Dua Debutan Dipanggil, Lini Tengah Inggris Dipenuhi Pemain Muda

Dua gelandang muda mungkin akan debut di timnas senior

Jakarta, IDN Times - Gareth Southgate semakin mengukuhkan diri sebagai manajer timnas Inggris yang berani beri kesempatan kepada para pemain muda negerinya. Setelah sukses di Piala Dunia 2018, skuat Tiga Singa memang semakin percaya kepada para talenta muda negeri mereka.

Setelah sebelumnya sudah memanggil para pemain muda seperti Dele Alli, James Maddison, hingga Jadon Sancho, kini Southgate memanggil dua nama baru lagi ke dalam skuatnya jelang menghadapi kualifikasi Piala Eropa 2020 yang akan dimulai tengah pekan ini.

1. Declan Rice dan Callum Hudson-Odoi dipanggil ke timnas Inggris

Dua Debutan Dipanggil, Lini Tengah Inggris Dipenuhi Pemain Mudatwitter.com/Calteck10

Setelah membuat keputusan berani dengan memanggil Declan Rice, pemain asal Republik Irlandia yang memilih menerima pinangan timnas Inggris, Southgate kini membuat keputusan berani lagi dengan memanggil talenta muda milik Chelsea, Callum Hudson-Odoi. Walau belum pernah mencicipi nikmatnya menjadi starter Chelsea di Premier League, Hudson-Odoi sudah sering dimainkan di piala domestik dan Liga Europa.

Bila Rice dipanggil sejak pemanggilan pertama, Hudson-Odoi dan gelandang Southampton, James Ward-Prowse, dipanggil pada pemanggilan kedua setelah John Stones, Fabian Delph, dan Ruben Loftus-Cheek dicoret karena cedera.

2. Ward-Prowse bisa beri warna baru di skuat Inggris

Dua Debutan Dipanggil, Lini Tengah Inggris Dipenuhi Pemain MudaTwitter/@WhoScored

Pemanggilan James Ward-Prowse juga sebenarnya merupakan kejutan. Walau sudah mencicipi debut di tim senior Inggris pada Maret 2017 lalu, pemain alumnus akademi Southampton ini tak kunjung dilirik lagi oleh timnas sejak dua tahun lalu. Namun kini, namanya kembali mencuat ke permukaan.

Sejak Januari 2019, hanya Sadio Mane (9 gol) dan Sergio Aguero (8gol) yang mencetak lebih banyak gol di Premier League dibanding pemain yang akrab disapa Prowsey (6 gol) ini. Selain itu, ia baru saja mewarnai Premier Leaue dengan dua gol tendangan bebas cantik dalam dua pekan beruntun saat Soton berhadapan dengan Manchester United dan Tottenham Hotspur.

Kemampuan Prowsey yang sangat bagus dalam mengeksekusi bola mati bisa jadi senjata tersendiri bagi timnas Inggris yang pada Piala Dunia 2018 lalu sukses memanfaatkan bola mati sebagai cara mereka melenggang hingga fase semifinal.

3. Darah muda di lini tengah The Three Lions

Dua Debutan Dipanggil, Lini Tengah Inggris Dipenuhi Pemain MudaYahoo Sport UK

Selain Declan Rice (20 tahun) dan Callum Hudson-Odoi (18 tahun), kini lini tengah Inggris semakin disesaki para youngsters berbakat setelah sebelumnya juga dihuni nama-nama seperti Dele Alli (22 tahun) dan Jadon Sancho (18 tahun). Bahkan, nama-nama seperti Ross Barkley (25 tahun) dan Eric Dier (25 tahun) yang sudah sering dipanggil tim senior, juga masih dihitung pemain muda, bersama James Ward-Prowse (24 tahun).

Baca Juga: Dimulai Pekan Ini, Berikut Jadwal Lengkap Kualifikasi Piala Eropa 2020

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya