5 Gol yang Lesatkan Aleksandar Rakic ke Gelar Top Skor

Penyerang asal Serbia ini tancap gas di dua pekan terakhir

Jakarta, IDN Times - Sempat digadang-gadang akan menjadi milik penyerang Persebaya Surabaya, David da Silva, di pekan terakhir, kejutan terjadi bagi perebutan gelar top skor Liga 1 2018. Dua gol yang dicetak Aleksandar Rakic bermakna ganda bagi sang penyerang.

Pertama, dua gol itu memastikan koleksinya menjadi 21 gol, satu gol lebih banyak dari David da Silva yang cetak 20 gol. Kedua, dua gol itu membantu timnya, PS TIRA, lolos dari jerat degradasi. Pada akhirnya, skuat asuhan Nil Maizar finis di posisi 15, satu tingkat di atas titik terakhir degradasi.

1. Rakic adalah penyerang dengan jumlah tembakan terbanyak di Liga 1 2018

5 Gol yang Lesatkan Aleksandar Rakic ke Gelar Top SkorTwitter/@BolaBanget

Dari total 34 kali bermain di Liga 1, sekaligus menandakan bahwa ia tak pernah sekali pun absen dari skuat PS TIRA, Rakic merupakan penyerang dengan catatan tembakan terbanyak. Dengan catatan 42 tembakan ke gawang, ia unggul dari David da Silva (41), Marko Simic (39), dan Bruno Silva (36). Dari 42 tembakan tepat ke gawang, penyerang berusia 31 tahun ini ceploskan 21 gol.

Baca Juga: PSMS, Perseru, Sriwijaya, Mitra Kukar, atau PS Tira yang Degradasi?

2. Pergantian pelatih dan pemain asing

5 Gol yang Lesatkan Aleksandar Rakic ke Gelar Top Skorliga-indonesia.id

Di awal musim, Rakic bahu-membahu bersama Gustavo Lopez, Kim Sang-min, dan Marriano Berriex. Bersama pelatih muda, Rudy Eka Priyambada, keempatnya begitu diandalkan. Namun, seiring kedatangan Nil Maizar, perubahan terjadi.

Ketiga pemain asing kecuali Rakic dilepas. Sebagai gantinya, datang Radanfah Abu Bakr (bek), serta Dzimitry Rekish dan Jeon Woo-young (gelandang). Uniknya, kedatangan tiga pemain asing baru ini justru menaikkan ketajaman Rakic.

3 PS TIRA adalah tim ofensif

5 Gol yang Lesatkan Aleksandar Rakic ke Gelar Top Skorliga-indonesia.id

Bukan Persija Jakarta atau PSM Makassar, tapi tiga besar tim dengan catatan melepaskan tembakan gawang terbanyak dihuni oleh PSMS Medan (1), Persebaya Surabaya (2), dan PS TIRA di peringkat 3. Secara mengejutkan, skuat asuhan Nil Maizar ini memang tampil sangat ofensif. Dari 34 laga, mereka total lepaskan 172 tembakan ke gawang. Dan 42 di antaranya dilepaskan oleh Rakic.

4. Krusial di dua pekan terakhir

5 Gol yang Lesatkan Aleksandar Rakic ke Gelar Top Skorliga-indonesia.id

Kompetisi memang berjalan 34 laga, tapi krusialnya peran Aleksandar Rakic bagi tim dan capaian golnya berperan krusial di dua pekan terakhir Liga 1 2018. Pada pekan ke-33, bertamu ke markas PSMS, PS TIRA menang dengan skor 2-4. Di laga itu, Rakic cetak hat-trick dan membuat catatan golnya melejit dari 16 ke 19 gol.

Di pekan terakhir, bertamu ke markas Borneo FC, Rakic tak berhenti ketajamannya. Dua gol ia sumbangkan untuk kemenangan 1-3 atas Pesut Etam. Di laga ini, dua gol itu, seperti dijelaskan di awal, sukses selamatkan PS TIRA dari degradasi sekaligus bawa Rakic menyalip David da Silva sebagai top skor Liga 1 2018 di pekan terakhir.

Baca Juga: PSMS Dibekuk PS TIRA, Persaingan Papan Bawah Lanjut ke Pekan Penutup

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya