3 Statistik yang Membuat Schalke Mustahil Kalahkan Manchester City

Schalke dibebani rekor buruk mereka di kompetisi Eropa

Jakarta, IDN Times - Undian babak 16 besar Liga Champions Eropa yang diterima Manchester City memang dinilai banyak pihak sangat menguntungkan. Lolos dari Grup F sebagai juara grup, skuat asuhan Pep Guardiola kemudian 'hanya' mendapatkan tantangan dari Schalke, runner up Grup D, grup yang dijuarai oleh juara tahun 2004 lalu, FC Porto.

Berikut tiga catatan statistik yang membuat sedikit mustahil bagi Schalke bisa mengejutkan Manchester City di fase gugur ini.

1. City punya catatan superior atas tim Jerman

3 Statistik yang Membuat Schalke Mustahil Kalahkan Manchester Cityi.eurosport.com

Sejak kalah 0-1 dari Bayern Munich pada September 2014 lalu, Manchester City belum pernah tersentuh kekalahan atas wakil dari Jerman sampai sekarang. Uniknya, kekalahan terakhir City atas tim Jerman diterima atas Bayern yang diasuh oleh Pep Guardiola, yang notabene adalah manajer City saat ini. Dari 7 pertemuan terakhir melawan wakil Bundesliga, juara bertahan Premier League ini menang 6 kali dan imbang 1 kali sejak September 2014.

Baca Juga: Gagal Dapatkan Pengganti Fernandinho, Man City Incar Bintang Atletico

2. Schalke tak akrab dengan fase gugur

3 Statistik yang Membuat Schalke Mustahil Kalahkan Manchester Cityeurosport.de

Lolos ke babak 16 besar sebenarnya bukan hal asing bagi Schalke. Namun, skuat asuhan Domenico Tedesco ini punya rekam jejak yang tak cukup bagus di beberapa musim terakhir. Sejak terakhir mampu lolos dari babak 16 besar pada musim 2010/2011, Schalke selalu kalah dalam tiga kali upaya menjejakkan kaki ke fase 16 besar. Terakhir di musim 2010/2011, Schalke mampu lolos dari babak 16 besar bahkan menembus fase semifinal.

3. Performa Schalke musim ini jeblok

3 Statistik yang Membuat Schalke Mustahil Kalahkan Manchester CityTwitter/@s04

Setelah secara luar biasa finis sebagai runner up Bundesliga pada musim 2017/2018, Schalke justru tampil antiklimaks di musim ini. Praktis, mereka sebenarnya hanya kehilangan Naldo, Thilo Kehrer, dan Max Meyer, tiga nama yang cukup sering menjadi andalan di skuat Tedesco musim lalu.

Namun, di musim ini, Schalke juga melakukan beberapa transfer yang cukup oke dengan mendatangkan Mark Uth, Sebastian Rudy, hingga bek tangguh dari Hannover, Salif Sane. Namun, Tedesco tak kuasa mengangkat performa timnya di Bundesliga musim ini. Dari 22 pekan Bundesliga berjalan, rival sekota Borussia Dortmund ini tercecer di peringkat 14, hanya tiga tingkat di atas zona degradasi dan unggul 8 angka saja dari Hannover di peringkat 17.

Baca Juga: Fabio Capello Yakin Manchester City Juara Liga Champions

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya