6 Wonderkid Bayern Munich yang Siap Meledak!

Diam-diam, Bayern punya banyak pemain muda berkualitas!

Jakarta, IDN Times - Bayern Munich baru saja menggebrak pekan perdana Bundesliga musim 2020/2021 dengan fantastis. Mengawali musim dengan menjamu Schalke, Die Roten sukses menang besar dengan skor mencolok, 8-0.

Di laga itu sendiri, pelatih mereka, Hansi Flick, memainkan beberapa pemain muda berusia U-20 di seperempat akhir laga. Salah dua di antaranya adalah bek asal Amerika Serikat, Chris Richards, dan gelandang muda asal Inggris, Jamal Musiala.

Nama terakhir kemudian sukses mencatatkan diri di buku rekor klub setelah satu golnya menggenapkan kemenangan Bayern jadi 8 gol sekaligus membuatnya jadi pencetak gol termuda Bayern sepanjang sejarah di ajang Bundesliga.

Dan selain Richards serta Musiala, berikut deretan wonderkid Bayern Munich yang menanti waktu untuk meledak!

1. Alphonso Davies

6 Wonderkid Bayern Munich yang Siap Meledak!Alphonso Davies mencoba melewati Jason Denayer pada laga semifinal Liga Champions, Kamis (20/8/2020) dini hari. Twitter/@alphonsodavies

Di posisi teratas tentu ada nama wonderkid asal Kanada, Alphonso Davies. Bintang muda berusia 19 tahun ini dibeli Bayern Munich dari Vancouver Whitecaps pada Januari 2019 dan sejak saat itu kariernya terus melesat.

Musim lalu bisa dibilang jadi momentum meroketnya performa Davies bersama Die Roten. Awalnya dikenal sebagai winger eksplosif, ia dikonversi menjadi bek kiri dan menjelma jadi salah satu bek kiri muda terbaik dunia saat ini. Bahkan, potensi besarnya di pos bek kiri membuat David Alaba harus rela bergeser jadi bek tengah!

Baca Juga: Alphonso Davies, dari Kamp Pengungsi Kini ke Final Liga Champions

2. Tanguy Kouassi

6 Wonderkid Bayern Munich yang Siap Meledak!Tanguy Kouassi kala membela Paris Saint-Germain pada laga melawan Amiens, 15 Februari 2020. Dave Winter/Icon Sport

Dengan menuanya usia Jerome Boateng, Bayern Munich bergerak cepat dengan merekrut salah satu bek muda terbaik dari Prancis, Tanguy Kouassi. Kontraknya habis bersama Paris Saint-Germain (PSG), Bayern bergerak cepat mengamankan tanda tangan bek muda berusia 18 tahun tersebut.

Memang, Kouassi masih belum mencicipi debut karena masih dibekap cedera. Namun, potensi besar bek setinggi 187 sentimeter ini tak bisa diabaikan. Apalagi, ia datang dengan reputasi mentereng bersama PSG di Ligue 1 dan di timnas junior Prancis.

3. Chris Richards

6 Wonderkid Bayern Munich yang Siap Meledak!Chris Richards, bek muda Bayern Munich asal Amerika Serikat. Twitter/@roro89f

Pemuda bernama lengkap Christopher Jeffrey Richards ini mencicipi debut di tim utama Bayern pada laga lawan Schalke dini hari tadi. Sebelumnya, ia jadi salah satu bek andalan di tim Bayern Munich II. Namun, Hansi Flick memutuskan untuk mempromosikan sang bek muda berusia 20 tahun ini ke tim utama untuk regenerasi.

Bundesliga sendiri dikenal ramah bagi pemain muda asal Amerika Serikat. Selain Christian Pulisic dan Weston McKennie, ada pula nama Josh Sargent hingga Giovanni Reyna yang kini masih bercokol di Bundesliga. Bila konsisten tampil apik dan mampu memikat Hansi Flick, musim 2020/2021 bisa jadi breakthrough bagi Richards di Allianz Arena.

Baca Juga: Di Balik Kemenangan 8-0 Bayern

4. Jamal Musiala

6 Wonderkid Bayern Munich yang Siap Meledak!Jamal Musiala merayakan golnya bersama Robert Lewandowski. Twitter/@FCBayernEN

Nama Jamal Musiala adalah yang termuda dibanding 6 nama lain di daftar ini. Baru berusia 17 tahun, pemain berpaspor Inggris-Jerman ini diprediksi akan jadi bintang baru yang diorbitkan Die Roten. Pasalnya, ia sudah mencuri sorotan publik di laga debutnya dan memecahkan rekor.

Dengan kepergian Philippe Coutinho yang balik ke Barcelona dan Thiago Alcantara yang hengkang ke Liverpool, besar peluang Musiala untuk dapatkan menit bermain yang banyak di lini tengah Bayern Munich musim ini. Apalagi, ia punya talenta dan sudah dipromosikan Hansi Flick ke tim utama.

5. Joshua Zirkzee

6 Wonderkid Bayern Munich yang Siap Meledak!Joshua Zirkzee berlatih bersama Bayern Munich. Twitter/@JoshuaZirkzee

Joshua Zirkzee diboyong oleh Bayern Munich dari akademi Feyenoord pada Agustus 2017 lalu, saat usianya masih 16 tahun. Kini sudah berusia 19 tahun, penyerang jangkung asal Belanda ini sudah beberapa kali mencicipi menit bermain bersama Bayern di Bundesliga.

Musim lalu, Zirkzee yang punya darah Nigeria ini bermain 9 kali sebagai deputi Robert Lewandowski dan sukses mencetak 4 gol dan 1 asis. Dengan jadwal kompetisi padat yang diikuti Bayern musim ini, Zirkzee bisa jadi supersub yang potensial meroketkan kariernya.

6. Jann-Fiete Arp

6 Wonderkid Bayern Munich yang Siap Meledak!Jann-Fiete Arp saat jalani latihan bersama Bayern Munich. Twitter/@jannfietearp

Nama Jann-Fiete Arp relatif ada di bawah radar kebanyakan orang. Wajar saja, karena sejak didatangkan Bayern Munich dari Hamburg, penyerang muda ini memang langsung difokuskan untuk main bersama Bayern Munich II, tim lapis kedua Die Roten.

Reputasi striker berusia 20 tahun ini pun tak sepele. Di Timnas U-17 Jerman, ia punya reputasi mentereng karena mampu mencetak 18 gol dari 19 laga bersama tim junior itu. Meski namanya berada di urutan ketiga daftar striker Bayern setelah Lewandowski dan Zirkzee, Jann-Fiete Arp bisa mengejutkan nantinya ketika diberi kesempatan mentas bersama tim senior Bayern Munich.

Baca Juga: Jamal Musiala, Bocah Pemecah Rekor Bayern Munich

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya