Bruno Fernandes Bisa Jadi Rekrutan Hebat Manchester United, tapi...

Kasus Paul Pogba bisa jadi referensi Solskjaer tangani Bruno

Jakarta, IDN Times - Manchester United baru saja meresmikan rekrutan baru mereka di bulan Januari, Bruno Fernandes, pada Jumat (31/1) dini hari.

Gelandang asal Portugal ini ditebus dengan mahar sebesar 46 juta pounds + bonus tergantung performa sang pemain di Old Trafford. Selain menambah kekuatan baru Setan Merah di lini tengah, mantan kapten Sporting CP ini juga memberikan kualitas baru di "ruang mesin" skuat asuhan Ole Gunnar Solskjaer.

Tapi, perekrutan Bruno ini bisa jadi bumerang bagi Manchester United jika Solskjaer tak belajar dari beberapa hal yang sudah berlalu, serta abai terhadap kualitas sang pemain barunya itu.

1. Bruno Fernandes sepertinya sulit bermain bersama Paul Pogba

Bruno Fernandes Bisa Jadi Rekrutan Hebat Manchester United, tapi...Bruno Fernandes berpose bersama manajer United, Ole Gunnar Solskjaer. Twitter/@ManUtd

Melihat sekilas kemampuan dan gaya bermain Bruno di lini tengah, optimisme patut dirayakan oleh suporter Setan Merah. Apalagi, Manchester United butuh gelandang kreatif dengan daya jelajah dan kemampuan mencetak gol mumpuni seperti Bruno yang sedikit lebih baik dibandingkan Juan Mata.

Namun, United masih punya sosok Paul Pogba. Gelandang termahal United itu saat ini tengah jalani pemulihan pasca-cedera dan ketika nantinya pulih, sembuhnya Pogba bisa jadi penyebab sakit kepala bagi Solskjaer.

Sebabnya, melihat posisi serta gaya bermain Bruno dan Pogba, terlihat bahwa keduanya punya kemiripan. Sama-sama gelandang tengah dengan goal threat tinggi yang membuat keduanya bisa jadi solusi gol dari lini kedua.

Masalahnya, bisakah United meracik formula untuk menduetkan Bruno dan Pogba, bila untuk mengakomodasi kemampuan Pogba saja baik Jose Mourinho dan Solskjaer masih kesulitan?

Baca Juga: [BREAKING] Bruno Fernandes Akhirnya Berlabuh ke Manchester United!

2. Bersama Nemanja Matic dan Fred, Bruno akan melengkapi kepingan puzzle lini tengah Setan Merah

Bruno Fernandes Bisa Jadi Rekrutan Hebat Manchester United, tapi...Manchester United bersiap menyambut gelandang barunya, Bruno Fernandes. Twitter/@ManUtd

Dari yang sudah-sudah, Solskjaer terbiasa menggunakan skema tiga gelandang dengan dua gelandang jadi double pivot di tengah untuk menjaga keseimbangan. Ketiadaan Pogba yang sudah menepi lama karena cedera membuat progresi bola dari tengah ke depan sedikit buruk, apalagi jika United berhadapan dengan lawan yang bertahan cukup dalam.

Di sini, peran Bruno Fernandes akan sangat krusial. Ia punya sepakan jarak jauh yang oke, punya jangkauan umpan yang mumpuni, dan tentu saja punya produktivitas yang terbukti lebih oke dibanding Jesse Lingard atau Juan Mata, misalnya.

Oleh sebab itu, bersama Fred dan Nemanja Matic di lini tengah, Bruno bisa jadi keping pelengkap yang selama ini dicari Solskjaer.

3. Lalu, bagaimana Pogba?

Bruno Fernandes Bisa Jadi Rekrutan Hebat Manchester United, tapi...manchestereveningnews.co.uk

Pertanyaan terakhirnya kemudian: bagaimana jika nanti Pogba sudah pulih dan siap bermain lagi?

Seperti yang sudah diulas sedikit di awal, dengan gaya main dan ciri khas keduanya di lapangan, agaknya sedikit utopis membayangkan Bruno dan Pogba bermain di satu waktu bersamaan.

Pun kalau mau dicoba, salah satu dari Matic atau Fred tentu harus dicadangkan guna memberi tempat bagi Pogba agar bisa bermain bersama dengan Bruno. Walau begitu, dua gelandang ini punya kreativitas dan goal threat yang cukup berbahaya dari lini kedua dan jika Solskjaer menemukan formulanya, Setan Merah bisa jadi tim berbahaya bagi lawan-lawannya.

Baca Juga: Selain Bruno Fernandes, Ini Pemain Terbaru yang Pindah ke Liga Inggris

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya