Comscore Tracker

Bintang-Bintang Muda Timnas U-18 Siap Panen

Bagus Kahfi dan Sutan Zico mencuri perhatian di AFF U-18

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-18 sudah memastikan diri lolos ke semifinal Piala AFF U-18 2019. Masih menyisakan satu laga kontra Myanmar, Garuda Nusantara sudah mengoleksi 12 poin hasil dari 4 kemenangan dari 4 laga yang sudah dijalani di Grup A.

Namun, bukan hasil positif itu yang mencuri atensi. Bintang-bintang muda jebolan Timnas U-16 dan program Garuda Select nyatanya mampu mencuri perhatian di turnamen ini. Salah satu yang mencolok tentu saja sang penyerang kribo, Bagus Kahfi.

1. Bagus Kahfi mencuri atensi

Bintang-Bintang Muda Timnas U-18 Siap Panenthe-afc.com

Bakat Bagus Kahfi memang bukan bakat sepele. Bersama saudara kembarnya, Bagas Kaffa, keduanya sudah jadi andalan timnas sejak di level sangat dini. Namun, Bagus, yang notabene seorang penyerang, mencuri lebih banyak atensi di ajang kali ini.

Total 5 gol sudah dicetaknya sejauh ini dari 4 laga yang dijalani. Bahkan, dari 4 laga itu, laga kedua kontra Timor Leste harus dilewati pemain berusia 17 tahun itu di bangku cadangan.

Setelah Egy Maulana Vikry, Bagus menjadi talenta muda baru yang siap dilahirkan ke panggung sepakbola Nusantara. Bahkan bukan tidak mungkin bocah kelahiran Magelang ini akan berkarier di Eropa menyusul jejak yang dirintis Egy bersama Lechia Gdansk.

Baca Juga: Gemilang di Piala AFF U-18, Timnas U-18 Harus Terapkan Ilmu Padi

2. Tak hanya Bagus, Timnas U-18 miliki penyerang nomor 9 sejati dalam diri Sutan Zico

Bintang-Bintang Muda Timnas U-18 Siap PanenPSSI

Namanya sangat ikonik: Sutan Diego Armando Zico. Lahir di Jakarta, Zico memang kemudian berkesempatan direkrut oleh tim junior Persija usai menunaikan tugas bersama Timnas U-16 kala itu.

Dan sejak mentas di timnas junior, pemain bernomor punggung 9 ini langsung jadi sosok andalan. Gaya main Zico adalah tipikal penyerang tengah ortodoks. Aktif bermain di dalam kotak penalti lawan, mampu menahan bola, serta memiliki insting gol yang oke.

Sejak era Ilham Jaya Kesuma dan Bambang Pamungkas, sangat jarang sekali sepakbola Indonesia diramaikan kemunculan penyerang tengah khas nomor 9 sejati. Beberapa winger muda memang muncul ke permukaan, tapi krisis penyerang tengah sampai membuat Timnas Indonesia kini diperkuat pemain naturalisasi macam Beto Goncalves hingga Ilija Spasojevic.

Zico muda-lah yang diharapkan mengambil kesempatan besar untuk jadi “Si Nomor 9” yang dirindukan Timnas Indonesia. Di AFF U-18 sendiri, Zico sudah mencetak 2 gol untuk negaranya.

3. Dua jenderal lapangan tengah

Bintang-Bintang Muda Timnas U-18 Siap PanenIDN Times/istimewa

Publik mungkin tak asing dengan Mochammad Supriadi atau sosok Brylian Aldama, yang kini bermain bagi Persebaya di tim junior. Namun selain keduanya, ada nama David Maulana dan Rendy Juliansyah yang tak bisa dikesampingkan.

Tanpa merendahkan kontribusi para pemain lain, David dan Rendy adalah dua jenderal lapangan tengah dengan gaya main berbeda. Bila David, sang kapten tim, lebih bermain sebagai metronom, Rendy yang mengenyam pendidikan sepakbola di akademi Leganes lebih condong sebagai sang playmaker.

Walau tak masuk skuat Garuda Select, Rendy membuktikan kualitasnya di AFF U-18. Bergaya flamboyan khas gelandang serang klasik, pemuda kelahiran Tangerang ini sudah catatkan dua gol sejauh ini.

Di sisi lain, David lebih santai. Gaya mainnya visioner dan lebih kalem. Sebagai kapten tim, David akan mengingatkanmu kepada sosok Xavi Hernandez, gelandang ikonik Barcelona. Walau lebih main ke dalam, David juga sudah mengoleksi dua gol sejauh ini di AFF U-18.

Baca Juga: Comeback Dramatis, Timnas U-18 Menang Tipis atas Laos

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You