Comscore Tracker

Ajax Singkirkan Juventus dari Liga Champions dengan Sempurna

Ajax lolos ke semifinal pertama mereka setelah 22 tahun

Jakarta, IDN Times - Tim asal Belanda, Ajax Amsterdam, membuktikan bahwa kemenangan gemilang mereka atas Real Madrid di babak 16 besar bukan keajaiban sesaat. Bertandang ke markas Juventus di leg kedua babak perempat final Liga Champions 2018/2019 pada Rabu (17/4) dini hari tadi, Matthijs de Ligt dan kolega sukses menang dengan manis.

Di laga ini, Ajax sejatinya tertekan oleh tuan rumah terlebih dahulu. Juventus membuka keunggulan pertama di laga ini setelah sepak pojok Miralem Pjanic sukses diteruskan Cristiano Ronaldo dengan tandukannya di menit ke-28.

Namun, respons cepat ditunjukkan oleh Ajax. Anak asuhan Erik ten Hag ini mencoba keluar menekan tuan rumah dan berani berspekulasi dengan sepakan dari jarak jauh. Hal ini menuai hasil enam menit setelah gol Ronaldo. Pada menit ke-34, sepakan spekulatif Hakim Ziyech dari luar kotak penalti membentur kerumunan bek Juventus dan bola liar jatuh ke kaki Donny van de Beek.

Mengontrol bola sebentar, gelandang asal Belanda kemudian melepaskan tembakan mendatar yang sukses memperdaya kiper Juventus, Wojciech Szszesny. Skor 1-1 sendiri bertahan hingga turun minum, kendati Ajax sempat dua kali berpeluang unggul di babak pertama melalui upaya Ziyech dan David Neres.

Di babak kedua, nasib buruk menghantui Paulo Dybala dan kolega. Tak mampu mengontrol laga dan terseret gaya main Ajax, Juventus justru tampil tak nyaman dan tertekan di babak kedua. Puncaknya, Ajax mengambil alih keadaan dan berbalik unggul.

Adalah Matthijs de Ligt, kapten Ajax, yang sukses mengubah peruntungan bagi timnya. Menyambut sepak pojok Lasse Schoene, de Ligt melompat dan menanduk bola yang kembali memperdaya Szczesny untuk kali kedua di laga ini. Gol pada menit ke-67 ini sendiri mengubah skor menjadi 1-2 untuk Ajax, sekaligus memperberat langkah Juventus untuk mengejar skor.

Tersengat oleh gol Ajax dan berusaha tampil menekan, Ronaldo dan kolega nyatanya gagal menembus gawang Andre Onana untuk kali kedua di malam ini. Nyatanya, Neres dan Dusan Tadic bahkan dua kali hampir membawa Ajax unggul dengan selisih lebih banyak. Selain itu, Ziyech sempat mencetak gol di menit ke-79, namun dianulir oleh wasit karena offside.

Skor akhir 1-2 kemudian membuat agregat skor menjadi 3-2 untuk keunggulan Ajax sekaligus memastikan Ajax lolos ke semifinal pertama mereka di Liga Champions Eropa setelah 22 tahun lamanya.

Baca Juga: Ajax Tak Butuh Hormat dari Juventus

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You