3 Alasan Kuat Muangthong United Inginkan Febri Hariyadi

Bintang-bintang ASEAN mulai dapat tempat di Thai League 1

Jakarta, IDN Times - Rumor transfer yang menyelimuti Febri Hariyadi terus berembus pekan ini. Setelah Muangthong United dikabarkan berminat mendatangkan Febri, nama sang pemain jadi penghias headline di berbagai media Tanah Air. Terkait hal itu, IDN Times coba menghubungi kolega di Thailand terkait kabar transfer salah satu andalan Timnas Indonesia ini.

1. Kuota ASEAN jadi pemicu ketertarikan klub Thailand pada talenta Asia Tenggara

3 Alasan Kuat Muangthong United Inginkan Febri HariyadiPemain Timnas Indonesia, Febri Haryadi. (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

Sejak diberlakukannya kuota pemain asing khusus untuk Asia Tenggara, klub-klub Thai League 1 memang mulai berburu bakat terbaik ASEAN. Muangthong misalnya, sudah memiliki Dhang Van Lam dari Vietnam dan Daisuke Sato dari Filipina. Selain itu, nama legenda Malaysia, Norshahrul Idlan Talaha, juga akan menghiasi Thai League 1 2020 setelah ia resmi bergabung bersama BG Pathum United.

"Sejak ditetapkan kuota pemain asing khusus ASEAN, klub Thailand memang gemar berburu nama-nama pemain bintang di Asia Tenggara. Kita sudah melihat kedatangan nama seperti Aung Thu, Dhang Van Lam, sampai Norshahrul. Musim ini saja, ada 23 pemain asing ASEAN di Thai League 1," ujar Jedsada Chanapinijwong, jurnalis Goal Thailand, saat dihubungi IDN Times, Senin (1/6) sore ini.

Sekadar info untuk pembaca, di Thai League 1, kuota pemain asing memang punya spesifikasi khusus. Setiap tim bisa mendaftarkan total 7 pemain asing dengan rincian 3 pemain asing non-Asia, 1 pemain asing Asia, dan 3 pemain asing dari ASEAN.

Baca Juga: Mengenal BG Pathum United, Kolektor Bintang di Thai League 1 2020

2. Muangthong butuh pemain bintang baru untuk mengisi kehilangan besar

3 Alasan Kuat Muangthong United Inginkan Febri HariyadiPemain anyar, BG Pathum United, Sarach Yooyen. (bgputd.com).

Terkait ketertarikan Muangthong dengan Febri sendiri, Jedsada menyebut bahwa mantan jawara Thai League 1 ini butuh menambal lubang di skuatnya yang tereduksi sangat masif. Salah satunya, kepergian Sarach Yooyen ke BG Pathum United jadi pemicu geliat transfer ini.

"Muangthong butuh membeli pemain bintang untuk menambal kepergian Sarach (Yooyen) ke BG Pathum. Manajemen tahu betul bahwa kehilangan pemain sekaliber Sarach butuh digantikan dengan pemain bintang yang siap jadi sosok kunci di klub," jelas Jed.

3. Pesona pemain Indonesia bagi Liga Thailand

3 Alasan Kuat Muangthong United Inginkan Febri Hariyadiinstagram.com/febrihariyadi13

Ketertarikan Muangthong United pada Febri Hariyadi juga dianggap sebagai pembuka jalan untuk menarik atensi suporter Indonesia agar mengikuti meriahnya Thai League 1. Sebelumnya, beberapa nama pemain Indonesia memang sempat meramaikan Liga Thailand seperti Ryuji Utomo, Irfan Bachdim, Sergio van Dijk, hingga bek Timnas Indonesia, Yanto Basna.

Khusus Febri sendiri, profilnya sebagai bintang tim nasional dan idola Bobotoh di Persib, menjadi magnet yang menggiurkan bagi Muangthong.

"Pemain asing dari ASEAN punya daya tarik besar di Thai League 1. Gaji yang mereka minta lebih kecil dari pemain asing non-ASEAN, plus mereka bisa menarik suporter untuk mengikuti klub di Thailand. Apalagi di Indonesia, yang mana klub Thailand melihat pasar di sana sebagai sebuah kesempatan emas yang menarik," kata Jed mengulas potensi transfer Febri.

Menurut laman Transfermarkt sendiri, Febri dibanderol seharga 325 ribu euro atau setara Rp5,2 miliar. Dengan asumsi ia masih memiliki sisa kontrak bersama Persib, Muangthong perlu merogoh kocek cukup dalam untuk mendatangkan pemain yang akrab disapa Bow ini.

Baca Juga: Muangthong dan Persib Ada di Tahap Negosiasi soal Febri Hariyadi?

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya