Tegas! Wasit Jerman Vs Meksiko Pernah Pimpin Liga Indonesia

#WorldCup2018 Ia memang wasit terbaik Asia

Secara mengejutkan, juara bertahan Jerman harus tumbang 0-1 dari Meksiko di laga pertama Grup F, Minggu (17/6/2018) malam. Laga tersebut disebut menjadi yang terbaik sejauh ini di Piala Dunia 2018.

Hal tersebut tak lepas dari ketegasan wasit asal Iran, Alireza Faghani. Berikut profil singkat sang pengadil lapangan.

 1. Pernah pimpin Liga Indonesia

Tegas! Wasit Jerman Vs Meksiko Pernah Pimpin Liga IndonesiaLiga Indonesia

Alireza Faghani ternyata pernah memimpin pertandingan Liga 1 Indonesia musim lalu. Pria berusia 40 tahun tersebut memimpin sebanyak enam pertandingan. 

Pertandingan pertama yang ia pimpin adalah saat Persib Bandung ditahan imbang 1-1 oleh Bhayangkara FC. Berikut data lengkapnya:

- Persija vs PS TNI

- Persib 0-0 Madura United

- Persija 2-0 Semen Padang

- Barito Putera 1-1 Bali United

- Persipura 3-1 Arema FC.

2. Awal karier

Tegas! Wasit Jerman Vs Meksiko Pernah Pimpin Liga IndonesiaTeammeli

Alireza Faghani lahir di Kashmar, Iran, 40 tahun silam. Kemampuannya memimpin sebuah pertandingan sepak bola diturunkan dari sang ayah yang juga seorang pengadil lapangan. Faghani telah menjadi wasit Liga Pro Iran selama tujuh musim. Ia mulai memimpin laga Internasional sejak 2008 silam.

Sebelum menjadi wasit, Faghani juga pernah menjadi pemain sepakbola di Liga Iran. Di awal kariernya ia memperkuat Bank Melli. Di level profesional, Faghani pernah memperkuat tim kasta ketiga Liga Iran, Niroye Zamini.

 3. Termasuk wasit terbaik Asia

Tegas! Wasit Jerman Vs Meksiko Pernah Pimpin Liga IndonesiaThe Sun

Dikutip dari The Suns, Faghani pernah terpilih sebagai wasit terbaik Asia pada 2016 lalu. Di negaranya, ia juga terpilih sebanyak dua kali (2014 dan 2017) sebagai wasit terbaik.

Sebelum memimpin Piala Dunia, Faghani telah memimpin sejumlah pertandingan besar lainnya.

Tercatat, ia pernah menjadi pengadil final Liga Champions Asia 2014, final Piala Dunia antarklub 2015, final Piala Asia 2015, dan final Olimpiade cabang sepak bola 2016.

Imam Rosidin Photo Verified Writer Imam Rosidin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya