Comscore Tracker

Di Negara Mana Frenkie de Jong akan Berlabuh?

PSG, Manchester City, atau Barcelona yang akan dapatkannya?

Jakarta, IDN Times - Nama wonderkid Belanda, Frenkie de Jong, sudah menjadi buah bibir sejak musim panas 2018 kemarin. Namanya melambung berkat performa konsisten bersama Ajax Amsterdam dan timnas Belanda. Di Ajax, ia sudah menyegel satu tempat inti di skuat bersama sesama wonderkid Belanda lainnya, Matthijs de Ligt.

Kini, seiring performanya yang konsisten dan kemampuan tekniknya yang disebut-sebut salah satu yang terbaik dewasa ini, pemain berusia 21 tahun ini gencar dirumorkan oleh berbagai klub papan atas Eropa. Tercatat, tiga klub teras nan kaya Eropa tengah memantau situasi de Jong di Ajax.

Lalu, klub dari negara mana yang berpeluang jadi destinasi karier gelandang muda genius ini?

1. Paris Saint-Germain (Prancis)

Di Negara Mana Frenkie de Jong akan Berlabuh?Twitter/@SuperbiaProelia

Dilaporkan oleh media lokal Paris, Paris United, klub penguasa Ligue 1 ini sudah capai kesepakatan personal dengan Frenkie de Jong untuk bergabung pada Januari 2019 ini. Dilansir dari Paris United, Paris Saint-Germain (PSG) akan memberikan kontrak 5 musim untuk de Jong dengan gaji senilai 8 juta euro per musim. Gaji ini akan meningkat seiring capaian de Jong di PSG semisal raihan trofi, jumlah laga yang dimainkan, dan gelar individu yang diraih.

Bisa dibilang, bila laporan Paris United ini valid, PSG menjadi pemimpin dalam perlombaan merekrut salah satu gelandang muda terbaik dunia saat ini. Harga yang dipatok Ajax sendiri adalah 75 juta euro yang mana angka itu akan sangat mudah dipenuhi oleh PSG, namun sejauh ini kedua tim belum menemukan kata sepakat terkait saga transfer ini.

Baca Juga: Jadi Incaran Man City dan Barcelona, De Jong Ingin Fokus Bersama Ajax

2. Manchester City (Inggris)

Di Negara Mana Frenkie de Jong akan Berlabuh?Twitter/@TransferChanger

Ronald Koeman, pelatih de Jong di timnas Belanda, berujar pada Desember 2018 lalu bahwa manajer City, Pep Guardiola, sering bertanya kepadanya terkait Frenkie de Jong. Ini menguatkan spekulasi bahwa Pep juga menginginkan gelandang yang juga disebut-sebut sebagai versi upgrade dari Sergio Busquets ini karena lebih mobile dan lebih bertipe box to box.

Namun, baru-baru ini, Pep tampak pesismistis bisa mendapatkan de Jong, walau City punya dana untuk menebusnya dari Ajax. "Ketika Anda menginginkan satu pemain dan tidak ada pesaing, maka itu muda. Tapi jika kami harus bersaing, misal, dengan Barcelona, semua akan sulit dan rumit. Anda harus bergerak cepat dan efisien. Tapi, saat ini dia (de Jong) adalah pemain Ajax dan saya menghormati hal itu," ujar manajer asal Spanyol itu dikutip dari Goal.

3. Barcelona (Spanyol)

Di Negara Mana Frenkie de Jong akan Berlabuh?Twitter/@Rebentapexines

Klub impian yang disebut-sebut akan sangat cocok untuk menjadi destinasi Frenkie de Jong selanjutnya. Aura Johan Cruyff yang mengakar kuat di kultur Barcelona akan membuat de Jong mudah beradaptasi di sini. Terlebih lagi, tanpa malu-malu, de Jong menyebutkan bahwa pemain favoritnya adalah megabintang Blaugrana, Lionel Messi.

Namun, masalah ada di jajaran manajemen Barcelona. Direktur Sepakbola Barcelona, Eric Abidal, kabarnya disebut-sebut punya masalah pribadi dengan agen de Jong, Ali Dursun. Selain de Jong, Dursun sendiri memiliki klien yang punya daya tarik di bursa transfer seperti gelandang RB Leipzig, Emil Forsberg, dan bek muda Manchester United, Victor Lindelof.

Baca Juga: Mengenal Jean-Clair Todibo, Pemuda Prancis Rekrutan Baru Barcelona

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya