Arsenal vs Tottenham Hotspur: Adu Gengsi London Utara di Papan Atas

Musim lalu, kedua tim saling mengalahkan di dua pertemuan

Jakarta, IDN TimesNorth London Derby akan dihelat pada Minggu (2/12) malam esok. Pertemuan ini memanggungkan dua tim yang tengah dalam performa positif mereka masing-masing. Arsenal belum terkalahkan di liga selama 11 laga terakhir, sementara Tottenham Hotspur baru saja menghajar Chelsea pekan lalu.

Yang lebih sengit lagi, keduanya tengah bersaing di papan atas Liga Inggris. Spurs ada di posisi 3 dengan koleksi 30 poin, sementara Arsenal ada di peringkat 5 dengan koleksi 27 poin. Pemenang laga ini punya peluang ubah konstelasi empat besar di pekan ke-14.

1. Arsenal tak terkalahkan di 11 laga terakhir Liga Inggris

Arsenal vs Tottenham Hotspur: Adu Gengsi London Utara di Papan AtasTwitter/@premierleague

Sejak dua kekalahan di awal-awal Liga Inggris kontra Manchester City dan Chelsea, The Gunners tak tersentuh kekalahan hingga pekan lalu. Dari 11 laga tersebut, skuat asuhan Unai Emery koleksi 8 kemenangan dan 3 imbang. Terakhir, Granit Xhaka dan kolega menang 1-2 di kandang Bournemouth.

Baca Juga: Tottenham Hotspur Bekuk Inter Milan 1-0, Persaingan Grup B Kian Ketat

2. Tapi, Spurs juga dalam tren terbaik mereka

Arsenal vs Tottenham Hotspur: Adu Gengsi London Utara di Papan AtasTwitter/@SpursOfficial

Dalam rentang waktu satu pekan, dua kali skuat asuhan Mauricio Pochettino sukses petik tiga poin penting atas tim-tim kuat. Yang pertama, mereka menghentikan catatan unbeaten Chelsea di Stadion Wembley lewat kemenangan 3-1. Di tengah pekan, mereka kembali menang, kali ini dengan skor 1-0 atas Inter Milan pada ajang Liga Champions.

3. Arsenal punya skuat lebih bugar

Arsenal vs Tottenham Hotspur: Adu Gengsi London Utara di Papan Atasgoogle

Di ajang Liga Europa melawan wakil Ukraina, Vorskla, Unai Emery menyimpan para pemain terbaiknya. Mesut Oezil, Alexandre Lacazette, Pierre-Emerick Aubameyang, hingga Granit Xhaka dan Hector Bellerin, semuanya tak dibawa melawat ke Ukraina. Walau begitu, dengan skuat berisi pemain-pemain akademi, The Gunners masih bisa menang 0-3 atas tuan rumah.

4. Spurs bekerja keras di laga lawan Inter

Arsenal vs Tottenham Hotspur: Adu Gengsi London Utara di Papan AtasTwitter/@SpursOfficial

Di kubu tim tamu, mereka baru saja berjibaku dengan berpeluh-peluh untuk bisa kalahkan Inter. Laga tersebut memang krusial bagi The Lilywhites karena mereka butuh kemenangan untuk jaga asa lolos. Di laga itu, Son Heung-min dan Christian Eriksen memang baru turun di babak kedua. Tapi, alotnya perlawanan Inter buat mereka baru bisa cetak gol di menit ke-80 lewat Eriksen. Kebugaran pemain ini bisa jadi sedikit isu di laga sarat gensi seperti North London Derby.

5. Arsenal sedikit diunggulkan, tapi Spurs bisa mengejutkan

Arsenal vs Tottenham Hotspur: Adu Gengsi London Utara di Papan AtasPremierLeague.com

Dengan tren performa sekarang, Arsenal sedikit lebih diuntungkan. Terlebih lagi, mereka punya skuat lebih bugar. Namun, Spurs bukan tim sembarangan. Walau beberapa pemain inti sedikit kelelahan, Harry Kane dan kolega dalam beberapa musim terakhir selalu beri perlawanan sengit kepada sang rival sekota.

Baca Juga: Arsenal Tak Terkalahkan pada 10 Pertandingan, Sagna: Ini Gila!

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya