Tiga Alasan yang Membuat Prancis Kalahkan Uruguay

#WorldCup2018 Uruguay tampil pincang

Timnas Prancis baru saja memulangkan Uruguay dari Piala Dunia 2018, Jumat (6/7) malam WIB. Tim berjuluk Les Bleus tersebut unggul dengan skor 2-0 melalui gol yang disumbangkan oleh Raphael Varane dan Antoine Griezmann. 

Ada tiga kunci mengapa Prancis mampu mengatasi perlawanan Uruguay yang sebelumnya dikenal dengan pertahanannya yang kuat.

1. Uruguay tak diperkuat salah satu bintangnya

Tiga Alasan yang Membuat Prancis Kalahkan UruguayTwitter.com/Indyfootball

Dalam laga melawan Prancis, Uruguay tampil pincang karena tidak diperkuat salah satu bintang andalannya, Edinson Cavani. Sang pemain dibangkucadangkan karena mengalami cedera yang didapatnya pada pertandingan melawan Portugal.

Ketidakhadiran Cavani sangat berpengaruh pada penampilan lini depan Uruguay. Mereka kurang efektif dalam memanfaatkan setiap peluang yang didapat. Dikutip dari FIFA, La Celeste total melepaskan 10 tembakan, dan hanya empat yang mengarah ke gawang. 

Tak hanya itu, absennya Cavani membuat Luis Suarez seperti bekerja sendirian untuk membongkar pertahanan Prancis. Sedangkan Cristhian Stuani yang menggantikan Cavani tidak tampil maksimal.

Seperti kita tahu, Cavani dalam Piala Dunia kali ini menjadi salah satu sumber gol Uruguay. Eks pemain Napoli tersebut menyumbangkan tiga gol dalam empat laga terakhir.

2. Lini belakang Uruguay terlalu fokus pada Mbappe

Tiga Alasan yang Membuat Prancis Kalahkan Uruguayfifa.com

Dalam konferensi pers sebelum laga, pihak Uruguay berkali-kali mengatakan akan mengetatkan penjagaan pada penyerang Kylian Mbappe. Hal tersebut dikarenakan Mbappe tampil mengesankan di laga sebelumnya. Di babak 16 besar, pemain berusia 19 tahun ini mampu membuat pertahanan Argentina kocar-kacir.

Akibat terlalu memperhatikan Mbappe, membuat penjagaan terhadap Griezmann lebih kendor. Penyerang berusia 26 tahun ini bisa bebas bergerak di lini pertahanan Uruguay. Terbukti dalam laga tersebut ia mampu menciptakan satu gol dan satu assist. Berkat penampilan apiknya, Griezmann bahkan terpilih sebagai man of the match. 

3. Blunder fatal Muslera

Tiga Alasan yang Membuat Prancis Kalahkan Uruguayfifa.com

Berbeda dengan penampilan-penampilan sebelumnya, kiper Uruguay, Fernando Muslera tampil kurang maksimal dalam laga malam tadi. Dikutip dari FIFA, Prancis hanya melepaskan dua tembakan ke arah gawang dan semuanya berujung menjadi gol.

Kesalahan paling fatal Muslera terjadi pada menit ke-66. Saat itu, ia gagal menangkap tendangan Griezmann dengan sempurna. Padahal, saat itu Uruguay sedang dalam keadaan tertinggal. Akibatnya, gol tersebut meruntuhkan mental pemain Uruguay lainnya. Sedangkan, Prancis semakin di atas angin dalam menggempur pertahanan Uruguay.

Imam Rosidin Photo Verified Writer Imam Rosidin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya