Comscore Tracker

Diogo Jota, Calon Pembeda di Derby Merseyside

Jota kembali ke Liverpool usai bersinar di Timnas Portugal

Jakarta, IDN Times - Laga bergengsi bertajuk Merseyside Derby akan membuka Liga Inggris pekan kelima pada Sabtu (17/10/2020) malam. Laga ini tak hanya sarat gengsi karena mempertemukan dua tim sekota di wilayah Merseyside, namun juga makin penuh makna karena melihat performa kedua klub di klasemen saat ini.

Everton, sang pemuncak klasemen sementara, akan menjamu Liverpool, sang juara bertahan, dengan kepercayaan diri tinggi. Mereka jadi satu-satunya tim di Premier League yang sudah bermain 4 kali dan menyapu bersih kemenangan alias catatan 100 persen. Tak hanya itu, mereka kini juga jagoan baru dalam diri James Rodriguez dan striker andalan Dominic Calvert-Lewin yang kini memimpin daftar top skor.

Tapi, The Reds bukan datang tanpa modal. Diam-diam, dengan situasi tak menguntungkan usai dibantai Aston Villa dengan skor 7-2 dua pekan lalu, Liverpool datang dengan senjata rahasia baru dalam diri Diogo Jota.

1. Diogo Jota kembali ke Liverpool dengan kepercayaan diri tinggi

Diogo Jota, Calon Pembeda di Derby MerseysideDiogo Jota merayakan golnya bersama Timnas Portugal. Twitter/@diogojota18

Semua bermula dari absennya sang kapten serta megabintang Portugal, Cristiano Ronaldo. Terkonfirmasi positif virus corona sebelum laga lawan Ukraina, Ronaldo harus mengisolasi diri selama 10 hari dan absen di laga lawan Dejan Kulusevski dan kolega. Beruntungnya, ini jadi berkah bagi Diogo Jota.

Setelah hanya jadi cameo di dua laga sebelumnya yakni lawan Spanyol dan Prancis, Diogo Jota diberi kepercayaan turun sejak menit pertama oleh Fernando Santos pada laga lawan Ukraina. Hasilnya pun tak sepele; 2 gol dan 1 asis diukir sang rekrutan baru Liverpool dan menjadikannya man of the match meski ia ditarik keluar di menit ke-88.

Berkat sumbangan 2 gol dan 1 asisnya itu pula, eks pemain Wolves ini kini punya 3 gol dari 4 laga yang dijalaninya di UEFA Nations League.

Baca Juga: Resmi! Liverpool Gaet Diogo Jota, Tottenham Pulangkan Gareth Bale

2. Diogo Jota sudah debut dan cetak gol untuk Liverpool di Liga Inggris

Diogo Jota, Calon Pembeda di Derby MerseysideDiogo Jota mencetak gol ke gawang Arsenal di laga debutnya bersama Liverpool. Twitter/@LFC

Diogo Jota sendiri sudah punya 2 penampilan bersama Liverpool di awal musim ini. Bahkan, ia langsung nyetel dan mencetak gol di laga debutnya bersama The Reds saat menjamu Arsenal pada pekan ketiga Liga Inggris 2020/2021. Turun sebagai pemain pengganti di babak kedua, Jota mencetak satu gol untuk mengunci skor 3-1 bagi kemenangan anak asuh Juergen Klopp.

3. Datang dengan harga mahal, Diogo Jota jadi senjata rahasia Liverpool

Diogo Jota, Calon Pembeda di Derby MerseysideDiogo Jota mendapat pelukan dari Juergen Klopp usai laga Liverpool vs Arsenal. Twitter/@LFC

Ditebus The Reds dengan harga cukup mahal, yakni total £45 juta berikut bonus, Diogo Jota memang disiapkan untuk jadi deputi sempurna bagi lini serang The Reds. Meski trio Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino masih akan jadi tumpuan, tapi Jota-lah yang senjata rahasia yang berbahaya bagi lawan Liverpool.

Punya lari cepat dan stamina mumpuni, skill ciamik, serta daya jelajah yang tinggi, fleksibilitas Diogo Jota juga membuatnya bisa dimainkan sebagai winger atau striker seperti yang pernah dilakoninya kala berduet dengan Raul Jimenez di Wolves.

Tak hanya itu, Jota juga mampu mengukir asis dan gol dengan sama baiknya, menjadi bukti bahwa ia dibekali end product paripurna, di balik kemampuan teknisnya yang mumpuni. Dengan kondisi Sadio Mane yang baru pulih dari COVID-19 serta Firmino yang masih belum menggigit di pekan awal Premier League, Everton wajib menaruh perhatian kepada pemain berusia 23 tahun ini.

Baca Juga: Habis Thiago, Terbitlah Diogo Jota

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya