Comscore Tracker

5 Fakta dari Pemuda 90 Juta Euro Milik Barcelona, Frenkie de Jong

Pemain muda Belanda ini resmi teken kontrak dengan Barca

Jakarta, IDN Times - Transfer yang dinantikan banyak pihak itu akhirnya terealisasi juga. Sudah sejak 2018, nama Frenkie de Jong, wonderkid milik Ajax Amsterdam, menjadi buah bibir. Sebagai gelandang muda yang baru cicipi tim utama pada musim 2017/2018, ia langsung mencuri perhatian.

Per Kamis (24/1) dini hari, akhirnya, pemuda harapan Belanda ini resmi berlabuh di Barcelona. Klub Catalonia ini disebut-sebut sebagai destinasi ideal bagi de Jong, maka dari itu, perpindahan sang pemain ke Barcelona disebut sebagai sesuatu yang sudah dinantikan.

De Jong sendiri berlabuh dengan biaya transfer senilai 75 juta euro, berikut bonus tambahan senilai 11 juta euro yang akan dibayarkan ke Ajax jika de Jong mampu tampil prima bersama klub barunya tersebut. Diikat kontrak sampai 2024, de Jong sendiri baru akan bergabung bersama Barcelona per 1 Juli 2019 nanti.

Penasaran tidak dengan bocah berusia 21 tahun yang memaksa Barcelona keluarkan uang hampir 90 juta euro? Berikut 5 fakta de Jong yang dirangkum oleh IDN Times Sport.

1. Memulai karier di Willem Tilburg

5 Fakta dari Pemuda 90 Juta Euro Milik Barcelona, Frenkie de Jongskysports.com

De Jong lahir di Arkel, desa kecil di selatan Belanda. Desa kecil ini sendiri hanya dihuni sekira 3.000-an penduduk. Lahir di Arkel, de Jong muda kemudian merintis karier sepakbola bersama klub Eredivisie, Willem Tilburg. Klub yang juga pernah diperkuat Jaap Stam ini menjadi klub profesional pertama, sekaligus yang mengantar de Jong menuju klub papan atas Belanda, Ajax Amsterdam.

Baca Juga: Di Negara Mana Frenkie de Jong akan Berlabuh?

2. Ajax merekrut de Jong pada Agustus 2015 dengan biaya hanya 300 ribu euro

5 Fakta dari Pemuda 90 Juta Euro Milik Barcelona, Frenkie de JongTwitter/@Rebentapexines

Tampil menawan bersama tim senior Willem, bakat sensasional de Jong langsung mengundang minat Ajax. Tanpa basa-basi, manajemen Ajax memutuskan merekrut de Jong dengan banderol hanya berkisar di angka 300 ribu euro pada 22 Agustus 2015. Namun, ia tak langsung bergabung bersama Ajax melainkan harus dipinjamkan kembali ke Willem selama semusim untuk dapat menit bermain.

Resmi bergabung bersama Ajax per 1 Juli 2016, ia langsung 'dititipkan' dahulu di Jong Ajax yang berkompetisi di Jupiler League, divisi dua Belanda. Hanya satu musim tampil cemerlang bersama tim muda Ajax, bakat meraih penghargaan Jupiler League Talent of the Season, de Jong kemudian dinaikkan ke tim utama dan mencicipi pula final Liga Europa pada musim 2016/2017 saat melawan Manchester United.

3. Debut bersama timnas Belanda pada 6 September 2018

5 Fakta dari Pemuda 90 Juta Euro Milik Barcelona, Frenkie de Jongskysports.com

Talentanya yang bersinar terang di Ajax memukau mata Ronald Koeman, pelatih timnas Belanda. Pada 6 September, ia membuat debut di tim senior Belanda pada laga persahabatan melawan Peru yang berujung kemenangan bagi Negeri Kincir Angin dengan skor 2-1. Setelahnya, de Jong tetap menjadi andalan Belanda di UEFA Nations League dan membawa Belanda lolos ke semifinal setelah menyingkirkan Prancis dan Jerman di fase grup. Total, de Jong sudah kantongi 5 caps bersama timnas senior Belanda.

4. Bergabung ke deretan pemain Belanda yang pernah bermain bagi Barcelona

5 Fakta dari Pemuda 90 Juta Euro Milik Barcelona, Frenkie de JongTwitter/@jmbartomeu

Barcelona sendiri memang sangat erat dengan pemain-pemain legendaris dari negeri Belanda. Selain sang ikon, Johan Cruyff, Barcelona juga familiar dengan nama-nama talenta hebat dari Negeri Kincir Angin tersebut. Tercatat, ada deretan nama-nama legendaris seperti Frank de Boer, Ronald Koeman, Edgar Davids, Michael Reiziger, Patrick Kluivert, Mark van Bommel, Marc Overmars, Giovanni van Bronckhorst, hingga Johan Neeskens.

5. De Jong adalah pemain Belanda termahal sepanjang sejarah

5 Fakta dari Pemuda 90 Juta Euro Milik Barcelona, Frenkie de Jongtwitter.com/LFC

Ya, transfernya ke Barcelona yang dikabarkan menyentuh angka 90 juta euro membuat Frenkie de Jong jadi pemain Belanda termahal sepanjang sejarah. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh bek Liverpool, Virgil van Dijk, yang ditebus The Reds seharga 84,4 juta euro dari Southampton. 

Baca Juga: Resmi! Frenkie De Jong Akhirnya Berlabuh ke Barcelona

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya