Anthony Gordon, Wonderkid Everton yang Curi Atensi di Merseyside Derby

Gordon diberikan debut starter oleh Carlo Ancelotti

Jakarta, IDN Times - Anthony Gordon yang satu ini bukan quarterback klub American Football Seattle Seahawks, namun ia adalah bocah 19 tahun alumnus akademi sepak bola Everton.

Meski sudah 2 kali bermain sebagai pemain pengganti di Premier League musim ini, Gordon mencuri atensi khalayak ketika manajer legendaris Italia, Carlo Ancelotti, memberinya debut di starting eleven Everton pada laga derby Merseyside melawan Liverpool, Senin (22/6) dini hari tadi.

1. Gordon salah satu pemain muda akademi yang menonjol

Anthony Gordon, Wonderkid Everton yang Curi Atensi di Merseyside DerbyAnthony Gordon bermain bersama Everton U-23. www.transfermarkt.com

Berposisi sebagai gelandang serang, Anthony Gordon memang jadi salah satu bakat muda terbaik di tim muda Everton. Di Premier League 2 musim ini saja, dari 9 kali bermain, sang pemain sudah menggelontorkan 6 gol dan mengukir 2 asis. 

Selain penampilan sebagai starter di laga Merseyside derby dini hari tadi, Gordon sejatinya sudah 2 kali bermain di Premier League sebagai pemain pengganti di laga lawan West Ham United (pekan 23) dan laga lawan Chelsea (pekan 29).

Dan sejak Everton mulai memberlakukan latihan intens menyambut project restart Premier League, nama Anthony Gordon langsung diikutkan latihan bersama tim utama. Dia berkesempatan berlatih bersama seniornya macam Tom Davies, Mason Holgate, hingga Dominic Calvert-Lewin.

Baca Juga: Meredup di Everton, AS Roma Tertarik Pulangkan Moise Kean ke Serie A

2. Ancelotti menyebut bahwa Gordon layak diberi menit bermain bersama tim utama

Anthony Gordon, Wonderkid Everton yang Curi Atensi di Merseyside Derbyexpress.co.uk

Mengingat beberapa pemain senior lain seperti Gylfi Sigurdsson dan Bernard tak dibekap cedera, pilihan Carlo Ancelotti memainkan Gordon terbilang mengejutkan. Pasalnya, di laga bergengsi melawan rival sekota, Don Carlo, sapaan akrabnya, menyebut bahwa sang pemain muda layak diberi menit bermain pada laga melawan Liverpool.

"Anthony Gordon berlatih dengan amat baik, menunjukkan kepercayaan diri yang bagus, dan ini (debut starter) adalah kesempatan yang bagus untuknya. Dia layak bermain di laga ini," ujar Ancelotti pascalaga, dikutip dari Sky Sports.

3. Gordon bermain selama 60 menit di debutnya dalam starting eleven Everton

Anthony Gordon, Wonderkid Everton yang Curi Atensi di Merseyside DerbyGelandang muda Everton, Anthony Gordon, dikepung Trent Alexander-Arnold dan Jordan Henderson pada laga lawan Liverpool, Minggu (21/6) malam. Everton FC/Everton FC

Turun sejak menit pertama, Anthony Gordon sejatinya tidak tampil terlalu istimewa. Ia masih kalah mencuat dibanding Tom Davies yang bermain lebih mobile dan bahkan hampir membawa Everton mengoleksi tiga angka dari Liverpool. Bermain selama 60 menit, Gordon kemudian digantikan oleh Sigurdsson pada pertengahan babak kedua.

Baca Juga: Miris Klub Inggris: Everton Rugi Rp1,9 Triliun, Spurs Terpaksa Ngutang

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya