Perburuan Gelar Top Skor Premier League, Siapa Jadi Pemenang?

Secara matematis, 7 pemain masih berpeluang menang gelar ini

Jakarta, IDN Times - Selain diramaikan oleh perburuan gelar juara dan perburuan empat besar hingga pekan terakhir, Premier League 2018/2019 juga masih diramaikan oleh perburuan gelar top skor. Secara matematis, bahkan ada 7 nama pemain yang masih berpeluang merebut gelar ini dengan kompetisi tersisa satu pekan lagi!

Lalu, bagaimana peta persaingannya jelang matchday terakhir pekan depan?

1. Jumlah gol di bursa top skor menurun jauh

Perburuan Gelar Top Skor Premier League, Siapa Jadi Pemenang?sbisoccer.com

Musim lalu, perburuan gelar top skor memanas hingga akhir. Dua jagoan utama kala itu, Mohamed Salah dan Harry Kane, memastikan hingga pekan terakhir siapa yang jadi peraih sepatu emas di Premier League. Salah, di musim debutnya kala itu bersama Liverpool, keluar sebagai pemenang dengan raihan 32 gol semusim, mengalahkan Kane yang koleksi 30 gol.

Musim ini, hingga pekan ke-37, jumlah gol pemimpin top skor, yakni Salah, 'hanya' berjumlah 22 gol saja. Jumlah ini menurun jauh dibanding musim lalu, namun bukan berarti kualitas tak baik karena di musim ini, banyak pemain yang bersaing ketat di puncak daftar top skor.

Baca Juga: [BREAKING] PFA Umumkan Team of The Year, Tidak Ada Mohamed Salah!

2. Masih ada 7 pemain berpeluang raih gelar ini

Perburuan Gelar Top Skor Premier League, Siapa Jadi Pemenang?The Guardian

Secara matematis, masih ada 7 pemain yang berpeluang meraih gelar ini, walau beberapa di antaranya perlu syarat cukup berat karena harus mencetak lusinan gol di pekan terakhir esok. Selain Mohamed Salah dengan koleksi 22 gol, masih ada Sergio Aguero, Sadio Mane, dan Pierre-Emerick Aubameyang yang sama-sama koleksi 20 gol.

Di bawah kepala dua, ada Jamie Vardy, Harry Kane, Raheem Sterling yang sama-sama koleksi 17 gol dan Eden Hazard yang menguntit dengan 16 gol. Tapi, nama Kane harus dicoret karena yang bersangkutan cedera hingga akhir musim sehingga praktis hanya tersisa 7 pemain saja yang masih bisa mengejar dan melewati jumlah gol Salah di pekan terakhir.

3. Mohamed Salah tengah cedera

Perburuan Gelar Top Skor Premier League, Siapa Jadi Pemenang?www.marca.com

Walau memimpin dua gol dibanding tiga pemain lainnya, Salah berpeluang disalip di pekan terakhir. Pada pekan ke-37 lalu, penyerang asal Mesir tersebut ditandu keluar karena benturan di kepala membuatnya terhuyung dan alami cedera yang cukup mengkhawatirkan.

Salah juga dipastikan absen pada laga leg kedua semifinal Liga Champions melawan Barcelona pada Rabu (8/5) dini hari nanti. Bila cedera kepalanya tak kunjung membaik, Salah juga berpotensi absen pada laga melawan Wolverhampton Wanderers pekan terakhir nanti.

Baca Juga: Tanpa Salah dan Firmino Lawan Barcelona, Bagaimana Nasib Liverpool?

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya