Sudah Berkepala Tiga, Ronaldo Dilarang Pensiun dari Timnas

#WorldCup2018 Ronaldo dianggap punya leadership yang bagus

Cristiano Ronaldo harus mengubur impiannya untuk membawa Portugal menjuarai Piala Dunia 2018. Seleccao das Quinas tersingkir setelah ditumbangkan Uruguay dengan skor 1-2 di babak 16 besar, Minggu (7/1) dini hari WIB. 

Padahal, tahun ini adalah kesempatan terbesar Ronaldo mengingat usianya yang telah mencapai 33 tahun. Di Piala Dunia berikutnya, usia pemain Real Madrid ini akan menginjak 37 tahun. Pada usia tersebut, seorang pemain biasanya penampilannya akan menurun drastis.

1. Ronaldo tak boleh pensiun dari timnas

Sudah Berkepala Tiga, Ronaldo Dilarang Pensiun dari TimnasFIFA

Meski tak lagi muda, ternyata Ronaldo diharapkan terus bermain untuk Portugal. Alasannya adalah untuk membimbing dan mempengaruhi para pemain muda lainnya. Hal ini disampaikan oleh pelatih Portugal, Fernando Santos, usai timnya tersingkir di babak 16 besar.

"Tentu saja kami berharap Cristiano akan bersama kami untuk membantu para pemain-pemain muda ini tumbuh. Penting untuk memiliki kehadiran seorang kapten yang akan selalu ada untuk kita," kata Santos dikutip dari FIFA.com.

Pada Piala Dunia kali ini, Ronaldo tampil cukup baik. Dalam tiga laga babak penyisihan, ia telah menyumbangkan empat gol. Sayangnya saat melawan Uruguay, eks pemain Manchester United ini gagal mempersembahkan gol untuk negaranya.

2. Portugal bukan Ronaldo FC

Sudah Berkepala Tiga, Ronaldo Dilarang Pensiun dari TimnasFIFA

Pada laga 16 besar tersebut, Portugal gagal menciptakan gol karena Ronaldo mampu dimatikan para pemain belakang Uruguay. Hal tersbut membuat banyak pengamat mengatakan bahwa Portugal terlalu bergantung pada sosok bintangnya. 

Menanggapi hal tersebut, Santos langsung membantahnya. Menurutnya, semua pemain di Portugal memliki peran yang sama pentingnya. “Saya bilang tidak ada tim yang bisa menang sendiri. Saya tidak pernah mengatakan Ronaldo ingin bermain individual. Dia melakukan apa yang dia lakukan. Kami tidak menang karena Uruguay mencetak gol lebih banyak dari kami," katanya.

Seperti diketahui, dalam Piala Dunia kali ini Portugal menciptakan enam gol. Dari enam gol tersebut, empat golnya disumbangkan oleh Ronaldo. Itu artinya, Ronaldo memang memiliki peran yang vital bagi negaranya. Pemain-pemain lainnya seperti Ricardo Quaresma dan Andre Silva seperti tak mampu mengimbangi permainan sang bintang.

3. Masa depannya di Real Madrid

Sudah Berkepala Tiga, Ronaldo Dilarang Pensiun dari TimnasFIFA

Usai Piala Dunia, kabaranya Ronaldo akan meninggalkan Real Madrid yang dibelanya sejak 2009 silam. Meski sudah berkepala tiga, pemain kelahiran Madeira ini masih menjadi incaran klub-klub besar Eropa. Kontraknya bersama Madrid masih berjalan hingga 2021.

Dilansir dari Marca, Paris Saint-Germain, Manchhester United, Manchester City, Arsenal, dan Chelsea disebut sebagai klub yang berniat menampung Ronaldo. Bahkan, United diklaim telah mengajukan penawaran. Adapun untuk biaya yang harus dikeluarkan untuk meminang Ronaldo diperkirakan sebesar 105 juta pouns atau sekitar Rp 1,9 triliun. 

Imam Rosidin Photo Verified Writer Imam Rosidin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya