Jago Strategi, Inilah Profil 4 Pelatih Semi Finalis Piala Dunia

#WorldCup2018 Peracik strategi yang menentukan prestasi

Inggris, Belgia, Kroasia, dan Prancis telah memastikan diri di babak semi final Piala Dunia 2018. Keempatnya akan saling jegal demi memperebutkan trofi Jules Rumet. Keberhasilan empat negara tersebut tak bisa dilepaskan dari tangan dingin para pelatihnya dalam meracik strategi.

Berikut, profil keempat pelatih semi finalis Piala Dunia 2018.

1. Zlatko Dalic yang lebih banyak berkarier di Asia

Jago Strategi, Inilah Profil 4 Pelatih Semi Finalis Piala DuniaSky Sports

Zlatco Dalic baru diangkat menjadi pelatih Kroasia pada Oktober 2017 lalu. Ia menggantikan Ante Cacic yang dipecat karena Kroasia tampil buruk di babak kualifikasi Piala Dunia. Di awal kepelatihannya bersama Vatreni, Dalic dibebani tugas untuk meloloskan negaranya ke Rusia. 

Dalic akhirnya sukses membuktikan kualitasnya saat mampu membawa anak asuhnya menang di laga terakhir babak kualifikasi Piala Dunia melawan Ukraina. Kemenangan tersebut membuat Kroasia berhak mengikti babak babak play off melawan Yunani.

Hasilnya, lagi-lagi Dalic mampu membawa Kroasia unggul dengan agregat 4-1 dan dinyatakan lolos ke Piala Dunia 2018.

Sebelum menjadi pelatih Timnas, Dalic lebih banyak menangani tim-tim asal Asia. Al Ain FC (Uni Emirate Arab), Al Hilal (Arab Saudi), dan Al Faisaly (Arab Saudi) adalah tim Asia yang ditanganinya dalam rentang tujuh tahun.

Prestasi terbesarnya adalah mampu membawa Al Ain juara Liga Uni Emirate Arab, Piala Arab Saudi bersama Al Hilal, dan juara kedua Liga Champions Asia bersama Al Ain. 

Kini, Dalic memiliki kesempatan untuk mencatatkan namanya dalam sejarah sepak bola Kroasia. Ia bisa menjadi pelatih pertama Kroasia yang mampu membawa negaranya menjuarai Piala Dunia.

Di babak semifinal nanti, anak asuhnya akan menghadapi tim favorit juara Inggris, Kamis (12/7/2018) dini hari WIB.

2. Roberto Martinez yang lebih dikenal sebagai pelatih klub semenjana

Jago Strategi, Inilah Profil 4 Pelatih Semi Finalis Piala DuniaMarca

Saat ditunjuk sebagai pelatih Belgia pada Agustus 2016 lalu, Roberto Martinez mendapat banyak kritikan. Publik Belgia jelas ragu sebab Martinez adalah pelatih gagal yang dipecat oleh Everton. Ia dipecat lantaran tak kunjung membawa kesuksesan untuk The Toffes.

Tak hanya itu, karier pelatih asal Spanyol itu juga lebih banyak dihabiskan bersama klub-klub semenjana (Menengah).

Tiga tim yang dilatihnya sebelum menangani Belgia adalah Swansea, Wigan, dan Everton. Adapun prestasi tersebesarnya sebagai seorang juru taktik yaitu menjuarai Piala FA musim 2012/2013 bersama Wigan.

Seiring berjalannya waktu, para pendukung Belgia mulai mengagumi Martinez. Kemenangan demi kemenangan Setan Merah dicatatkan bersama sang pelatih berkepala pelontos ini. Total, dalam 25 pertandingan, Belgia hanya kalah sekali, imbang enam kali, dan sisanya meraih kemenangan.

Kini, Martinez bahkan berkesempatan mengukir sejarah bersama Belgia dengan menjuarai Piala Dunia untuk kali pertamanya. Di babak semifinal, Martinez akan memimpin anak asuhnya menghadapi Prancis.

3. Gareth Southgate yang pernah dipecat Middlesbrough

Jago Strategi, Inilah Profil 4 Pelatih Semi Finalis Piala DuniaBBC.com

Karir kepelatihan Southgate dimulai pada 2006 lalu saat menangani Middlesbrough. Bersama The Boro, sang pelatih menghabiskan waktu tiga setengah musim. Tahun pertama dan kedua, Southgate hanya mampu membawa Boro finis di papan tengah Premier League.

Tahun ketiga menjadi yang terburuk karena tim yang bermarkas di Stadion Riverside ini harus terdegradasi. Di musim berikutnya, Southgate lantas dipecat di pertengahan musim.

Tahun-tahun berikutnya, Southgate bergabung dengan divisi pengembangan usia muda Inggris. Setelah itu ia ditugasi menangani Timnas Inggris U-21 selama tiga tahun. Tepat pada November 2016, pelatih kelahiran Watford ini ditunjuk sebagai pelatih senior Inggris menggantikan Roy Hodgson yang gagal di Piala Eropa.

Sejauh ini, Southgate telah menangani Inggris sebanyak 19 kali dengan hasil 12 menang, empat imbang, dan tiga kali kalah. Dari pelatih yang diragukan, kini ia menjadi sosok paling diharapkan membawa Inggris menjuarai Piala Dunia. Seperti kita tahu, sudah 52 tahun lamanya Tim Tiga Singa terakhir kali menjuarai Piala Dunia.

4. Didier Deschamps yang paling berpengalaman

Jago Strategi, Inilah Profil 4 Pelatih Semi Finalis Piala DuniaSports Ilustrated

Dari keempat pelatih semi finalis Piala Dunia, Deschamps bisa disebut sebagai yang paling berpengalaman. Ia menukangi Prancis sejak 2012 lalu dan memimpin di tiga turnamen besar yang berbeda, yakni Piala Dunia 2014, Piala Eropa 2016, dan Piala Dunia 2018.

Ia ditunjuk sebagai pelatih Les Bleus karena kesuksesannya bersama tim-tim lokal Prancis. Prestasi terbaiknya adalah membawa Olympique Marseille menjuarai Ligue 1 sebanyak tiga kali dan As Monaco sekali. 

Sayangnya, di level Timnas, Deschamps masih nirgelar. Pencapaian terbaiknya adalah saat membawa anak asuhnya mencapai babak final Piala Eropa 2016. Namun, di laga tersebut Prancis kalah 0-1 dari Portugal.

Kini, sang pelatih kembali memiliki kesempatan untuk mempersembahkan gelar bagi negaranya. Prancis telah sampai di babak semi final dan akan menghadapi Belgia.

Imam Rosidin Photo Verified Writer Imam Rosidin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya