Comscore Tracker

Dunia Menyambut Luka Romero, Bocah yang Dipanggil The New Messi

Debut usia 15 tahun, Luka Romero pecah rekor di ultah Messi!

Jakarta, IDN Times - Berkaki kidal, bertubuh mungil, dengan rambut panjang sebahu dan bermain memakai seragam biru-putih khas Timnas Argentina, publik tentu tahu si bocah mirip dengan salah satu talenta terbaik yang pernah muncul di dunia ini, Lionel Messi.

Namun tunggu dulu, sebab kali ini ia bukan Messi. Namun tepat di hari ulang tahun ke-33 Lionel Messi pada 24 Juni, Real Mallorca memberikan debut profesional pertama bagi sang bintang muda berusia 15 tahun, Luka Romero. Dan panggung diberikan Mallorca pada laga melawan Real Madrid, Kamis dini hari tadi.

Siapa si Luka Romero yang bahkan oleh Dani Alves, disebut sebagai "The New Messi" ini?

1. Luka Romero sudah mencuri atensi sejak 10 hari lalu

Dunia Menyambut Luka Romero, Bocah yang Dipanggil The New MessiLuka Romero jalani debut di LaLiga, Kamis (25/6) dini hari tadi. Twitter/@LaLigaEN

Ketika LaLiga mengumumkan bahwa liga akan mulai lagi pada pertengahan Juni, Real Mallorca langsung bergerak cepat. Mereka memberikan kesempatan latihan bersama tim senior pada bocah yang bahkan belum genap berumur 16 tahun, Luka Romero.

Romero ada di bangku cadangan saat timnya bertandang ke markas Villarrreal pada 17 Juni lalu. 3 hari berselang, Romero masih belum mendapat menit bermain kala timnya menjamu Leganes pada 20 Juni lalu.

Dan akhirnya, Dewi Fortuna memberikan nasib baik pada Romero.

Tepat di usia 15 tahun dan 219 hari, bocah kidal ini membuat debut di laga lawan Real Madrid pada 24 Juni 2020, tepat di hari ulang tahun ke-33 sang megabintang, Lionel Messi. Romero masuk ke lapangan pada menit ke-83 menggantikan Iddrisu Baba di laga yang berakhir 2-0 untuk kemenangan El Real, dini hari tadi.

Dengan hal ini, ia memecahkan rekor yang bertahan 80 tahun di LaLiga sebagai debutan termuda yang kala itu diukir bek Celta Vigo, Sanson.

"Kami sudah mengamati Romero sejak ia berusia 12 tahun. Kami sejatinya tak ingin mempromosikannya terlalu awal karena kami harus berhati-hati. Tapi hari ini, kita bisa lihat sendiri bahwa kaki dan badannya menunjukkan bahwa ia siap bermain di level senior," ujar asisten pelatih Mallorca, Dani Pendin, dikutip dari Goal.

Baca Juga: Ronald Koeman Ingin Barcelona Segera Lupakan Lionel Messi

2. Jalan panjang Luka Romero menuju LaLiga

Dunia Menyambut Luka Romero, Bocah yang Dipanggil The New MessiBintang muda Real Mallorca, Luka Romero, pecah rekor debutan termuda di usia 15 tahun pada laga lawan Real Madrid. Pressinphoto/Icon Sport

Lahir dari ayah seorang pemain sepak bola, Luka lahir di Meksiko, tepatnya di Kota Durango, ketika sang ayah bermain untuk Alacranes. Luka kecil pindah ke Spanyol pada usia 2 tahun ketika Diego, sang ayah, memulai akademi sepak bola di San Jordi, di Pulau Ibiza.

5 tahun berselang, Luka Romero yang baru berusia 7 tahun, mulai mencuri perhatian. Dia ikut uji coba bersama Barcelona dan sanggup memukau para pemandu bakat La Masia. Sayang, keinginan Barcelona merekrut Romero kandas karena keluarga si bocah enggan pindah ke Catalan.

Takdir kemudian yang membawa Luka Romero ditemukan oleh Real Mallorca. Ia dikontrak pada 2015 ketika usianya kala itu masih 10 tahun. 2 tahun kemudian, berdasarkan cerita yang dikutip dari Goal, Luka yang baru berusia 12 tahun bertemu eks bintang Barcelona, Dani Alves, di Ibiza. Di sana, Alves bahkan menyebut Luka Romero sebagai "the new Messi".

3. Luka Romero bisa membela Timnas Meksiko, Spanyol, dan Argentina

Dunia Menyambut Luka Romero, Bocah yang Dipanggil The New MessiInstagram.com/leomessi

Dilabeli sebagai "Mexican Messi" karena ia lahir di Meksiko, Romero sudah menyatakan dengan bulat bahwa tekadnya adalah bermain untuk Timnas Argentina.

"Seluruh keluarga saya adalah orang Argentina, jadi mimpi utama saya adalah berseragam Albiceleste (julukan Timnas Argentina)," ujar Romero dikutip dari AFA, federasi sepak bola Argentina pada 2018 lalu.

Luka Romero memang punya latar belakang karier yang unik. Lahir di Durango, Meksiko, si bocah memang punya kesempatan membela El Tri, julukan Timnas Meksiko. Ditambah lagi, Romero kecil sudah tinggal di Spanyol sejak usia 2 tahun, yang membuatnya juga bisa membela Timnas Spanyol. Namun, sang bintang muda nampaknya ingin ikuti jejak Messi untuk membela Argentina.

4. Sang ayah enggan anaknya disebut titisan Messi, sementara pelatih menyebutnya mirip David Silva

Dunia Menyambut Luka Romero, Bocah yang Dipanggil The New Messibleacherreport.com

Disebut-sebut sebagai "the new Messi" agaknya menjadi keengganan tersendiri bagi keluarga Luka Romero. Sang ayah, Diego, mengaku enggan menerima julukan sebagai titisan Messi untuk sang putra.

"Saya tidak menyukai perbandingan antara Luka dan Messi. Itu memberi beban yang besar untuk bocah yang baru berumur 15 tahun. Dia adalah Luka, dan ya, ia memiliki talenta seperti Messi, pemain yang bisa ia gunakan untuk belajar dan berkembang," ujar Diego dikutip dari Efe.

Opini berbeda justru diberikan sang pelatih, Dani Pendin.

"Ia kidal, cepat, dang sangat kompetitif. Ia sekilas seperti prototipe dari Lionel Messi, namun bagi saya pribadi, ia lebih mirip dengan David Silva," ujar Pendin, dikutip dari Goal.

Baca Juga: Inilah 5 Rekor La Liga yang Saat Ini Dipegang oleh Lionel Messi

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya