Comscore Tracker

Efisiensi AC Milan Jadi Kunci Taklukkan Superioritas Napoli

Sepanjang laga, Milan hanya melepaskan 6 tembakan

Jakarta, IDN Times - Walau tak banyak diunggulkan, namun, seperti yang kami telisik di laporan pratinjau laga AC Milan vs Napoli kemarin, Milan memang punya modal untuk kalahkan Napoli yang lebih superior secara sistem permainan. Dan di laga perempat final Coppa Italia pada Rabu (30/1) dini hari tadi, skuat asuhan Gennaro Gattuso membuktikan hal itu.

Apa saja, sih, yang membuat Milan bisa menang dini hari tadi? Berikut IDN Times Sport coba menganalisisnya untuk Anda.

1. Sosok Krzysztof Piatek yang jadi pembeda

Efisiensi AC Milan Jadi Kunci Taklukkan Superioritas NapoliTwitter/@acmilan

Sudah kami tinjau kemarin, kehadiran Krzysztof Piatek memang tak bisa dikesampingkan. Catatannya bersama Genoa memang menawan dan spesialnya, ia adalah tipikal penyerang yang tak butuh banyak peluang untuk mencetak gol. Hal itu terbukti semalam ketika ia hanya butuh melepaskan tiga tendangan, di mana dua di antaranya tepat mengarah ke gawang dan berbuah dua gol. Ya, Piatek memang kunci efisiensi AC Milan.

Baca Juga: Ditinggal Higuain, AC Milan Resmikan Kedatangan Krzysztof Piatek

2. Milan bermain disiplin dan efisien

Efisiensi AC Milan Jadi Kunci Taklukkan Superioritas NapoliTwitter/@acmilan

Sudah diduga sebelumnya, Napoli akan menguasai laga dan mendominasi penguasaan bola. Namun, yang patut diwaspadai memang serangan balik Milan dan bagaimana tuan rumah bisa mengancam lewat pola serangan direct. Gol pertama Piatek menjadi bukti.

Tampil tak cukup mengancam, Milan kemudian langsung mencetak gol. Umpan panjang Diego Laxalt menemui Piatek yang lepas dari kawalan bek-bek Napoli. Dengan sedikit berlari masuk ke kotak penalti, penyerang asal Polandia itu melakukan finishing yang tenang untuk bawa Milan unggul.

Efisiensi ini juga nampak di proses gol kedua. Umpan Lucas Paqueta menemui Piatek di sepertiga akhir. Namun, ia hanya sendirian di kotak penalti Napoli. Tapi dengan kualitasnya, ia berkelit, mencari ruang tembak, lalu melepaskan tendangan keras yang bawa Milan menjauh dengan keunggulan dua gol di babak pertama.

Efisiensi ini terejawantahkan dengan catatan enam tendangan Milan di mana hanya tiga yang mengarah ke gawang. Namun, dua dari tiga tendangan itu mampu merobek jala gawang Alex Meret. Sementara Napoli mendominasi laga dengan melepas 22 tembakan di mana hanya enam yang mengarah ke gawang dan semuanya bisa diantisipasi oleh Gianluigi Donnarumma.

3. Dominasi Napoli sia-sia

Efisiensi AC Milan Jadi Kunci Taklukkan Superioritas NapoliTwitter/@kkoulibaly26

Di semua catatan statistik dari laga Coppa Italia semalam, Napoli memang superior. Sebagai contoh, dari sisi penguasaan bola, mereka mendominasi dengan 64 persen. Akurasi umpan sukses mereka juga ada di angka 86 persen. Selain itu, statistik lain juga mereka dominasi seperti jumlah tembakan (22), tembakan tepat ke gawang (6), hingga jumlah umpan (630), berbanding jauh dengan Milan yang bermain direct dengan catatan 368 umpan saja.

Tapi, seperti terlihat di skor akhir, dominasi Napoli sia-sia karena Milan-lah yang menjadi pemenang sebab bermain lebih efisien.

Baca Juga: 3 Hal yang Bisa Membuat AC Milan Kalahkan Napoli di Coppa Italia

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You