10 Pesepakbola Terbaik di Tahun 2018 Pilihan IDN Times (Bagian 2)

Ini daftar teratas pesepakbola terbaik 2018 pilihan kami

Jakarta, IDN Times - Setelah beberapa hari lalu merilis 5 nama pertama dari 10 pesepak bola terbaik di 2018 pilihan IDN Times, kini, tepat di malam tahun baru, kami akan merilis 5 nama terakhir yang menjadi pesepakbola terbaik 2018 pilihan IDN Times. Jika sebelumnya kami merilis daftar dari peringkat 10-6, kini kami akan merilis dari peringkat 5-1.

Siapa saja mereka?

NB: Khusus untuk peringkat 5 sampai peringkat 1, kami benar-benar tidak akan terlalu berfokus pada catatan gol belaka, tapi melihat kontribusi mereka dalam permainan tim.

5. Antoine Griezmann (Atletico Madrid)

10 Pesepakbola Terbaik di Tahun 2018 Pilihan IDN Times (Bagian 2)Twitter.com/Atleti

Salah satu kepingan penting bagi klub dan negaranya. Rasa-rasanya, tidak banyak penyerang dengan fluiditas yang baik seperti Griezmann. Ia bisa jadi penyerang all-rounder. Ada di mana-mana, berkontribusi sebagai lini pertama saat bertahan dan melakukan pressing, serta mampu memecah blok pertahanan lawan baik dengan umpan, lari, atau pergerakan tanpa bolanya.

Seakan melengkapi tahun 2018 yang sempurna, ia memenangi Liga Europa, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia 2018. Tahun yang agaknya sulit dilupakan oleh eks pemain Real Sociedad ini, apalagi, setelah saga transfernya ke Barcelona batal.

Baca Juga: 6 Kisah Menarik Luka Modric, Sang Peraih Ballon d'Or 2018

4. Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain)

10 Pesepakbola Terbaik di Tahun 2018 Pilihan IDN Times (Bagian 2)Twitter/@KMbappe

Kopa Trophy, Pemain Terbaik Prancis 2018 pilihan France Football, serta trofi Piala Dunia 2018. Tidak ada pemain muda seperti Mbappe di 2018 yang tak hanya tampil prima lewat gelontoran gol dan asisnya, tapi juga menghiasi tahun 2018 ini dengan deretan trofi mayor yang bergengsi.

Trofi individualnya banyak, pun, ia juga sudah cetak 4 gol di Piala Dunia pada usia belum genap 20 tahun! Kylian Mbappe akan menjadi fenomena, setidaknya, dalam 10 tahun mendatang. Dalam diri Kylian Mbappe, kita tidak akan bertemu perdebatan membosankan tentang Lionel Messi-Cristiano Ronaldo yang tak pernah menangi gelar juara dunia bersama negaranya.

3. Cristiano Ronaldo (Juventus)

10 Pesepakbola Terbaik di Tahun 2018 Pilihan IDN Times (Bagian 2)twitter.com/juventusfcen

Ya, di usia yang akan menginjak 34 tahun pada tahun depan, kapten timnas Portugal ini masih tak berhenti tampil prima. Dalam dirinya, kita tidak melihat seorang pemain veteran yang sudah berkepala tiga. Ia selalu prima, fokus, dan tajam. Kasus dugaan pemerkosaan yang menimpanya juga tak menyurutkan performanya di atas lapangan.

Selain hat-trick Liga Champions, Ronaldo menutup 2018 dengan hijrah ke Italia bersama Juventus. Sekarang, ia tengah memimpin daftar top skor Serie A di musim perdananya di Negeri Pizza. Sudah, tak perlu dibandingkan dengan Messi, sebab Ronaldo, dengan segala kurang dan lebihnya, punya kualitas megabintang yang luar biasa.

2. Luka Modric (Real Madrid)

10 Pesepakbola Terbaik di Tahun 2018 Pilihan IDN Times (Bagian 2)Twitter/@lukamodric10

Pemenang FIFA The Best sebagai Pesepakbola Pria Terbaik, sekaligus merengkuh gelar Ballon d'Or yang merusak hegemoni Messi-Ronaldo. Pria asal Kroasia ini adalah kapten Vatreni yang bawa Kroasia lolos ke final Piala Dunia 2018. Itu capaian fenomenal yang tak sembarangan.

Lolos ke final, kendati kalah, sudah menunjukkan bahwa Modric adalah nyawa, pemimpin, sekaligus sosok tak tergantikan di timnas. Di level klub, ia sendiri sudah banjir banyak gelar bersama Real Madrid. Untuk pertama kalinya, 2018 memberikan pengakuan tertinggi bagi pemain dengan kualitas genius seperti Modric, hal yang tak sempat dicicipi Andres Iniesta hingga Wesley Sneijder.

1. Lionel Messi (FC Barcelona)

10 Pesepakbola Terbaik di Tahun 2018 Pilihan IDN Times (Bagian 2)bbc.co.uk

Ya, mau bagaimana lagi, apa bisa kita menepikan pemain yang satu ini? Saya akan meminjam kutipan jurnalis pemerhati LaLiga, Sid Lowe, tentang Messi. "Di 2018, kebosanan semu tentang dominasi Messi (dan Ronaldo) di Ballon d'Or, membuat orang lupa bahwa ia (Messi) masih yang terbaik di dunia," tulis Lowe di kolomnya untuk Guardian.

Sebosan-bosannya Anda dengan Messi, tidak bisa ditepikan bahwa Messi adalah salah satu hal terbaik yang pernah terjadi di sepakbola dalam satu dekade terakhir. Ia genius, beberapa orang memanggilnya 'alien', dan bagi dunia sepakbola secara umum, ia adalah berkah.

Modric boleh mendominasi penghargaan individu di 2018, tapi bagi kami di IDN Times Sport, Lionel Messi masih The Special One.

Baca Juga: 10 Pesepakbola Terbaik di Tahun 2018 Pilihan IDN Times (Bagian 1)

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya