniaFIFA

Legenda Kamerun, Roger Milla masih memegang rekor sebagai pemain tertua yang pernah mencetak gol di Piala Dunia. Rekor tersebut ia catatkan saat memasuki usia 42 39 hari pada Piala Dunia 1994. Gol tersebut tercipta saat Kamerun dibantai Rusia dengan skor 1-6.

Selama kariernya di dunia sepak bola, Milla telah memperkuat Kamerun sebanyak 102 kali dengan menyumbang 28 gol. Sedangkan prestasi tertingginya di Piala Dunia adalah saat membawa The Indomitable Lions melaju ke babak Perempat final pada edisi 1990.

Saat itu mereka dihentikan Timnas Inggris. Adapun capaian tertinggi sebagai individu adalah saat meraih dua kali penghargaan sebagai pemain terbaik Afrika.

Menariknya, Milla merupakan pemain bintang yang pernah memperkuat tim asal Indonesia. Tercatat ia pernah menjadi penggawa Pelita Jaya dan Persisam Putra Samarinda.

2.  Gunnar Gren

4 Veteran yang Mencetak Gol di Piala DuniaTopworldfact

Bagi pecinta sepakbola Itala, khususnya AC Milan, nama Gunnar Gren tak akan asing di telinga. Ia adalah satu dari tiga pemain Swedia yang membentuk trio GreNoLi di Milan. Bersama Gunnar Nordahl dan Nils Liedhol, Gren menjadi bomber yang berbahaya di Serie A. 

Untuk Piala Dunia, Gren menjadi pemain tertua kedua yang sukses menjaringkan bola dengan usia 37 tahun, 236 hari. Rekor tersebut ia ciptakan saat Swedia mengandaskan perlawan Jerman dengan skor 3-1 di babak Semifinal edisi 1958.

Sayangnya di partai final, Swedia harus menyerah dengan skor 5-2 dari Brasil yang saat itu diperkuat Pele.

3. Cuauhtemoc Blanco

4 Veteran yang Mencetak Gol di Piala DuniaPublimetro

Blanco menjadi pemain tertua ketiga yang berhasil menciptakan gol di Piala Dunia dengan usia 37 tahun lebih 151 hari. Pemain asal Meksiko ini mencatatkan namanya di sejarah pada edisi 2010. Saat itu ia sukses mengantar El Tri menumbangkan Prancis 2-0 di babak kualifikasi Grup A.

Bersama Meksiko, Blanco telah bermain sebanyak 122 dengan sumbangan 39 gol. Prestasi terbaiknya di kancah internasional adalah saat membawa Meksiko dua kali juara Piala Emas (1999,1997) dan sekali menjuarai Piala Konfederasi pada 1999 silam.

4. Felipo Baloy

4 Veteran yang Mencetak Gol di Piala DuniaFIFA

Memasuki menit ke-78, tribun yang ditempati pendukung Panama di Stadion Nizhny mendadak riuh. Adalah Felipe Baloy yang mampu membuat para pendukung Panama kembali tersenyum setelah gawangnya digelontor enam gol oleh Inggris.

Ia menjebol gawang The Three Lions setelah memanfaatkan umpan dari tendangan bebas Ricardo Avila. Skor 6-1 untuk kemenangan Inggris tersebut bertahan hingga pertandingan usai.

Di balik kekalahan tersebt Baloy telah mengukir namanya di sejarah Piala Dunia sebagai pemain tertua keempat yang mampu menciptakan gol. Pemain yang kini memperkuat CSD Municipal ini mencatatkan namanya di sejarah dengan usia 37 tahun, 120 hari.

Bersama Panama, pemain yang berposisi sebagai bek ini tampil sebanyak 100 kali dengan sumbangan tiga gol.

Imam Rosidin Photo Verified Writer Imam Rosidin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya