Arema FC Tahan Laju Persebaya di Gelora Bung Tomo

Kedua tim sama-sama menampilkan sepakbola menyerang

Jakarta, IDN Times - Persebaya Surabaya membuka leg pertama Piala Presiden 2019 dengan menjamu tamunya sekaligus rival sengit mereka, Arema FC. Derby Jawa Timur ini sendiri berjalan sangat seru mengingat kualitas lini serang kedua klub.

Tuan rumah turun dengan kekuatan terbaiknya di laga ini, minus Osvaldo Haay yang disimpan di bangku cadangan. Trio asing, Damian Lizio-Amido Balde-Manuchekr Dzhalilov dimainkan langsung sejak menit pertama. Selain itu, Hansamu Yama Pranata dan Otavio Dutra mengawal lini belakang.

Di kubu tim tamu, Arema FC juga turun dengan kekuatan terbaik, walau tanpa Robert Lima. Dedik Setiawan dan Ricky Kayame dibantu Dendi Santoso jadi andalan lini serang. Di tengah, Konate Makan dibantu oleh Hanif Sjahbandi dan Hendro Siswanto. Arthur Cunha dan Hamka Hamzah mengawal lini belakang Singo Edan.

Berlangsung dengan tempo tinggi, Persebaya langsung mencuri gol di menit awal. Lewat kiriman umpan cantik dari Dutra, sukses melepaskan Irfan Jaya dari kawalan lini belakang Arema. Menggocek bola sebentar, sepakan kaki kiri Irfan melambung melewati Kartika Ajie dan bawa Persebaya unggul 1-0 di menit ke-8.

Masuk setengah jam lebih pertandingan, Persebaya mendapat sial. Hendro Siswanto mencuri bola dari Fandi Eko Utomo dan melakukan solo run sebelum melepaskan sepakan keras yang menghujam gawang Miswar Saputra.

Babak pertama berakhir sama kuat, 1-1.

Di babak kedua, Persebaya menggebrak. Akselerasi Balde di kotak penalti Arema, berbuah penalti pada menit ke-71. Lizio yang maju sebagai eksekutor sukses menunaikan tugasnya dengan baik. Tendangan terarahnya mampu memperdaya Kartika Ajie.

Di atas angin, Persebaya lengah jelang akhir babak kedua. Di menit ke-78, sepakan bebas Konate secara mengejutkan menghujam langsung ke gawang Miswar. Kiper andalan Bajul Ijo ini salah mengantisipasi laju bola dan terperdaya dengan derasnya laju bola akibat sepakan Konate.

Skor 2-2 sendiri menjadi hasil akhir dari laga ini, yang menjadi bekal berharga Arema FC jelang menjamu Persebaya pada leg kedua nanti di Stadion Kanjuruhan.

Baca Juga: Persebaya vs Arema Final, Sekeluarga Rela Bolos untuk ke Stadion

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya