Debut Robert Alberts, Persib Tersingkir dari Piala Indonesia

Maung Bandung menang tipis atas Borneo FC di Jalak Harupat

Jakarta, IDN Times - Debut pelatih anyar Persib Bandung, Robert Rene Alberts, sejatinya berjalan mulus. Menjalani laga perdananya sebagai tactician Persib, Robert Alberts mampu bawa timnya menang atas Borneo FC pada leg kedua babak 8 besar Piala Indonesia 2018/2019, Sabtu (4/5) sore tadi. Menjamu Pesut Etam, Maung Bandung menang tipis, 3-2.

Namun sayang, kemenangan ini tak membuat Supardi Nasir dan kolega lolos ke babak semifinal. Dua gol yang dicetak Borneo di kandang Persib membuat Lerby Eliandry dan kolega berhak lolos ke babak empat besar karena keunggulan gol tandang.

Mencoba mengejar defisit gol, Persib sendiri turun dengan skema ofensif. Dua pelari cepat, Febri Hariyadi dan Ghozali Siregar dimainkan untuk menopang Ezechiel N'Douassel. Sementara di kubu tim tamu, Mario Gomez memainkan Matias Conti dan Terens Puhiri untuk mendobrak lini pertahanan Maung Bandung.

Mengawali laga dengan baik, Persib mampu unggul cepat. Berawal dari akselerasi Ezechiel, penyerang asal Chad itu melepaskan umpan silang yang ditanduk Ghozali dengan baik. Sundulan eks pemain PSM Makassar itu bawa Persib unggul 1-0.

Mencoba bangkit, Borneo nyatanya kesulitan menembus ketatnya lini belakang Bojan Malisic dan kolega. Menyadari hal ini, Gomez merespons dengan mengganti Conti, lalu memasukkan penyerang jangkung, Lerby Eliandry. Walau begitu, skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Borneo FC bangkit. Terus menekan sejak awal babak kedua, Asri Akbar dan kolega akhirnya menuai hasil. Umpan silang Abdul Rahman jatuh di depan gawang Deden Natshir sebelum disambar sepakan voli bek asing Borneo, Javlon Guseynov. Skor berubah menjadi 1-1 pada menit ke-69.

Namun, Persib menolak tunduk. Pada menit ke-84, melalui sebuah keputusan kontroversial, wasit memberi hadiah penalti untuk Persib setelah Renan Silva, gelandang Borneo, dianggap melakukan handball. Ezechiel yang menjadi eksekutor sukses membuat Persib berbalik unggul 2-1.

Petaka lalu datang bagi Persib di pengujung laga. Lerby, sang supersub, mencetak gol pada menit ke-90+1 setelah sepakan bebasnya melengkung mulus dan masuk ke gawang Persib. Skor kemudian menjadi 2-2. Di detik akhir laga, berawal dari kemelut di depan gawang Nadeo Argawinata, Supardi sukses menyambar bola liar dan cetak gol ketiga Persib.

Namun, skor akhir 3-2 tak cukup bawa Persib ke semifinal. Mereka harus kalah karena aturan gol tandang di mana Borneo mampu cetak dua gol di Si Jalak Harupat.

Baca Juga: Robert Rene Albert Targetkan Persib untuk Juara

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya