Comscore Tracker

Andritany Ardhiyasa Mulai Menurun, Saatnya Timnas Ganti Kiper Utama?

Bersama Persija, Andritany juga tak rutin tampil musim ini

Jakarta, IDN Times - Nama kapten Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa, menjadi sorotan sejak kekalahan 0-3 melawan Thailand pada Selasa (10/9) malam tadi. Bermain buruk dan membuat blunder yang berujung penalti, Andritany secara total kebobolan enam gol melawan Malaysia dan Thailand.

Wacana pun diapungkan, apakah ini saatnya mengganti kiper nomor satu di Timnas Indonesia?

1. Melihat dua kompetitor Andritany di pos kiper Timnas

Andritany Ardhiyasa Mulai Menurun, Saatnya Timnas Ganti Kiper Utama?Twitter/@Liga1Match

Menengok ke skuat Timnas Indonesia, ada dua nama kiper yakni Angga Saputra (TIRA-Persikabo) dan Teja Paku Alam (Semen Padang).

Angga misalnya, kiper pelapis Andritany, sejatinya punya catatan lebih oke dibanding kiper Persija itu. Bila Andritany baru bermain 8 kali di Persija, bergantian bersama Shahar Ginanjar, Angga justru tak tergantikan di bawah mistar TIRA.

Kebobolan 15 gol di musim ini, Angga sejatinya adalah kiper utama TIRA sejak bergabung dari Madura United pada 2018 lalu. Musim ini, ia sempat membawa timnya tak terkalahkan selama belasan pekan di Liga 1 2019.

Kiper selanjutnya adalah Teja Paku Alam. Dipanggil untuk menggantikan Awan Setho yang cedera, Teja sejatinya kiper yang cukup oke walau Semen Padang masih terpuruk di papan bawah. 

Walau kebobolan 18 gol, Teja saat ini adalah kiper terbanyak untuk catatan penyelematan dengan 45 saves. Tak heran namanya kini masuk di skuat Timnas Indonesia walau jadi kiper pelapis ketiga.

Baca Juga: Kapan Muhammad Ridho Dilirik Lagi oleh Timnas Indonesia?

2. Nama di luar Timnas

Andritany Ardhiyasa Mulai Menurun, Saatnya Timnas Ganti Kiper Utama?Twitter/@sahrul_rama99

Di luar skuat Timnas Indonesia, masih ada nama kiper Madura United, Muhammad Ridho Djazulie. Eks kiper Borneo FC ini jadi pilihan utama di Madura mengalahkan kiper yang lebih muda, Satria Tama.

Dibanding Andritany yang bergantian mengawal gawang Persija dengan Shahar, Ridho tentu lebih unggul. Apalagi, sejak gemilang di Borneo, Ridho sudah membuktikan diri sebagai kiper kaliber Timnas.

Sayang, kehebatan Ridho tak jua membuatnya dilirik masuk ke skuat Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022.

3. Andritany dalam tren performa minor

Andritany Ardhiyasa Mulai Menurun, Saatnya Timnas Ganti Kiper Utama?IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Di dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2022, Andritany tampil cukup mengecewakan. Di laga pertama, ia kebobolan tiga kali oleh Malaysia, termasuk blunder yang berujung gol Mohamadou Sumareh.

Di laga kedua lawan Thailand, Andritany kembali tampil mengecewakan. Blundernya berujung penalti bagi Thailand dan berbuah gol kedua. Bahkan, penampilan buruknya kali ini membuatnya dapatkan cemoohan dari suporter Indonesia yang memadati stadion.

Baca Juga: Buat Blunder Berujung Penalti, Andritany Ardhiyasa Dicemooh Suporter

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You