Diwarnai Drama Kepa Arrizabalaga, Manchester City Juarai Piala Carabao

Di laga ini, kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga, membuat drama

Jakarta, IDN Times - Babak final Piala Carabao yang dilangsungkan pada Minggu (24/2) malam, berakhir secara menegangkan di ujung laga. Sang juara bertahan, Manchester City, dipaksa bertarung hingga babak adu penalti untuk mengandaskan perlawanan penantangnya, Chelsea.

Laga ini sendiri sebenarnya berjalan cukup baik bagi Chelsea. Di pertemuan sebelumnya melawan City, mereka dihancurkan dengan skor telak 6-0. Namun di laga ini, barisan pertahanan Chelsea memang tampil cukup solid, utamanya untuk menahan agresivitas permainan tim lawan.

Dominasi Manchester City juga terlihat tidak hanya dari penguasaan bola, tapi juga tentang bagaimana mereka memaksa Chelsea bekerja keras untuk sekadar melepaskan tembakan ke gawang Ederson Moraes. Dari total tujuh tendangan yang dilepaskan Eden Hazard dan kolega, tidak ada satu pun yang mengarah ke gawang.

Namun, di sisi lain, penguasaan bola sebesar 62 persen juga tak menjamin City leluasa melepaskan tembakan. Sepanjang laga, bahkan hingga babak perpanjangan waktu, mereka hanya mampu lepaskan tiga tembakan tepat ke gawang Kepa Arrizabalaga, walau secara total mereka mampu lepaskan 13 tembakan.

Namun, jelang adu penalti, tepatnya di pengujung babak tambahan kedua, drama terjadi dan melibatkan sang kiper termahal dunia, Kepa Arrizabalaga. Drama bermula ketika Maurizio Sarri, manajer Chelsea, mempersiapkan pergantian pemain menjelang babak adu penalti. Kala itu, eks kiper Manchester City, Willy Caballero, bersiap untuk dimasukkan menggantikan Kepa.

Namun, Kepa, yang masih terlihat fit, menolak untuk digantikan. Walau mendapat desakan dari Sarri dan Gianfranco Zola, asisten Sarri, eks kiper Athletic Bilbao ini tak bergeming. Beberapa kali, David Luiz, menghampirinya dan mencoba berbicara beberapa kata, namun kiper yang ditebus seharga 71,5 juta paun ini tetap tak menuju pinggir lapangan.

Setelah insiden ini, Sarri sempat berbincang dengan Jon Moss, wasit di laga ini, serta terlihat kesal dengan sikap Kepa dan sempat akan melakukan walk out dari bangku cadangan, namun tindakan itu ia urungkan.

Babak adu penalti sendiri akhirnya dimenangkan oleh Manchester City setelah tendangan Raheem Sterling tak mampu dibendung oleh Kepa. Dua penendang Chelsea, Jorginho dan David Luiz, gagal menunaikan tugasnya. Tembakan Jorginho sukses ditepis Ederson, sementara sepakan Luiz membentur tiang gawang. Dari kubu City, hanya sepakan Leroy Sane yang bisa ditepis oleh Kepa.

Diwarnai Drama Kepa Arrizabalaga, Manchester City Juarai Piala CarabaoTwitter/@FOXSoccer

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya