Comscore Tracker

Brahim Diaz Resmi Menjadi Pemain Real Madrid

Dia dikontrak oleh Los Blancos hingga Juni 2025

Jakarta, IDN Times - Setelah santer menjadi berita dalam sepekan terakhir, wonderkid Manchester City, Brahim Diaz, akhirnya resmi berlabuh ke Real Madrid. Dalam rilis resmi Real Madrid, pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini dikontrak dengan durasi 6,5 tahun hingga Juni 2025.

"Real Madrid dan Manchester City sudah mencapai kesepakatan untuk merekrut Brahim Diaz , yang akan bergabung bersama Madrid dari Januari ini hingga 30 Juni 2025," ujar Madrid di rilis resmi mereka.

1. Direkrut dengan biaya transfer 15,5 juta paun + add on hingga 6,5 juta paun

Brahim Diaz Resmi Menjadi Pemain Real MadridTwitter/@MirrorFootball

Diaz, yang sempat mengenyam pendidikan sepakbola di akademi Malaga, didatangkan Madrid dengan biaya 15,5 juta berikut tambahan bonus dan klausul senilai 6,5 juta paun yang akan aktif beberapa waktu mendatang. Yang cukup mengejutkan, Los Merengues berani memberi kontrak jangka panjang untuk gelandang muda berusia 19 tahun itu yakni hingga Juni 2025.

Baca Juga: Real Madrid Kalah di Kandang Sendiri dari Sociedad, Ini 4 Faktanya  

2. Salam perpisahan haru Diaz untuk Manchester City

Brahim Diaz Resmi Menjadi Pemain Real MadridTwitter/@Brahim

Datang ke City dari Malaga pada Januari 2014, Diaz memang langsung jadi bagian akademi Manchester City yang terbukti berkualitas. Ia adalah alumnus akademi yang satu angkatan dengan wonderkids seperti Jadon Sancho, yang kini ke Borussia Dortmund, dan Phil Foden, yang sudah lumayan rutin dimainkan Pep Guardiola di tim utama.

Setelah transfernya resmi, Brahim Diaz juga langsung memberikan salam perpisahan yang haru.

"Saya masih seorang remaja ketika pertama kali datang ke Inggris. Manchester City menunjukkan tempat latihan di Platt Lane, lalu saya diberi tahu akan jadi masa depan tim ini dalam beberapa tahun mendatang. Saya datang di kota Manchester dengan orang tua saya, Sufiel dan Patricia, juga tiga saudara perempuan saya, Zaira, Idaira, dan Dunia. Adik keempat saya, Irina, lahir beberapa bulan kemudian. Saat itu, tidak satu pun dari kami bisa berbahasa Inggris.

Tapi, bahasa tidak pernah jadi masalah di sepakbola. Hari ini, saya menutup lembaran lama di karier saya dan mengucap selamat tinggal untuk Manchester City, klub tempat saya tumbuh sebagai pesepakbola yang bagus. Saya datang sebagai seorang remaja, kini saya pergi sebagai pesepakbola profesional," tulis Diaz di surat perpisahannya.

3. Klausul sell on clause anti-Manchester

Brahim Diaz Resmi Menjadi Pemain Real MadridTwitter/@Brahim

Seperti yang sudah pernah kami beritakan, transfer Brahim Diaz ke Real Madrid diberikan klausul khusus oleh Manchester City. Bila Diaz di masa depan kelak hengkang ke klub Manchester lain selain City, di mana banyak media yakin klausul itu ditujukan untuk Manchester United, akan ada sell on clause sebesar 40 persen dari biaya transfer yang dibayarkan ke Madrid.

Namun bila Diaz hengkang ke klub lain non-Manchester, City hanya akan dapat sell on clause sebesar 15 persen saja.

4. Bergabung dengan proyek peremajaan skuat Madrid

Brahim Diaz Resmi Menjadi Pemain Real MadridTwitter @vini11Oficial

Real Madrid memang sedikit mengubah kebijakan transfernya belakangan ini. Selain saat mendatangkan pemain matang seperti Thibaut Courtois, beberapa pemain-pemain muda tampak menjadi target transfer Los Blancos. Di beberapa tahun terakhir, Madrid sudah cukup sering membeli pemain muda seperti Vinicius Junior dari Flamengo, Rodrygo Goes dari Santos, yang akan bergabung ke Madrid pada musim panas 2019, hingga Theo Fernandez, bek kiri yang kini tengah dipinjamkan ke Real Sociedad.

Brahim Diaz menjadi rekrutan baru yang membuktikan Madrid tengah berupaya melakukan peremajaan skuat untuk pemain tim utama yang sudah mulai menua dan menanti penerus-penerus baru di skuat.

Baca Juga: Wonderkid Manchester City Selangkah Lagi Hengkang ke Real Madrid

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya