Comscore Tracker

Beto Goncalves Dicoret, Timnas U-22 Krisis Striker Jelang SEA Games?

Di daftar skuat Timnas U-22, tidak ada sosok penyerang murni

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-22 kini tengah berada dalam fase terakhir persiapan mereka jelang terjun di SEA Games 2019 mendatang. Seperti diberitakan sebelumnya oleh IDN Times, Timnas U-22 asuhan Indra Sjafri baru saja mencoret empat pemain.

Kebetulan, salah satu pemain yang dicoret adalah penyerang naturalisasi, Alberto "Beto" Goncalves. Penyerang gaek ini memang masuk dalam daftar pemain senior yang dipersiapkan Timnas U-22 untuk ke SEA Games 2019.

Masalahnya, dicoretnya Beto membuat Timnas U-22 kini dalam posisi dilematis. Kini, praktis, mereka tak memiliki sosok penyerang murni di dalam timnya?

1. Hanya menyisakan nama Muhammad Rafli di lini serang

Beto Goncalves Dicoret, Timnas U-22 Krisis Striker Jelang SEA Games?Aksi pemain Timnas U-22, Muhammad Rafli. Instagram.com/muhammadrfl

Tanpa Beto yang dicoret karena cedera hamstring, praktis hanya ada Muhamamad Rafli di lini serang. Masalahnya, Rafli sejatinya bukan penyerang murni ala nomor 9. 

Pemain milik Arema FC ini awalnya adalah gelandang serang yang kemudian dikonversikan menjadi penyerang tengah. Hal ini dilakukan mengingat Timnas U-22 memang selalu krisis lini serang.

Di skuat terkininya, Indra Sjafri juga tak lagi menyertakan nama Marinus Wanewar dan Ezra Walian, dua penyerang muda yang dua tahun lalu dibawa Luis Milla ke SEA Games 2017 di Malaysia.

Baca Juga: [BREAKING] Timnas U-22 Tahan Imbang Iran 1-1 dalam Laga Uji Coba

2. Apakah Indra akan kembali manfaatkan para gelandangnya?

Beto Goncalves Dicoret, Timnas U-22 Krisis Striker Jelang SEA Games?Aksi Asnawai Mangkualam ketika membela Timnas U-22 di laga uji coba lawan Tiongkok. pssi.org

Mengingat komposisi skuatnya saat ini, besar kemungkinan Timnas U-22 akan kembali bergantung kepada barisan gelandangnya. Sejak di kelompok umur U-19, nama-nama seperti Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri jadi andalan Indra Sjafri untuk menggedor lawan.

Kini, skema itu mungkin akan kembali diterapkan. Apalagi, Egy mulai nyetel dengan skuat Timnas U-22 di uji coba terakhir melawan Iran. Bersama Rafli, Egy menyumbang satu gol yang membawa kemenangan tipis 2-1 atas Iran.

3. Rafli akan jadi ujung tombak andalan?

Beto Goncalves Dicoret, Timnas U-22 Krisis Striker Jelang SEA Games?Aksi Muhammad Rafli bersama Arema FC di laga kontra PSM. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sejatinya, sosok Rafli adalah andalan baru di lini serang Timnas U-22. Sejak diubah posisinya dari gelandang menjadi penyerang, penggawa Arema FC ini menjelma jadi sosok striker haus gol.

Hal itu terbukti di ajang Merlion Cup 2019. Di ajang uji coba berbentuk mini turnamen itu, Rafli mencetak tiga gol di laga lawan Filipina. Setelahnya, ia juga mencetak total dua gol dari dua laga uji coba lawan Iran U-22 yang berkesudahan 1-1 dan 2-1 tersebut.

Baca Juga: Coret Empat Pemain, Ini Daftar Skuat Timnas U-22 Jelang SEA Games 2019

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You