Comscore Tracker

Masih Tak Terkalahkan, Everton Kembali ke Puncak Liga Inggris!

Banjir 6 gol di laga ini yang diwarnai hujan deras

Jakarta, IDN Times - Everton menjamu Brighton & Hove Albion di laga Liga Inggris pekan keempat, Sabtu (3/10/2020) malam ini. Bertujuan memperpanjang rekor tak terkalahkannya, The Toffees turunkan skuat terbaik untuk menjamu pasukan Graham Potter.

Turun dengan kekuatan terbaiknya, Carlo Ancelotti hanya sedikit melakukan perubahan dengan memainkan Gylfi Sigurdsson dan Tom Davies menggantikan Allan dan Andre Gomes di starting eleven. Sementara Brighton turun dengan skuat yang sama seperti ketika pekan lalu mereka ditundukkan Manchester United secara dramatis.

Tampil agresif demi mengamankan posisi puncak, Everton membuka skor lebih dulu. Berawal dari skema sepak pojok, Sigurdsson yang menerima umpan pendek James Rodriguez lalu mengirimkan umpan silang yang disundul Dominic Calvert-Lewin dan berujung gol di menit ke-16. Ini adalah gol keenam Calvert-Lewin dari 4 laga yang sudah dijalaninya.

Sayang, nestapa sempat hampiri The Toffees di menit ke-25. Winger andalan mereka, Richarlison, harus digantikan usai alami cedera pergelangan kaki karena tekel keras Tariq Lamptey dan digantikan oleh Alex Iwobi.

Usai gol ini, Brighton tersengat. Dimotori Neal Maupay dan Leandro Trossard, The Seagulls coba mengejar skor. Namun, upaya mereka baru membuahkan hasil jelang akhir babak pertama. Berawal dari umpan silang Lamptey, Trossard melepaskan sepakan pelan yang gagal diamankan Jordan Pickford, kiper Everton. Blunder minor Pickford lalu dimanfaatkan Maupay untuk samakan skor di menit ke-41.

Namun, kebahagiaan tim tamu tak bertahan lama. Everton kembali unggul di pengujung babak pertama lagi-lagi lewat sundulan. Berawal dari sepak bebas James, Yerry Mina sukses menyambut umpan kompatriotnya dan membawa Everton tutup babak pertama dengan unggul tipis, 2-1.

Di babak kedua, gempuran Everton tak mengendur sama sekali. Buktinya, di awal babak kedua mereka langsung menggempur dan mencetak gol ketiga. Berawal dari blunder lini belakang Brighton, kerja sama Calvert-Lewin dan Iwobi, sukses membuat James mencetak gol di menit ke-51.

Masuk menit ke-70, Everton kembali menambah angka. Berawal dari tusukan Iwobi, gelandang asal Nigeria itu sukses meneruskan umpan terobosan kepada Abdoulaye Doucoure yang berlari masuk kotak penalti. Dengan jeli, eks pemain Watford itu melepaskan umpan yang sukses dikonversi James menjadi gol keduanya malam ini.

Masuk 10 menit akhir laga, Brighton yang memasukkan Adam Lallana dan Pascal Gross coba mengejar angka, meski kondisi tertekan dan tertinggal jauh. Meski beberapa kali dapat peluang melalui Maupay dan Trossard, Yerry Mina dan kolega sukses mementahkan upaya Brighton menambah angka.

Brighton sendiri akhirnya memperkecil skor di menit 90+1. Melalui sepakan keras dari luar kotak penalti, Yves Bissouma sukses menaklukkan Pickford untuk ubah skor jadi 4-2. Skor ini sendiri bertahan hingga akhir laga dan Everton sukses menjaga rekor tak terkalahkan serta puncaki Liga Inggris lagi.

Baca Juga: Allan dan James akan Bikin Everton Berbahaya!

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya