Comscore Tracker

Duo Nguyen Bisa Jadi Mimpi Buruk Timnas Indonesia

Vietnam bisa jadi mimpi buruk yang nyata bagi Indonesia

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia akan menjamu Vietnam pada laga keempat mereka di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Selasa (15/10) malam nanti. Jelang laga ini sendiri, Indonesia wajib menang demi memperpanjang asa lolos ke babak selanjutnya.

Namun, hal itu dipastikan tak akan mudah dilakukan. Vietnam, sang tamu, tak hanya datang dengan catatan belum kalah dan kebobolan saja, namun juga datang dengan dua bintang terbaik mereka saat ini, Nguyen Cong Phuong dan Nguyen Quang Hai.

Duo Nguyen ini sendiri merupakan dua pemain andalan skuat Park Hang-seo saat ini.

1. Nguyen Quang Hai

Duo Nguyen Bisa Jadi Mimpi Buruk Timnas IndonesiaTwitter/@aqi_tony

Nguyen Quang Hai bisa dibilang adalah salah satu pemain terbaik Vietnam saat ini. Baru berusia 22 tahun, Quang Hai sudah membius publik sepakbola Asia berkat penampilan memikatnya bersama skuat Vietnam.

Pertama, ia bersinar sangat terang di Piala AFC U-23 tahun 2018 lalu. Secara luar biasa, ia memimpin negaranya lolos ke final, mencetak 5 gol sepanjang turnamen, dan hampir juara sebelum ditekuk oleh Uzbekistan di laga puncak. Di tahun yang sama, Quang Hai dipilih sebagai 1 dari 15 pesepakbola terbaik Asia 2018 di usia baru 21 tahun.

Di Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini, satu gol sudah dicetaknya ke gawang Malaysia yang berbuah tiga angka perdana bagi Vietnam.

Baca Juga: Timnas Indonesia akan Diperkuat Otavio Dutra saat Lawan Vietnam

2. Nguyen Cong Phuong

Duo Nguyen Bisa Jadi Mimpi Buruk Timnas IndonesiaTwitter/@theafcdotcom

Dua tahun lebih tua dari Quang Hai, Nguyen Cong Phuong di masa mudanya disebut-sebut punya kualitas yang tak kalah dengan bintang Thailand yang kini bermain di J League 1, Chanathip Songkrasin.

Kini, Cong Phuong sendiri berlaga di Eropa bersama klub Belgia, Sint-Truiden. Tak ada lagi Le Cong Vinh dan tak dipanggilnya Nguyen Van Quyet, membuat Cong Phuong kini diandalkan Park Hang-seo sebagai sumber kreativitas lini serang Vietnam.

3. Tapi, Vietnam tak punya penyerang murni

Duo Nguyen Bisa Jadi Mimpi Buruk Timnas Indonesiathe-afc.com

Walau duo Nguyen di atas tampak menakutkan, sejatinya Vietnam punya kelemahan nyata: mereka tak punya penyerang sejati yang tajam.

Selepas pensiunnya Le Cong Vinh, hampir tak ada penyerang murni yang menerukan tongkat estafet Cong Vinh sebagai salah satu penyerang terbaik Asia Tenggara. Di skuat saat ini saja, top skornya adalah penyerang gaek, Nguyen Anh Duc, yang sejauh ini sudah cetak 12 gol untuk negaranya dan berusia 33 tahun.

Dua penyerang lainnya adalah penyerang muda berusia 21 tahun, Nguyen Tien Linh, dan penyerang berusia 23 tahun, Nguyen Van Toan, yang juga merupakan kapten ketiga Timnas Vietnam.

Tapi, di antara ketiganya, tak ada penyerang murni khas nomor 9 yang benar-benar bisa jadi andalan di sektor juru gedor. Bisakah ini jadi keuntungan bagi Yanto Basna dan kolega di lini belakang?

Baca Juga: Vietnam Punya Rekor Inferior, tapi Bukan Lawan Mudah bagi Indonesia

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You