Drama Empat Gol di Kanjuruhan, Persib Sukses Singkirkan Arema FC

Gol di pengujung babak kedua selamatkan Persib Bandung

Jakarta, IDN Times - Laga leg kedua babak 16 besar Piala Indonesia antara tuan rumah Arema FC dan Persib Bandung berlangsung seru dan dramatis. Persib yang kecolongan satu gol tandang dari Arema, wajib menang atau minimal imbang dengan mencetak dua gol untuk bisa lolos. Sementara Arema hanya butuh skor 0-0.

Di laga ini sendiri, Miljan Radovic membuat kejutan dengan memainkan Frets Butuan dan Ghozali Siregar di lini serang namun membangkucadangkan penyerang asing, Ezechiel N'Douassel. Sementara Arema FC tampil dengan kekuatan penuh minus sang gelandang asing, Pavel Smolyachenko, disimpan di bangku cadangan usai sembuh dari virus.

Tanpa N'Douassel, gereget serangan Persib memang menurun. Dan itu dimanfaatkan oleh Arema dengan unggul lebih dahulu. Memanfaatkan kesalahan umpan Bojan Malisic, Konate Makan mencuri bola dan melepaskan sepakan jarak jauh yang membobol gawang Deden Natshir.

Tertinggal satu gol dan harus bermain menyerang, Radovic kemudian membuat pergantian pemain lebih awal. Frets digantikan oleh N'Douassel untuk menambah daya dobrak di lini depan. Hasilnya, Persib langsung menggebrak. Di menit ke-45, kemelut di depan gawang Arema menghasilkan penalti berkat handball pemain Arema. N'Douassel yang menjadi algojo sukses menuntaskan tugas dengan baik.

Di babak kedua, Arema masih pegang kendali permainan. Di menit ke-53, Arema ganti mendapat hadiah penalti. Penetrasi Rivaldi Bawuo dihentikan oleh Ardi Idrus dan berbuah hukuman penalti. Konate yang maju sebagai algojo, kali ini tak bernasib seperti N'Douassel. Sepakan kerasnya membentur mistar gawang dan gagal menambah skor bagi Arema.

Namun, Singo Edan tak menyerah. Lewat sebuah skema bola mati, Arema kembali unggul di menit ke-73. Natshir yang gagal menangkap bola, membuat bola berhasil dimanfaatkan oleh Robert Lima, penyerang asing Arema, untuk membobol gawang Persib.

Respons coba diberikan oleh Persib, salah satunya dengan menambah kekuatan di sektor gelandang serang. Dua menit setelah gol Lima, Kim Jeffrey Kurniawan ditarik keluar untuk digantikan oleh Erwin Ramdani. Keputusan ini berbuah manis karena Erwin berjasa untuk bawa Persib menyamakan skor.

Umpan silangnya untuk N'Douassel gagal diamankan Utam Rusdiana, lalu bola liar dimanfaatkan oleh Ghozali untuk melesakkan bola ke gawang Arema yang kosong. Skor kembali imbang 2-2 pada pengujung babak kedua.

Dengan skor akhir 2-2 ini sendiri, Persib berhak maju ke babak 8 besar berkat keunggulan agresivitas gol tandang. 

Baca Juga: Ditahan Imbang Arema FC, Bagaimana Strategi Persib Seharusnya?

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya