Comscore Tracker

Diwarnai Penalti Kontroversial, PSS Sleman Tertahan di Kandang

Semen Padang sempat unggul satu gol di babak pertama

Jakarta, IDN Times - PSS Sleman gagal mengulang capaian di final Liga 2 2018 kala mengalahkan Semen Padang. Berlaga di pekan kedua Shopee Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo pada Sabtu (25/5) malam tadi, Super Elang Jawa berhasil ditahan imbang oleh tamunya dari Padang tersebut dengan skor 1-1.

Di laga ini, PSS Sleman kembali bermain tanpa salah satu legiun asingnya, Gulilherme Batata, yang masih dibekap cedera. Namun, PSS diperkuat oleh Nerius Alom, yang baru saja direkrut dari PSIS Semarang. Bersama Dave Mustaine dan Brian Ferreira, Alom jadi kekuatan di lini tengah.

Di kubu tuan rumah, semua pemain terbaik diturunkan. Sang kapten, Irsyad Maulana, turun sejak menit pertama bersama Karl Marx Bartholomey dan Dedi Hartono. Sementara itu, Teja Paku Alam mengawal bawah mistar Kabau Sirah.

Saling jual-beli serangan sejak peluit pertandingan mulai ditiup, kedua tim masih gagal mencetak gol dalam 30 menit pertama. Namun di menit ke-31, Kabau Sirah menyengat Elang Jawa. Berawal dari penetrasi Dedi di sisi kanan, eks pemain Mitra Kukar tersebut mengirim umpan datar kepada Rosad Setiawan.

Merangsek ke depan kotak penalti, Rosad kemudian melepaskan sepakan kaki kiri dari jarak jauh yang memperdaya Ega Rizky, kiper PSS. Sepakan kencang Rosad membuka skor menjadi 0-1 untuk Semen Padang, sekaligus skor tersebut bertahan hingga turun minum.

Tampil menekan di babak kedua, Brian dan kolega kerap kesulitan menembus alotnya lini belakang Semen Padang. Sang kiper, Teja, memang tampil prima di laga ini. Sampai kemudian keputusan kontroversial terjadi di menit ke-71.

Penetrasi Kushedya Yudo ke kotak penalti Kabau Sirah kemudian berbuah hadiah sepakan 12 pas setelah Yudo terlihat dijatuhkan lawan. Walau sempat terjadi perdebatan apakah ia terpeleset atau sengaja diving, wasit tetap bersikukuh memberikan hadiah penalti bagi PSS. Brian Ferreira yang maju jadi algojo tak sia-siakan peluang menyamakan skor menjadi 1-1.

Sampai peluit akhir berbunyi, skor 1-1 bertahan. Bagi PSS, mereka sukses terhindar dari kekalahan, sementara bagi Semen Padang, mereka sukses raup poin perdana di Shopee Liga 1 2019.

Baca Juga: PSS Sleman vs Semen Padang: Ulangan Final Liga 2 2018

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You