Buntut Kerumunan HI, Polda Panggil Ketua Jakmania dan Presiden Persija

Klarifikasi keduanya dibutuhkan mencari parovokator konvoi

Jakarta, IDN Times - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, mengatakan pihaknya telah melayangkan surat panggilan kepada Ketua Jakmania, Dicky Soemarno, dan Presiden Persija Jakarta, Muhammad Prapanca, untuk diperiksa terkait kerumunan yang terjadi di Bundaran Hotel Indonesia, Senin dini hari (26/4/2021).

"Rencananya, kami akan memanggil mereka Rabu besok. Ketua Jakmania akan kami panggil, dijadwalkan besok hadir. Kemudian, Presiden Persija juga kami undang untuk klarifikasi. Keduanya kami jadwalkan besok pagi untuk bisa hadir ke Krimum Polda Metro Jaya," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Selasa (27/4/2021).

Baca Juga: Kerumunan Bundaran HI, 65 Oknum Jakmania Diamankan Polda Metro Jaya

1. Penyidik mendalami asal-usul terjadinya konvoi

Buntut Kerumunan HI, Polda Panggil Ketua Jakmania dan Presiden PersijaSuporter Persija menyalakan flare saat merayakan kemenangan Persija Jakarta pada laga final Piala Menpora 2021 di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (26/4/2021). (ANTARA FOTO/Ahmad Tri Hawaari)

Pemanggilan ini bertujuan untuk mendalami asal-usul konvoi di Bundaran HI. Sebab, konvoi yang menyebabkan kerumunan itu melanggar protokol kesehatan.

"Tim penyidik berusaha mencari tahu, apakah memang ini terorganisir untuk kumpul, karena sudah melanggar protokol kesehatan," kata Yusri.

"Mudah-mudahan, dari sini bisa berkembang sampai kepada siapa aktor yang menyuruh, untuk mengumpulkan massa ke sana (Bundaran HI) dengan mengundang melalui media sosial. Masih kami dalami dari tim penyidik Krimsus Polda Metro Jaya," lanjutnya.

2. Polda lakukan pengejaran terhadap akun yang mengajak konvoi

Buntut Kerumunan HI, Polda Panggil Ketua Jakmania dan Presiden PersijaLogo Twitter (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Selain memeriksa Dicky dan Prapanca , polisi virtual juga telah melakukan patroli dunia maya. Beberapa akun telah terpantau menjadi provokator terjadinya konvoi.

"Beberapa akun akan kami lakukan pengejaran, yang memang pada saat itu apakah ada indikasi mereka mengajak massa lainnya. Ini sedang didalami teman-teman Krimsus Polda Metro Jaya," kata Yusri.

3. Wagub DKI menyayangkan aksi konvoi Jakmania

Buntut Kerumunan HI, Polda Panggil Ketua Jakmania dan Presiden PersijaRiza Patria (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Sementara, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengharapkan konvoi Jakmania di Bundaran HI tidak menimbulkan klaster COVID-19. Dia juga mengaku sangat menyayangkan adanya euforia tanpa penerapan protokol kesehatan.

"Kami tentu sangat prihatin, mudah-mudahan kegiatan ini tidak menimbulkan klaster baru, dan ke depan tidak diulangi lagi," kata Riza di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (27/4/2021).

Lanjut dia, nantinya sejumlah pihak akan melakukan evaluasi terkait peristiwa tersebut. Yakni mulai dari internal Persija hingga para suporter atau The Jakmania.

"Dari kami, lakukan evaluasi, kenapa bisa terjadi, siapa yang memobilisasi apa dampaknya dan sebagainya," ujar dia.

Baca Juga: Aksi Bandel Jakmania dan Perusakan Graha Persib Pengaruhi Nasib Liga 1

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya