Comscore Tracker

ASEAN Club Championship (ACC) Edisi Perdana Dimulai Tahun 2020

Turnamen ini kabarnya sudah didukung FIFA dan AFC

Jakarta, IDN Times - Kabar baik bagi klub-klub di ASEAN karena mulai tahun depan, tepatnya pada 2020 mendatang, akan mulai dihelat ASEAN Club Championship (ACC). Dari proposal yang sudah disetujui, akan ada 12 klub dari negara-negara ASEAN yang akan berpartisipasi.

"Kami sudah membagi rencana kami tentang ACC kepada Gianni Infantino (Presiden FIFA) dan Shaikh Salman (Sekjen AFC) dan mereka berdua menyetujuinya. Kami sangat bersyukur dapat dukungan dari AFC dan FIFA," ujar Presiden AFF (Presiden AFF) Khiev Sameth dari rilis tertulis yang diterima IDN Times.

Rencananya, turnamen bernama ACC ini nantinya akan memberikan pengalaman berbeda bagi pemain dan suporter. Di turnamen ini, 12 klub yang berpartisipasi akan mendapatkan participation fee di tiap fasenya dan nominal hadiahnya akan terus meningkat seiring laju mereka di tiap fase nantinya.

Nantinya, juara dari turnamen ACC ini akan mendapatkan jatah bermain di Piala Dunia Antarklub yang akan dikembangkan lagi kapasitas pesertanya oleh FIFA mulai 2021 mendatang.

"Prospek bermain di Piala Dunia Antarklub 2021 mendatang akan jadi sesuatu yang sangat menarik bagi ACC mendatang. Tentunya ini akan jadi perkembangan luar biasa bagi sepakbola di Asia Tenggara," ujar Sameth lagi.

"Saat-saat sekarang ini menjadi saat yang positif bagi AFF dan kami tidak sabar untuk segera merilis ACC tahun depan," tutup Sameth.

Baca Juga: Sua Jokowi di Bangkok, Presiden FIFA: Indonesia Layak Jadi Tuan Rumah

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You