Comscore Tracker

Buru Penerus Fernandinho, Manchester City Incar Dua Gelandang Muda Ini

Fernandinho sudah mulai menua dan rentan cedera

Jakarta, IDN Times - Walau baru saja mengudeta Liverpool dari puncak klasemen sementara Premier League, Manchester City masih juga dikaitkan dengan berbagai rumor pembelian pemain. Rumor ini sendiri menguat setelah beberapa media Inggris melaporkan bahwa Pep Guardiola akan dibekali dana segar senilai 200 juta paun untuk belanja di musim panas nanti.

Terkait hal itu, salah satu sektor yang akan diperkuat oleh Guardiola adalah sektor tengah. Beberapa pemain ada di usia senja seperti David Silva dan Fernandinho. Khusus Fernandinho, namanya sendiri menjadi andalan utama manajer asal Spanyol itu walau tahun ini akan berusia 34 tahun.

1. City dikaitkan dengan Saul Niguez

Buru Penerus Fernandinho, Manchester City Incar Dua Gelandang Muda IniUEFA.com/Getty Images

Yang paling awal keluar rumornya berasal dari laporan Marca dan Goal. Kedua media ini yakin bahwa Guardiola tengah mempersiapkan tawaran masif sebesar 130 juta paun untuk memboyong gelandang berusia 24 tahun milik Atletico Madrid, Saul Niguez.

Yang jadi soal, Saul diikat dengan kontrak jangka panjang oleh Atletico. Pada 2017 lalu, secara sensasional, Saul menandatangani kontrak berdurasi 9 tahun bersama klub asuhan Diego Simeone tersebut. Itu artinya, gelandang timnas Spanyol itu dipagari sampai 2026 dan mampukah City menemukan kata sepakat untuk memboyong gelandang adalah Simeone tersebut?

Baca Juga: Man City di Puncak Klasemen, Guardiola Sebut Ini adalah Musim Terbaik

2. Mengintip potensi transfer Declan Rice

Buru Penerus Fernandinho, Manchester City Incar Dua Gelandang Muda IniTwitter/@_DeclanRice

Dilaporkan oleh Evening Standard, Guardiola kabarnya tertarik untuk memboyong gelandang muda West Ham United, Declan Rice. Pemain muda ini sendiri baru saja menuai sensasi setelah keputusannya beralih dari timnas Republik Irlandia ke timnas Inggris, meski dirinya sudah kantongi tiga caps di laga persahabatan bersama Irlandia.

Kabarnya, Guardiola tertarik memboyong Rice ketika timnya dibuat kesulitan saat meladeni West Ham pada Rabu (27/2) lalu. Kala itu, City hanya bisa menang tipis 1-0, setelah Rice tampil luar biasa meladeni gelandang kelas dunia City seperti Kevin De Bruyne dan David Silva.

Saat ini, Rice baru berusia 20 tahun dan sama seperti Fernandinho, mampu tampil sama baiknya di posisi bek tengah dan gelandang bertahan. Namanya bahkan disebut-sebut akan segera dipanggil oleh Gareth Southgate ke skuat timnas Inggris. Pujian terbaru juga diberikan oleh manajernya di West Ham, Manuel Pellegrini.

"Bagi saya, di posisinya saat ini, dia adalah gelandang bertahan terbaik Inggris. Dia pemain yang komplet dan yang terpenting, dia tidak pernah berhenti belajar setiap hari," puji Pellegrini untuk Rice dikutip dari Guardian.

Untuk memboyong Rice sendiri, City tampaknya tak akan kesulitan. Terikat kontrak sampai Juni 2024, Rice sendiri ditaksir akan berharga sekitar 35 sampai 40 juta paun. Harga yang jauh lebih murah dibanding memaksa untuk menebus Saul dari Atletico.

3. Fernandinho cedera dan Ilkay Guendogan belum perpanjang kontrak

Buru Penerus Fernandinho, Manchester City Incar Dua Gelandang Muda IniTwitter/@fernandinho

City memang sangat perlu mencari penerus Fernandinho mulai sekarang. Pemain gaek asal Brasil itu dipaksa absen cukup lama bersama Aymeric Laporte setelah cedera yang mereka berdua dapat di laga final Piala Carabao melawan Chelsea. Selain usia yang mulai senja, Fernandinho juga mulai rentan cedera walau kemampuan bermainnya masih terjaga.

Selain itu, pelapis Fernandinho, Ilkay Guendogan, masih belum tandatangani kontrak baru. Gelandang asal Jerman itu akan berusia 29 tahun di musim depan dan kontraknya hanya tersisa satu tahun. Kondisi pelik ini yang memaksa City harus segera mengidentifikasi gelandang bertahan baru untuk diboyong ke Etihad Stadium.

Baca Juga: Cedera Hamstring, De Bruyne Kembali Absen Perkuat Manchester City

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya